Logo BeritaSatu

5 Gejala Anemia pada Wanita yang Umum Terjadi

Rabu, 20 Januari 2021 | 15:14 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Anemia merupakan kondisi di mana jumlah sel darah merah di dalam tubuh ada di bawah angka normal. Sedangkan kita tahu bahwa sel darah merah memiliki tugas utama untuk mengedarkan oksigen serta nutrisi ke seluruh tubuh. Dengan kondisi demikian, tentu tubuh akan mengalami banyak gangguan kesehatan.

Hal ini bisa dialami oleh siapa saja tanpa mengenal jenis kelamin. Namun, kondisi tersebut lebih sering dialami oleh wanita, ini berkaitan dengan siklus bulanan.

Gejala anemia pada wanita secara umum sangat berkaitan dengan kondisi tubuh. Pada wanita dengan kondisi anemia ringan bisa saja tidak merasakan gejala apapun dan sebaliknya. Karenanya, Anda perlu mengamati gejalanya secara seksama.

Berikut beberapa gejala anemia pada wanita secara umum, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com:

Mudah lelah
Kelelahan merupakan gejala anemia pada wanita yang paling umum dan mudah dikenali. Tetapi, kelelahan yang dialami wanita yang mengalami anemia tidaklah sama dengan kondisi kelelahan biasa.

Pasalnya, tubuh yang mudah lelah tersebut terjadi akibat kurangnya kadar hemoglobin (HB) dalam darah. Hemoglobin sendiri merupakan senyawa protein khusus yang bertugas mengikat oksigen untuk kemudian diangkut ke seluruh tubuh.

Di saat kadar HB dalam tubuh menurun, maka seluruh jaringan sel di tubuh akan mengalami kekurangan oksigen. Alhasil, organ jantung harus bekerja ekstra supaya peredaran sel darah merah yang mengandung oksigen bisa sampai ke seluruh jaringan tubuh. Itulah mengapa tubuh jadi mudah merasa lelah.

Keluhan pusing sering terjadi
Gejala yang juga cukup umum dialami wanita yang mengalami anemia adalah sensasi kliyengan atau pusing. Kondisi ini terasa seolah-olah lingkungan sekitar berputar-putar. Penyebabnya juga sama, karena kadar HB dalam tubuh berada di bawah normal.

Seperti yang kita tahu, hemoglobin bertugas untuk mengangkut oksigen dan juga nutrisi ke seluruh tubuh. Rendahnya kadar hemoglobin dalam rendah, jaringan sel tidak mendapatkan oksigen secara maksimal, terutama di bagian otak. Itulah sebabnya, Anda kerap merasakan pusing, terlebih ketika akan berubah posisi, misalnya dari duduk lalu berdiri.

Kulit terlihat lebih pucat
Gejala anemia pada wanita yang cukup umum selanjutnya adalah warna kulit terlihat lebih pucat. Selain bertugas mengikat oksigen dan mengedarkannya ke seluruh tubuh, hemoglobin juga berperan membuat warna darah terlihat merah.

Perlu Anda ketahui bahwa jaringan di kulit terdapat pembuluh darah kecil yang cukup banyak, sehingga rona wajah kita sedikit banyak juga cukup terpengaruh oleh sirkulasi darah di bawah jaringan kulit tadi. Itulah sebabnya saat kadar HB dalam cukup rendah, maka rona kulit akan terlihat pucat.

Pada wanita yang jarang menggunakan make up akan lebih mudah dikenali ketika mengalami anemia di banding mereka yang sering menggunakan make up. Namun, Anda bisa mengetahuinya dengan melihat kulit bagian tubuh lainnya yang tampak pucat, seperti gusi, punggung kuku, hingga kelopak bawah mata.

Kesulitan bernapas
Kekurangan kadar hemoglobin dalam darah menyebabkan pasokan oksigen yang diterima tubuh berkurang. Saat kadar oksigen tidak mencukupi, hal ini membuat laju pernapasan pun meningkat. Ini salah satu cara agar tubuh bisa memperoleh oksigen yang cukup.

Namun demikian, hal tersebut membuat paru-paru harus bekerja ekstra agar bisa menampung oksigen. Maka, hal ini akan membuat dada terasa sesak meskipun hanya melakukan tugas yang ringan.

Jantung berdebar-debar
Jika Anda merasa sering berdebar-debar, maka ini juga merupakan gejala anemia yang cukup umum terjadi pada wanita. Rendahnya kadar HB dalam darah memaksa jantung bekerja ekstra untuk memompa darah yang mengangkut oksigen. Itulah mengapa jantung pun berdetak lebih kencang dan cepat dari biasanya. Gejala ini umumnya akan terasa jika Anda memang penderita anemia yang cukup lama.

Demikian beberapa gejala anemia pada wanita yang umum terjadi. Meskipun bukan kondisi yang membahayakan, namun penanganan yang sembarangan pada penderita anemia bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Jadi, jangan pernah menyepelekan masalah kesehatan yang dirasakan oleh tubuh. Waspada dengan gejala yang diberikan oleh tubuh akan membantu kita terhindar dari gangguan kesehatan.

Agar terhindar dari anemia, ibu hamil, menyusui, dan lanjut usia juga bisa mengonsumsi suplemen zat besi penambah darah seperti Ferospat dari Pyfa Health. Ferospat adalah suplemen yang mengandung zat besi untuk memenuhi kebutuhan defisiensi zat besi (mencegah anemia), terutama pada ibu hamil dan menyusui, yang dikemas dalam bentuk tablet effervescent.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Rekomendasi FSGI untuk Tuntaskan Polemik Tunjangan Guru

Polemik tunjangan guru di RUU Sisdiknas karena pemerintah tidak melakukan penghitungan secara terperinci terkait besaran anggaran APBN.

NEWS | 30 September 2022

Legislator Sarankan Pemerintah Menginisiasi Ulang Pokja RUU Sisdiknas

Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda menyebutkan Kemendikbudristek sebaiknya menginisiasi ulang pembentukan pokja  RUU Sisdiknas.

NEWS | 30 September 2022

Pasien Covid-19 Dirawat di RSDC Wisma Atlet Tidak Bertambah

Pasien Covid-19 yang dirawat di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, tetap berjumlah 25 orang, atau tidak mengalami penambahan.

NEWS | 30 September 2022

Semester 1 2022, Mesir Sudah Dikunjungi 4,9 Juta Turis

Sekitar 4,9 juta turis mengunjungi Mesir dalam enam bulan pertama 2022, meningkat 85,4 persen dibandingkan 2,6 juta turis pada periode yang sama tahun 2021.

NEWS | 30 September 2022

PGRI Minta UU Guru dan Dosen Dicabut dari RUU Sisdiknas

PGRI menyarankan pemerintah untuk mencabut UU Guru dan Dosen dari Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas)

NEWS | 30 September 2022

Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober: Bangkit Bergerak Bersama Pancasila

"Bangkit Bergerak Bersama Pancasila", menjadi tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila, yang diperingati pada 1 Oktober.  

NEWS | 30 September 2022

PGRI Ungkap 3 Penyebab Polemik RUU Sisdiknas

RUU Sisdiknas yang disusun oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjadi polemik

NEWS | 30 September 2022

PDIP: Integrasi Transportasi Publik Era Anies Berhasil

PDIP menyatakan, program integrasi transportasi publik pada era Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah berhasil.

NEWS | 30 September 2022

Jumat, 3 Wilayah di Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan

BMKG memprakirakan cuaca Jakarta pada hari ini akan diwarnai hujan yang turun hujan ringan hingga sedang

NEWS | 30 September 2022

Pembangunan Permukiman di Pulau G Masih Pengarahan

Kawasan reklamasi pulau G diarahkan untuk kawasan permukiman baru sebatas pengarahan dan belum terwujud

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Rekomendasi FSGI untuk Tuntaskan Polemik Tunjangan Guru

Ini Rekomendasi FSGI untuk Tuntaskan Polemik Tunjangan Guru

NEWS | 15 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings