NeoClinic Buka Layanan Swab Test Drive Thru di Surabaya
Logo BeritaSatu

NeoClinic Buka Layanan Swab Test Drive Thru di Surabaya

Senin, 18 Januari 2021 | 16:13 WIB
Oleh : Amrozi Amenan / FER

Surabaya, Beritasatu.com - Meningkatnya angka kasus positif Covid-19 di Surabaya menarik perhatian banyak pihak untuk berkolaborasi melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona. Hal itulah yang dilakukan NeoClinic bekerjasama dengan Ralali menghadirkan fasilitas drive thru tes Covid-19.

Co-founder NeoClinic, Margaret Srijaya, menjelaskan, pihaknya tergerak untuk ikut terlibat dalam penanganan Covid-19 setelah melihat perkembangan penyebaran virus corona yang semakin mengkhawatirkan.

"Kami bersama Ralali dan rekan-rekan yang lain memberikan pelayanan swab test secara drive thru. Ini sudah kami kembangkan di Jabodetabek dan sekarang kami kembangkan di Surabaya,” kata Margaret Srijaya saat pembukaan NeoClinic Drive Thru Covid Testing, Minggu (17/1/2021).

Margaret mengatakan, rencananya layanan itu akan ada di 5 lokasi di Surabaya dan diharapkan bisa membantu mengatasi penyebaran virus Covid-19. Sebab, dengan teknologi yang dikembangkan, semua data yang terekam akan terintegrasi. Sehingga lebih mudah memantaunya.

Selain itu, dengan pelayanan drive thru, masyarakat yang ingin melakukan tes swab atau PCR bisa dilakukan lebih cepat dan tidak perlu mengantre. Sebab mereka bisa mendaftar secara online. Hasilnya juga cepat diketahui, yakni H+1 dan diberikan secara online.

"Hal ini merupakan upayanya untuk membantu pemerintah dalam melakukan tracing dan memutus rantai penyebaran Covid-19. Bulan depan, kami rencana menambah 5 titik lagi di Surabaya dan 7 titik di Jabodetabek,” ujarnya.

CEO Ralali, Joseph Aditya menambahkan, tes swab drive thru ini diharapkan bisa menjadi salah satu solusi untuk meminimalisasi kontak fisik sehingga lebih nyaman. Masyarakat bisa melakukan pengambilan sampel tanpa harus datang ke rumah sakit atau laboratorium.

"Bahkan, peserta swab test bisa menggunakan kendaraan pribadi saat pengambilan sampel tanpa harus keluar atau turun dari kendaraan. Petugas akan menghampiri peserta di dalam mobil dan melakukan swab yang hasilnya akan dikirimkan melalui email atau WhatsApp. Ini bagian dari komitmen kami mendukung pemerintah dalam menangani pandemi Covid 19. Tes swab drive thru juga lebih efisien, praktis dan ekonomis dengan biaya mulai Rp 250.000 hingga Rp 1.200.000,” kata Aditya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana mengatakan, pihaknya menyambut baik kehadiran NeoClinic yang memberikan pelayanan tes swab drive thru. "Sebab, masyarakat yang takut melakukan tes swab atau PCR di rumah sakit punya pilihan di tempat lain," ujarnya.

Whisnu berharap, akan semakin banyak dari kalangan swasta yang terlibat dalam upaya membantu menghentikan penyebaran Covid 19. Pasalnya, tes swab dan tracing sangat penting. "Ini bukan hanya soal kesehatan namun ekonomi juga harus diperhatikan. Kami berharap akan semakin banyak lagi yang melakukan tes swab," tandas Whisnu.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Giliran Kasus Sembuh Covid-19 Kembali Catat Rekor Baru

Terdapat penambahan kasus sembuh sebanyak 9.475, memecahkan rekor sebelumnya sebanyak 9.102 yang terjadi sehari sebelumnya.

KESEHATAN | 18 Januari 2021

Dengan Positivity Rate Kisaran 30%, Kasus Aktif Masih Terus Meningkat

Epidemiolog Universitas Indonesia, Iwan Ariawan, mengatakan, semakin banyaknya testing tidak signifikan menambah kasus baru apabila positivity rate rendah.

KESEHATAN | 18 Januari 2021

RS Diminta Menambah Jumlah Tempat Tidur Pasien Covid-19

RS diminta tempat tidur yang selama ini untuk perawatan pasien non Covid-19 dikonversi menjadi tempat perawatan pasien Covid-19.

KESEHATAN | 18 Januari 2021

Pakar Epidemiologi: Jumlah Kasus Covid-19 Meningkat di Wilayah Perkotaan

Jumlah kasus meningkat harian karena ada peningkatan jumlah testing. Pasalnya, secara nasional jumlah spesimen yang dites per hari mencapai 80.000.

KESEHATAN | 17 Januari 2021

Prudential Gandeng SuperM Kampanyekan Hidup Sehat dan Bugar

Prudential dan SuperM akan mengadakan serangkaian acara untuk memotivasi masyarakat menjalani hidup yang lebih sehat dan bugar.

KESEHATAN | 17 Januari 2021

Update Covid-19, Tambah 11.287, Kasus Positif di Indonesia Tembus 900.000

Kasus Covid-19 di Indonesia hari ini masih di atas 11.000 dan secara total menembus jumlah 900.000.

KESEHATAN | 17 Januari 2021

Laporan Efek Samping Vaksinasi Covid-19 Belum Ditemukan

Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) merupakan dampak alamiah dari produk vaksin.

KESEHATAN | 17 Januari 2021

IDI: Vaksin Mandiri Dorong Keberhasilan Target Pemerintah

IDI mengatakan alangkah lebih baik jika vaksinasi mandiri ini bisa dilakukan oleh perusahaan swasta dan rumah sakit swasta dengan biaya pribadi.

KESEHATAN | 17 Januari 2021

Sukmo Harsono Siap Jadi Dubes Pertama yang Divaksin

Pemberian vaksin di Republik Panama akan dilakukan secara empat tahap.

KESEHATAN | 16 Januari 2021

Masyarakat Diminta Tidak Ragu Divaksinasi

Panglima TNI menegaskan kepada seluruh prajurit di TNI serta masyarakat untuk turut serta menyukseskan program vaksinasi gratis tersebut.

KESEHATAN | 16 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS