Siloam Hospitals Labuan Bajo Penuhi Layanan Destinasi Wisata Kesehatan
Logo BeritaSatu

Siloam Hospitals Labuan Bajo Penuhi Layanan Destinasi Wisata Kesehatan

Rabu, 20 Januari 2021 | 14:49 WIB
Oleh : Indah Handayani / FMB

Labuan Bajo, NTT - Adanya pandemi Covid-19, tidak menyurutkan semangat manajemen Siloam Hospitals Labuan Bajo dalam penanganan layanan wisata kesehatan. Hal tersebut dilakukan melalui sinergi bersama Pemerintah sejak November 2020 silam, termasuk mengadakan kerja sama bersama sejumlah stakeholder pariwisata.

Dr Hermas Irawan M M, direktur Siloam Hospitals Labuan Bajo,mengatakan sejak November 2020 saat dilakukan Simulasi Protokol Kesehatan dan Keamanan dalam mengadakan destinasi wisata ke Labuan Bajo oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, pihaknya berpartisipasi sebagai Pusat Rujukan Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes). Sejumlah area pendaftaran dan layanan rawat jalan, disiapkan khusus disediakan bagi turis. “Selain itu, kami turut menyiagakan tim emergency dalam kasus gawat darurat bagi turis yang mengalami kecelakaan saat berwisata di Labuan Bajo," ungkap Dr Hermas dalam keterangan pers diterima Rabu (20/1/2021).

Menurut dr Hermas, kenyamanan dalam berwisata merupakan hal pokok yang diinginkan para turis, termasuk kenyamanan dalam mendapatkan fasilitas kesehatan. Hal itu karena pihaknya paham bahwa kenyamanan turis adalah yang utama. Contohnya adalah Siloam Hospitals Labuan Bajo menyiagakan layanan ambulance call out untuk setiap hotel yang membutuhkan termasuk layanan ambulans di udara hingga persiapan rujukan melalui pesawat komersial yang ditujukan kepada jaringan rumah sakit Siloam lainnya di wilayah Indonesia Timur.

Sebagai catatan dalam peningkatan layanan wisata kesehatan bagi turis mancanegara dan turis lokal, Siloam Hospitals Labuan Bajo merupakan satu satunya rumah sakit swasta di Nusa Tenggara Timur yang memiliki fasilitas layanan Hyperbaric Oxygen Chamber Therapy (HBOCT). Selain ditujukan untuk penanganan penyakit dekompresi yang kerap dialami oleh para penyelam laut dalam, Hyperbaric Oxygen turut dimanfaatkan untuk mengobati berbagai indikasi klinis. Di antaranya bisa digunakan untuk penyembuhan luka tubuh seperti luka bakar dan luka terkait penyakit diabetes melitus serta pencangkokan kulit.

Dr Hemas menambahkan terapi tersebut sudah pernah dilakukan pada 2019 untuk dua pasien dan hasilnya bagus. Untuk case akibat kecelakaan diving pada 2019 sudah menangani hampir kurang lebih 40 pasien dan semunya berhasil tertangani dengan baik. Pada 2020 dimana pandemic covid 19 ini mulai, pelayanan hyperbaric hanya diperuntukan untuk emergency case saja, dengan pertimbangan menjaga penyebaran dan penularan covid 19 agar tidak menularkan pasien yang akan di hyperbaric.

“Karena terapi hyperbaric ini dilakukan dalam ruangan tertutup dan perputaran udara yang terbatas tidak ada akses dengan udara luar,” pungkas Dr. Hermas.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Keberhasilan Asi Eksklusif di Indonesia Selama Pandemi Covid-19 Meningkat Tajam

Pandemi Covid-19 menimbulkan banyak perubahan pola hidup dan disrupsi sistem kesehatan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

KESEHATAN | 20 Januari 2021

Hanya Dewasa yang Boleh Divaksin Covid-19, Bagaimana Nasib Anak-anak?

Anak-anak tidak bisa divaksin, sehingga menjadi tanggung jawab orang tua melindungi anak-anak mereka.

KESEHATAN | 20 Januari 2021

Kemdagri: PPKM Jawa-Bali Akan Diperpanjang Dua Minggu Lagi

Angka terakhir belum menunjukan penurunan angka positive rate yang signifikan dan (PPKM) akan diperpanjang.

KESEHATAN | 20 Januari 2021

Ingatkan Pemerintah Jangan Terlena, Dicky Budiman: Varian Baru Jerman Jadi Peringatan untuk Indonesia

Varian baru di Jerman sangat mungkin terjadi di Indonesia, mengingat testing yang tidak memadai dan masyarakat masih sangat abai dengan protokol kesehatan.

KESEHATAN | 20 Januari 2021

Angka Kematian Akibat Covid-19 Indonesia Kembali Memuncak

Setelah mengalami penurunan 1,7% pada minggu lalu, jumlah kematian akibat Covid-19 kembali memuncak.

KESEHATAN | 19 Januari 2021

OMDC Berikan Pelayanan Berkualitas di Masa Pandemi Covid-19

Oktri Manessa terketuk untuk membantu masyarakat dalam memeriksakan kondisi kesehatannya dengan membuka pelayanan kesehatan dengan program OMDC Peduli.

KESEHATAN | 19 Januari 2021

Penanaman Cip pada Vaksin Hanyalah Hoax

Masyarakat Indonesia tidak mempercayai berita hoax yang tersebar luas termasuk penanaman cip di dalam vaksin.

KESEHATAN | 19 Januari 2021

Update Covid-19: Tambah 10.365, Kasus Positif di Indonesia Jadi 927.380

Kasus Covid-19 di Indonesia selama 24 jam terakhir hingga Selasa (19/1/2021) pukul 12.00 WIB bertambah 10.365. Total kasus Covid-19 di Indonesia jadi 1.

KESEHATAN | 19 Januari 2021

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Percepat Pencapaian Herd Immunity

Klinik vaksinasi pertama di Indonesia ikut berkontribusi melayani vaksinasi Covid-19.

KESEHATAN | 19 Januari 2021

Airlangga: Selain Vaksinasi, Donor Konvalesen Bisa Bantu Pasien Covid-19

Melalui donor plasma konvalesen penyintas, diharapkan dapat menekan angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia.

KESEHATAN | 19 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS