Logo BeritaSatu

Pahlawan Pandemi Berjuang dalam Sunyi

Selasa, 10 November 2020 | 19:06 WIB
Oleh : Dina Fitri Anisa / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Pahlawan sejatinya adalah mereka yang berjuang tanpa pamrih memperjuangkan kemanusiaan. Dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia, banyak pahlawan-pahlawan masa kini yang tengah berperang dalam sunyi. Nama mereka mungkin jarang terdengar secara luas, tetapi jasa mereka memberikan manfaat untuk masyarakat.

Kisah heroik pertama ditunjukkan oleh pemudi bernama Ika Dewi Maharani (26). Mahasiswi semester akhir Stikes Hang Tuah Surabaya ini tergabung dalam asosiasi profesi perawat Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (Hipgabi).

Saat virus Covid-19 masuk ke Indonesia, ia mendengar kabar bahwa Ibu Pertiwi memanggil banyak pemuda pemudi untuk turun menjadi relawan. Tanpa berpikir dua kali, tekad bulatnya membawa Ika masuk dalam barisan relawan medis yang berada di bawah naungan Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sejak 4 April 2020.

Sebagai relawan, tugas yang Ika emban pun terbilang unik, yaitu menjadi sopir mobil ambulans. Sebab, pada awal pandemi, lonjakan pasien yang tinggi membuat petugas ambulans kewalahan karena jumlahnya yang terbatas.

Ika mengatakan, ibunya sempat mempertanyakan keputusannya untuk menjadi relawan Covid-19 di Jakarta. Namun, setelah dijelaskan tentang protokol ketat relawan dan kewajiban menolong perawat tidak boleh pilih-pilih pasien, akhirnya sang ibu mengizinkan.

"Awalnya saya tidak menyangka karena saya tinggal menunggu wisuda. Saya melihat Jakarta terdampak pandemi. Kalau tidak ke pusatnya, ini akan menyebar sehingga saya mendaftar jadi relawan. Saya tidak menyangka kami sebagai perawat evakuasi pasien, tapi menjadi driver juga. Itu tantangan bagi saya," ungkapnya dalam diskusi BNPB bertajuk “Memperingati Hari Pahlawan dengan Pahlawan Kemanusiaan Covid-19”, Selasa (10/11/2020).

Sopir ambulans yang bertugas di RS Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet ini pun menceritakan pengalamannya yang tak terlupakan. Bersama timnya, ia pernah mengangkut 87 pasien terinfeksi Covid-19 dalam sehari. Situasi ini terjadi saat ada lonjakan pasien yang terinfeksi virus SARS-CoV-2 itu.

Ika sendiri memiliki tugas beragam meski kewajiban pokoknya adalah menyetir mobil ambulans. Di tengah keterbatasan relawan Covid-19, dia menuturkan bahwa dirinya harus memiliki kemampuan lain, yakni sebagai teknisi mobil ambulansnya. Ia pun harus terbiasa memeriksa kelaikan komponen kendaraan.

Sebagai seorang ibu dengan anak di Ternate, Ika mengatakan kerap menghubungi keluarganya di kampung halaman melalui ponsel. Dia mengaku rindu, tetapi karena kewajiban dan alasan protokol kesehatan, ia mengesampingkan rencana untuk terbang menemui keluarganya secara langsung.

"Saya bertugas satu hari dan satu hari lainnya libur. Waktu off saya telepon keluarga dan anak. Sebelum berdinas tetap berkabar juga untuk memberi tahu saya sehat," katanya.

Selain Ika, sosok perempuan inspirasi lainnya yang patut dianggap sebagai pahlawan di masa pandemi adalah koordinator relawan pendamping dapur nasi murah di Makassar, Nurfadillah (29).

Perempuan asal Makassar, Sulawesi Selatan ini rupanya sering terlibat dalam membantu masyarakat, terutama di masa-masa krisis seperti saat terjadi bencana. Untuk itulah, di masa pandemi ini Nurfadillah kembali tergerak hatinya untuk membantu masyarakat di bidang pangan.

"Sebagai relawan pendamping dapur nasi murah Kota Makassar, tugas saya adalah membentuk kelompok warga berjumlah empat orang yang terkena dampak Covid-19 dengan membuka wirausaha berjualan nasi murah untuk masyarakat sekitar. Dana bantuannya berasal dari Satgas Pusat," ucapnya.

Bersama dua anggota tim relawan, Nufadillah mencari warga yang terkena dampak Covid-19 untuk membuka usaha jualan makanan. Selain itu, ia membentuk kelompok berisi empat anggota masyarakat, terutama tetangga yang tak bekerja.

"Mereka saling membantu membuka warung di pinggir jalan dan menjual nasi kuning dengan modal dari Satgas Covid. Selama sebulan kami memantau kegiatan mereka sampai mereka bisa mandiri berjualan sampai sekarang," kata Nurfadillah.

Selain mendampingi dapur makan, perempuan berhijab ini juga diberi kesempatan untuk masuk ke berbagai lini, seperti membantu Dinas Kesehatan melakukan tes swab massal dengan menerapkan protokol kesehatan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tiba di DPP Demokrat, Anies Baswedan Langsung Disambut AHY

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Kantor DPP Demokrat, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2022) sekitar pukul 09.30 WIB.

NEWS | 7 Oktober 2022

Mengandung Pestisida, Mi Sedaap Ditarik dari Pasar Singapura

Badan Pangan Singapura (SFA) menarik peredaran mi instan Mi Sedaap karena mengandung etilen oksida, pestisida.

NEWS | 7 Oktober 2022

Kematian Akibat Kanker Hati Diprediksi Meningkat 55% pada 2040

Jumlah orang yang mengidap dan kematian akibat kanker hati di seluruh dunia akan meningkat lebih dari 55 persen pada tahun 2040.

NEWS | 7 Oktober 2022

Fraksi PSI DPRD DKI Kritisi Lagi Banjir Jakarta

Fraksi PSI DPRD DKI menegaskan tidak pernah ada kemajuan yang berarti dalam penanganan banjir Jakarta selama era Gubernur Anies Baswedan.

NEWS | 7 Oktober 2022

Rizky Billar Bantah KDRT, Polisi: Silakan Saja Membantah

Rizky Billar membantah telah melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap istrinya, Lesti Kejora.

NEWS | 7 Oktober 2022

Soal Mafia Tanah di Kotabaru Kalsel, Ini Respons Menteri ATR/BPN

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto merespons laporan Sawit Watch atas dugaan mafia tanah di Kotabaru, Kalsel.

NEWS | 7 Oktober 2022

Dua Warga Rusia yang Cari Suaka di AS Tiba di Alaska

Dua warga Rusia yang mencari suaka di AS tiba di sebuah pulau terpencil di Alaska, menurut dua senator pada Kamis (6/10/2022).

NEWS | 7 Oktober 2022

Stok Vaksin Covid-19 Menipis, Dinkes DKI Minta Opsi Relokasi

Dinkes DKI Jakarta meminta opsi relokasi vaksin Covid-19 dari daerah lain. Hal itu untuk mengantisipasi stok vaksin Covid-19 yang mulai menipis.

NEWS | 7 Oktober 2022

Malaysia Kategorikan Permen Karet Pengganti Rokok Tidak Beracun

Malaysia memasukkan pengganti nikotin berupa patch atau permen karet sebagai produk “tidak beracun” untuk membantu perokok berhenti merokok.

NEWS | 7 Oktober 2022

Pasien Covid-19 Dirawat di RSDC Wisma Atlet Tersisa 20 Orang

Pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini tersisa 20 orang.

NEWS | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi tak salami kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tiba di DPP Demokrat, Anies Baswedan Langsung Disambut AHY

Tiba di DPP Demokrat, Anies Baswedan Langsung Disambut AHY

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings