Menlu Temui Dirjen WHO Pastikan Koordinasi Vaksin Covid-19
Logo BeritaSatu

Menlu Temui Dirjen WHO Pastikan Koordinasi Vaksin Covid-19

Jumat, 16 Oktober 2020 | 22:36 WIB
Oleh : Natasia Christy Wahyuni / ALD

Jenewa, Beritasatu.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, melakukan pertemuan dengan Dirjen Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus di kantor pusat WHO di Jenewa, Swiss. Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak sepakat untuk terus melakukan koordinasi dan komunikasi dalam persiapan sampai pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Menlu Retno yang didampingi Menteri BUMN Erick Thohir juga melakukan pertemuan dengan CEO Aliansi Vaksin GAVI COVAX Facilities, Seth Berkley. Gavi adalah co-lead (pemimpin bersama) dari COVAX, yaitu skema kerja sama vaksin secara multilateral yang juga didukung WHO, untuk penyediaan dan distribusi vaksin Covid-19 secara adil di dunia.

“Tujuan dari berbagai pertemuan antara lain terus menjalin konsultasi dan komunikasi secara intensif dengan berbagai organisasi tersebut dalam pengelolaan Covid-19,” kata Retno dalam penjelasan kepada pers yang dilakukan secara virtual dari kantor Perutusan Tetap RI di Jenewa, Swiss, Jumat (16/10/2020) malam WIB.

Retno mengatakan Indonesia juga menyampaikan dukungan terhadap multilateralisme, termasuk dalam kerja sama pengelolaan pandemi. Dalam pertemuan maraton tersebut, Retno menyampaikan bahwa Indonesia menyadari pengembangan vaksin adalah proses yang rumit. "Semua orang paham mengenai hal ini bahwa selalu ada risiko dan ketidakpastian dalam proses pengembangannya,” kata Retno.

Menurutnya, para ahli dunia akan terus berupaya mendapatkan vaksin secara tepat waktu, aman, dan efektif. “Adaptasi dan adjustment (penyesuaian) perlu terus dilakukan di tengah situasi yang sulit ini,” lanjut Retno.

Menlu juga menjelaskan upaya Indonesia sejauh ini untuk mengamankan komitmen penyediaan vaksin, baik lewat jalur kerja sama bilateral maupun multilateral, serta pengembangan vaksin secara mandiri yaitu Vaksin Merah Putih.

Terkait pertemuan dengan Gavi, Retno menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo telah menerima surat dari lembaga itu pada 18 September 2020. Surat tersebut intinya menyampaikan Indonesia layak menerima fasilitas Official Development Assistance (ODA) di dalam COVAX Advanced Market Commitment (COVAX AMC) untuk penyediaan vaksin Covid-19 dalam kerangka multilateral.

“Sebagai tindak lanjut surat GAVI, Indonesia telah menyampaikan secara resmi surat yang berisi Expression of Interest dari Indonesia untuk bergabung dalam COVAX Advanced Market Commitment (AMC),” kata Retno.

Dalam pertemuan dengan Dirjen WHO Tedros, Menlu mendorong solidaritas dalam penanganan pandemi. Keduanya juga membahas keketuaan Indonesia dalam Foreign Policy and Global Health (FPGH) yang mengangkat tema Affordable Health Care for All (perawatan kesehatan yang terjangkau untuk semua). “Dirjen WHO mengapresiasi kepemimpinan Indonesia dalam FPGH,” kata Retno.

Pertemuan Bilateral
Retno juga melakukan sejumlah pertemuan bilateral yaitu dengan pemerintah Swiss dan pertemuan dengan Utusan Khusus Sekjen PBB untuk urusan Myanmar, Duta Besar Christine Burgener di Kota Bern. Kepada pemerintah Swiss, Retno menyatakan apresiasi karena memasukkan Indonesia sebagai salah satu negara prioritas kerja sama pembangunan tahun 2021-2024.
“Indonesia mengusulkan kiranya isu kesehatan dapat dimasukkan sebagai salah satu bidang kerja sama,” kata Retno.

Terkait pertemuan dengan Dubes Burgener, Retno mengatakan, pembahasan terfokus kepada situasi pengungsi Rohingya. Diungkapkan, utusan khusus Sekjen PBB tersebut sangat menghargai peran Indonesia untuk membantu menyelesaikan isu pengungsi Rohingya.

“Utusan Khusus Sekjen PBB juga menghargai kesediaan Indonesia untuk sementara menerima pengungsi Rohingya berdasarkan alasan kemanusiaan,” kata Retno.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Wapres : Fatwa MUI Jadi Rujukan Umat Islam Saat Covid-19

Keberadaan Majelis Ulama Indonesia (MUI) selama masa pandemi Covid-19 sangat dibutuhkan umat Islam Indonesia.

KESEHATAN | 16 Oktober 2020

Kemkes Sudah Bayarkan Rp 7,1 Triliun untuk Klaim Covid-19

Kemkes telah membayarkan dana sebesar Rp 7,1 triliun kepada rumah sakit untuk klaim layanan Covid-19.

KESEHATAN | 16 Oktober 2020

Duta Intidaya Targetkan Penambahan Gerai Baru

Merayakan hari jadinya yang ke-14 tahun, Watsons Indonesia untuk pertama kalinya menyelenggarakan Health Wellness and Beauty (HWB) Awards 2020.

KESEHATAN | 16 Oktober 2020

Pentingnya Merawat Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Selama pandemi, banyak orang yang mengalami masalah kesehatan mental.

KESEHATAN | 16 Oktober 2020

Kopmas Minta BPOM Serius Sosialisasi Aturan Kental Manis

Mindset masyarakat tentang kental manis adalah susu telah mengakar selama bertahun-tahun.

KESEHATAN | 16 Oktober 2020

Update Covid-19: Tambah 4.301, Kasus Positif di Indonesia Jadi 353.461

Kasus baru Covid-19 di Indonesia bertambah 4.301 selama 24 jam terakhir sampai Jumat (16/10/2020) siang WIB. Total kasus Covid-19 di Indonesia menjadi 353.461.

KESEHATAN | 16 Oktober 2020

Badan POM Inspeksi ke Tiga Produsen Vaksin Covid-19

Bersama Tim Kementerian Kesehatan, LP POM MUI, dan PT Bio Farma.

KESEHATAN | 16 Oktober 2020

Ke Tiongkok, Badan POM Kawal Mutu Vaksin Covid-19

Badan POM mengawal keamanan dan mutu vaksin Covid-19 mulai dari uji klinik, proses produksi, hingga peredarannya.

KESEHATAN | 16 Oktober 2020

Satgas Covid-19: Jangan Sampai Muncul Klaster Baru di Musim Hujan

Prof Wiku Adisasmito mengingatkan agar tidak ada penambahan klaster baru di tengah potensi bencana.

KESEHATAN | 16 Oktober 2020

Banyak Dokter Gugur Akibat Covid-19, Epidemiolog: Protokol Kesehatan di RS Harus Dibenahi

Pasalnya, risiko tenaga kesehatan di RS baik RS Covid-19 maupun RS non-Covid-19 sangat tinggi, melebihi penyebaran Covid-19 di pasar maupun tempat lain.

KESEHATAN | 15 Oktober 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS