Logo BeritaSatu

Asupan Protein Penting Selama Pandemi, Hati-hati Mengkonsumsi Telur Ternak

Minggu, 22 November 2020 | 23:02 WIB
Oleh : Elvira Anna Siahaan / EAS

Jakarta, Beritasatu.com - Kondisi pandemi Covid-19 saat ini menguatkan isu keamanan dan ketersediaan pangan di seluruh negara. Salah satunya adalah ketersediaan asupan protein yang terjangkau semua kalangan, yakni telur. Sayangnya kebutuhan protein khususnya yang berasal dari telur ini patut diwaspadai.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia pada 2019, produksi telur ayam ternak dan desa berada di angka 4,7 juta dan diprediksikan akan terus meningkat. Sementara di Indonesia sendiri dikenal tiga tipe telur yang diproduksi secara ternak dan industri untuk konsumsi harian, yakni telur ayam ternak, telur ayam desa, dan telur bebek. Sayangnya, produksi telur ayam ternak di Indonesia cukup berisiko.

Sebuah hasil investigasi dari LSM internasional, Equitas Global, menemukan akan ada pandemi baru lewat praktik kandang telur baterai. Praktik ini menjadikan ternak ayam petelur tinggal di dalam kandang yang sangat sesak dan sempit hingga kesulitan untuk bergerak hingga menimbulkan kecacatan.

Bonnie Tang, campaign manager dari Equitas, dilansir dari siaran pers, Minggu (22/11/2020) mengatakan peternakan kandang baterai bisa menyebabkan penyakit menular baru pada manusia adalah zoonosis, yang berasal dari hewan liar namun dapat menyebar dan menular ke hewan ternak dalam industri.

"Hal ini sangat ironis mengingat saat ini dunia tengah berjuang melawan pandemi yang disebabkan oleh Covid-19," kata Bonnie.

Untuk itu Bonnie menyarankan masyarakat dan industri berkomitmen hanya mengkonsumsi telur yang berasal dari peternakan ayam bebas kandang di Indonesia. Dikatakan Bonnie terdapat lebih dari 50 perusahaan besar yang bergerak di bidang pangan, yang telah berkomitmen untuk hanya menjual telur yang berasal dari peternakan ayam bebas kandang di Indonesia, termasuk Starbucks, Subway, Burger King, Nestle dan sebagainya.

"Akan lebih baik bagi para pelaku bisnis, khususnya di Indonesia, untuk terus menerapkan praktik bisnis berkelanjutan, salah satunya menghilangkan kandang telur baterai yang berisiko," tutup Bonnie.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sekjen PBB Tolak Akui Pencaplokan Wilayah Ukraina oleh Rusia

Dia juga menolak hasil referendum di empat wilayah tersebut, yang oleh Rusia diklaim bahwa 97-99% warga di sana ingin bergabung dengan Rusia.

NEWS | 30 September 2022

Firli Bahuri: Bahaya Laten Korupsi Wajib Diperangi hingga Akarnya

Terkait peringatan G30S/PKI, Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, seperti halnya komunisme, bahaya laten korupsi harus diperangi dan diganyang hingga ke akarnya.

NEWS | 30 September 2022

Mulai Jalani Penahanan, Putri Candrawathi: Saya Ikhlas

Putri Candrawathi menyatakan bahwa dirinya ikhlas harus menjalani penahanan terkait kasus pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 30 September 2022

Jalani Penahanan, Ini Pesan Putri Candrawathi ke Anak

Sebelum ditahan, Putri Candrawathi menyempatkan diri menyampaikan pesan kepada anak-anaknya.

NEWS | 30 September 2022

Penyaluran BLT BBM di Kepri Dekati Angka 100 Persen

Pos Indonesia tengah berupaya menyelesaikan proses penyaluran BLT BBM di Provinsi Kepulauan Riau yang saat ini hampir menyentuh angka 100%.

NEWS | 30 September 2022

Menipis, Stok Vaksin Covid-19 Tersisa Sekitar 5 Juta Dosis

Kemenkes menyebutkan bahwa hingga saat ini stok vaksin Covid-19 yang ada di Indonesia menipis dan hanya sisa sekitar 5 juta dosis.

NEWS | 30 September 2022

Kapolri Pastikan Putri Candrawathi Bisa Bertemu Anak

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan bahwa Putri Candrawathi tetap bisa bertemu dengan anaknya kendati menjalani penahanan.

NEWS | 30 September 2022

Kasus KDRT Rizky Billar ke Lesti, Polisi: Bukan Settingan

Kepolisian menegaskan bahwa dugaan tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan oleh Rizky Billar terhadap Lesti Kejora dipastikan bukan rekayasa.

NEWS | 30 September 2022

Sandiaga Optimistis Restorasi Desa Wisata Hanjeli Bangkitkan Ekonomi Sukabumi

Menparekraf Sandiaga Uno optimis restorasi desa wisata Hanjeli mampu membangkitkan ekonomi Sukabumi, Jawa Barat.

NEWS | 30 September 2022

Anggota DPR Intan Fauzi Meriahkan Visionary Leader IMGS 2022

Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi PAN Intan Fauzi, bersama puluhan tokoh muda akan memeriahkan perhelatan Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sekjen PBB Tolak Akui Pencaplokan Wilayah Ukraina oleh Rusia

Sekjen PBB Tolak Akui Pencaplokan Wilayah Ukraina oleh Rusia

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings