Satgas Covid-19 Prihatin Perkembangan Kasus Positif Covid-19 Alami Peningkatan 8,2%
Logo BeritaSatu

Satgas Covid-19 Prihatin Perkembangan Kasus Positif Covid-19 Alami Peningkatan 8,2%

Selasa, 10 November 2020 | 22:22 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / JAS

Jakarta, Beritasatu.com – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) Wiku Adisasmito merasa prihatin melihat perkembangan kasus positif Covid-19 pada pekan ini mengalami peningkatan 8,2% dibandingkan pekan lalu.

“Di minggu ini terlihat perkembangan kasus Covid-19 di tingkat nasional cenderung ke arah yang kurang baik dibandingkan dengan pekan sebelumnya. Pada tingkat nasional di pekan ini terjadi peningkatan kasus positif sebesar 8,2%,” kata Wiku Adisasmito saat menyampaikan keterangan pers secara virtual, Selasa (10/11/2020).

Menurutnya, kondisi ini merupakan perkembangan ke arah yang kurang baik karena kasus positif mengalami peningkatan. Seharusnya, penambahan kasus positif terus menurun setiap minggunya. Karena itu, ia tidak ingin tren penurunan kasus ini adalah penurunan kasus yang semu. Wiku melihat, tren penurunan kasus Covid-19 pada pekan lalu diakibatkan pelaksanaan testing yang menurun.

“Jangan sampai terlihat tren penurunan kasus yang semu. Tren penurunan kasus Minggu lalu ternyata diakibatkan oleh testing yang juga menurun,” ujar Wiku Adisasmito.

Hal ini menjadi pembelajaran bagi semua pihak, lanjut Wiku, terlepas dari adanya masa libur. Pemerintah pusat dan daerah harus tetap menggencarkan 3T (testing, tracing, treatment) bagi masyarakat untuk melaksanakan protokol 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan).

Wiku memberikan apresiasi kepada lima provinsi yang berhasil keluar dari kelompok lima besar kasus positif pada pekan ini, yaitu Sumatera Barat, Kepulauan Riau, DI Yogyakarta, Papua Barat, dan Papua.

“Mohon agar dipertahankan agar kenaikan kasus positif dapat terus menurun. Bahkan tidak ada penambahan kasus sama sekali,” terang Wiku Adisasmito.

Namun sangat disayangkan, lanjut Wiku, provinsi yang sebelumnya berhasil keluar kembali masuk ke dalam kelompok lima besar dengan kenaikan kasus tertinggi. Lima provinsi itu adalah Jawa Tengah naik 919 kasus, Jawa Barat sebesar 833 kasus, DKI Jakarta 410 kasus, Kalimantan Timur 207 kasus, dan Kalimantan Barat 199 kasus. Kenaikan terpusat pada Pulau Jawa dan Pulau Kalimantan.

“Dimohon kepada lima provinsi ini untuk jangan lengah. Kami lihat tren bahwa lima besar penambahan kasus positif mingguan tertinggi masih konsisten pada 10 provinsi pada pekan ini, dan pekan sebelumnya. Tidak ada perubahan secara signifikan,” jelas Wiku Adisasmito.

Diungkapkan Wiku, ada banyak hal yang diupayakan pemerintah daerah setempat untuk menekan angka kasus. Diakuinya, adanya libur panjang pada pekan lalu dapat memicu terjadinya kenaikan kasus. Untuk itu, Satgas Covid-19 meminta kapasitas pemeriksaan Covid-19 ditingkatkan, terutama orang-orang dengan riwayat perjalanan, serta melakukan penelusuran kontak erat dengan masif untuk mendeteksi kasus.

“Kembali saya ingatkan bahwa selama belum ada vaksin maka protokol kesehatan adalah obat terampuh untuk menekan angka penularan. Selalu pakai masker jaga jarak dan cuci tangan serta hindari bepergian keluar rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak,” imbau Wiku Adisasmito.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Peringati Hari Diabetes Sedunia, Lions Indonesia Distrik 307-A1 Gelar Zoom-Webinar

Memperingati Hari Diabetes Sedunia, 14 November, Komite Pelayanan Diabetes Perkumpulan Lions Indonesia Distrik 307-A1 akan menyelenggarakan Zoom-Webinar.

KESEHATAN | 10 November 2020

Dibandingkan Negara Eropa dan Asia Tenggara, Penanganan Covid-19 di Indonesia Tunjukkan Hasil Positif

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia terus menunjukkan hasil yang positif.

KESEHATAN | 10 November 2020

Dexa Medica Komitmen Kembangkan Obat Modern Asli Indonesia

Dexa Medica meraih penghargaan Anugerah Industri Inovatif 2020 dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional.

KESEHATAN | 10 November 2020

Kalbe Perkuat Hilirisasi Penelitian di Indonesia

Hilirisasi penelitian turut berkontribusi positif dalam peningkatan layanan kesehatan bagi masyarakat.

KESEHATAN | 10 November 2020

Pahlawan Pandemi Berjuang dalam Sunyi

Sambil menunggu wisuda, Ika memutuskan untuk menjadi relawan sebagai sopir ambulans. Ia pernah mengangkut 87 pasien terinfeksi Covid-19 dalam sehari.

KESEHATAN | 10 November 2020

Peran Penting Manajemen Diabetes di Masa Pandemi

Penderita diabetes harus mengetahui manajemen diabetes selama pandemi Covid-19 agar kondisi gula darah terkontrol dengan baik.

KESEHATAN | 10 November 2020

Update Covid-19: Tambah 3.779 Kasus Positif di Indonesia Jadi 444.348

Kasus baru Covid-19 di Indonesia bertambah 3.779, dalam 24 jam terakhir sampai Selasa (10/11/2020) siang WIB. Total kasus Covid-19 di Indonesia menjadi 444.348.

KESEHATAN | 10 November 2020

Vaksin Merah Putih Baru Mulai Uji Coba Pada Hewan

Vaksin Merah Putih Indonesia memasuki tahap uji coba pada hewan.

KESEHATAN | 9 November 2020

Vaksin Covid-19 Impor Harus dengan Rekomendasi WHO

Misalnya, vaksin Sinovac dari Tiongkok yang rencananya akan menyediakan sekitar 3 juta dosis untuk Indonesia dengan platform dua dosis (dual dose).

KESEHATAN | 9 November 2020

Satgas: Waspadai Kasus Covid-19 Impor

Terlebih karena banyak pekerja migran yang pulang ke Indonesia, termasuk para jemaah umrah yang mulai kembali.

KESEHATAN | 9 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS