Logo BeritaSatu

Pengunjung ke Bali Harus Tes Negatif Covid Maksimal 7 Hari Sebelum Berangkat

Kamis, 17 Desember 2020 | 21:52 WIB
Oleh : HA

Denpasar, Beritasatu.com - Para pelancong yang akan berkunjung ke Bali dengan pesawat terbang diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif virus corona dari tes berbasis polymerase chain reaction (PCR) yang dilakukan maksimal tujuh hari sebelum berangkat, berlaku mulai Sabtu (19/12/2020).

Sebelumnya, berdasarkan surat edaran Gubernur Bali I Wayan Koster, penumpang pesawat yang hendak menuju Bali harus menunjukkan hasil tes PCR yang membuktikan bebas virus corona dalam waktu maksimal dua hari.

Ketentuan baru yang lebih longgar ini diputuskan dalam rapat antara Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dengan jajaran Pemerintah Provinsi Bali, Kamis (17/12/2020).

“Setelah mendengar berbagai masukan, saran, dan kritik dari berbagai pihak akhirnya disesuaikan menjadi maksimal tujuh hari sebelum keberangkatan,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra dalam jumpa pers.

Surat Edaran Gubernur juga menyebutkan bahwa pengunjung yang menggunakan sarana transportasi darat dan laut wajib menunjukkan hasil tes rapid antigen bebas Covid-19.

Di tempat lain, maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia menyambut baik ketentuan pemeriksaan PCR bagi penumpang pesawat yang akan melakukan perjalanan dari dan ke sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Bali.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan ketentuan swab PCR ini untuk mendukung keamanan dan kenyamanan penumpang, terutama menjelang perayaan libur akhir tahun Natal dan Tahun Baru.

"Kami tentunya berharap ketentuan pemeriksaan swab berbasis PCR ini dapat dimaknai sebagai upaya untuk memastikan rasa aman dan nyaman masyarakat selama menjalani liburan akhir tahun yang sehat bersama keluarga dengan senantiasa mengedepankan penerapan protokol kesehatan pada aktivitas keseharian," kata Irfan dalam keterangan diterima di Jakarta, Kamis.

Irfan meyakini kebutuhan rasa aman dan nyaman masyarakat menjadi prioritas penting dalam melaksanakan perjalanan, tidak hanya pada saat menggunakan transportasi udara namun juga ketika sampai di destinasi tujuan.

"Bagi kami di Garuda Indonesia menghadirkan penerbangan sehat merupakan komitmen utama yang terus kami optimalkan melalui berbagai upaya penerapan protokol kesehatan pada seluruh lini operasional," kata Irfan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Didominasi XBB dan BQ.1

Kasus positif Covid-19 selama satu minggu ini mengalami penurunan meski di 12 provinsi justru terjadi peningkatan.

NEWS | 2 Desember 2022

Lebih 200 WNI Pemetik Buah di Inggris Terkatung-katung dan Terbelit Utang

Lebih dari 200 WNI yang bekerja memetik buah di Inggris hidup terkatung-katung dan terbelit utang hingga ratusan juta rupiah.

NEWS | 2 Desember 2022

Suara Bulat, Komisi I DPR Setujui Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Komisi I DPR menyetujui Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI dengan suara bulat, tanpa lewat voting.

NEWS | 2 Desember 2022

Pemberhentian dengan Hormat Jenderal Andika Perkasa Disetujui

Komisi I DPR menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Hasil Gelar Perkara Tambang Ilegal Tak Disampaikan, Ini Alasan Polri

Bareskrim Polri menyatakan tidak menyampaikan hasil gelar perkara kasus tambang ilegal untuk kepentingan investigasi selanjutnya.

NEWS | 2 Desember 2022

Hingga Hari Ini, Gempa Susulan di Cianjur Terjadi 373 Kali

Gempa susulan di Cianjur, Jawa Barat hingga saat ini sudah terjadi sebanyak 373 kali hingga hari ini, Jumat (2/12/2022) sore.

NEWS | 2 Desember 2022

Telkom Raih Penghargaan Indonesia's SDGs Action Awards 2022

Penghargaan ini diserahkan Menteri Bappenas Suharso Monoarfa dan diterima langsung oleh Direktur Human Capital Management (HCM) Telkom, Afriwandi.

NEWS | 2 Desember 2022

Zulhas: PAN Pertimbangkan Aspirasi Dukung Ganjar untuk 2024

Zulhas menampung aspirasi dari DPW PAN Jawa Tengah (Jateng) untuk mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PAN di Pemilu Presiden 2024.

NEWS | 2 Desember 2022

Hingga Hari Ini, Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur 29.989 Unit

Bupati Cianjur Herman Suherman mengungkapkan, total rumah rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat hingga hari ini, Jumat (2/12/2022) mencapai 29.989 unit.

NEWS | 2 Desember 2022

Pemilu 2024, Yudo Margono Pastikan TNI Bakal Netral

Laksamana Yudo Margono memastikan bahwa TNI akan tetap netral pada pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sri Mulyani Sebut Risiko Global Meningkat Usai Pandemi

Sri Mulyani Sebut Risiko Global Meningkat Usai Pandemi

EKONOMI | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE