Logo BeritaSatu

Long Covid pada Setiap Orang Bisa Berbeda

Sabtu, 23 Januari 2021 | 17:18 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Covid-19 masih menjadi fenomena yang diselidiki oleh tim di luar negeri maupun di Indonesia. Masih banyak hal yang menjadi pertanyaan, salah satunya adalah berapa lama seseorang mengalami sindrom pasca-Covid atau long Covid.

Long Covid adalah suatu kondisi seseorang masih mengalami gejala Covid-19, meski sudah dinyatakan negatif dari virus corona. Berdasarkan data Office for National Statistics (ONS), satu dari lima pasien Covid-19 mengalami gejala corona selama lima minggu atau lebih.

Agus Dwi Susanto selaku Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) mengatakan bahwa ada bebagai teori hipotesis di dalam ilmu kedokteran, yang mungkin memberi alasan penyebab lamanya orang mengalami long covid itu berbeda-beda.

“Itu tergantung severity atau beratnya seseorang itu terkena covid. Kalau pasien mengalami derajat severity yang berat sampai kritis, masuk ICU, diventilator, dirawat sampai satu bulan, itu biasanya sudah mengalami proses kerusakan organ yang cukup luas. Mulai dari paru, jantung, sampai ke ginjalnya, sering ada komplikasi karena infeksi covid itu. Pada kondisi ini, kecenderungan long covid yang muncul bisa lebih lama,” ucap Agus dalam live Instagram Katadata bertema Kenapa Penyintas Bisa Mengalami Long covid?, Jumat (22/1/2021).

Orang dengan derajat severity yang berat, memiliki kerusakan jaringan lebih luas. Sehingga, sequelae atau gejala sisanya akan lebih lama. Bahkan, mungkin bisa saja menetap pada pasien.

Teorti yang kedua tentang penyebab lamanya orang mengalami long Covid, yaitu tergantung komobid atau penyakit penyerta yang dialami seseorang ketika mengidap covid-19.

“Tentu berbeda kalau pasien itu tidak memiliki komorbid dengan yang memiliki komorbid. Ketika infeksi covid yang memiliki komorbid, cenderung memiliki gejala sisa yang menetap akibat covid. Itu dua hal paling umum yang menjelaskan kenapa orang bisa long covid ada yang cepat, ada yang lama. Tergantung severity dan komorbiditas,” ungkap Agus.

Efek yang ditimbulkan saat mengalami long covid beragam, mulai dari delirium, sakit kepala, hingga halusinasi. Hal itu bisa terjadi karena virus menempel di reseptor ACE2 yang ada di pembuluh darah otak. Maka, menimbulkan gangguan pada sistem saraf pusat atau sistem otak.

“Bahkan, ada gangguan daya ingat. Saya punya teman sejawat yang pasca-covid itu dia sama sekali enggak ingat ketika dia dirawat. Itu salah satu (efek) long covid, gangguan daya ingat,” pungkas Agus Dwi Susanto.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Deretan Wanita Kuat dan Berpengaruh Mulai Kuasai Eropa

Fenomena deretan nama wanita kuat dan berpengaruh mulai menguasai benua Eropa. pemimpin sayap kanan Italia Giorgia Meloni tampaknya akan bergabung.

NEWS | 29 September 2022

Kepala WTO Undur Jadwal Pembahasan Topik Sulit ke Awal 2024

Kepala Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Ngozi Okonjo-Iweala mengundurkan jadwal pembahasan topik sulit ke awal 2024

NEWS | 29 September 2022

Putin Prediksi Rusia Capai Rekor Panen 150 Juta Ton Gandum

Presiden Vladimir Putin mengatakan Rusia mengharapkan panen gandum rekor tertinggi pada 2022.

NEWS | 29 September 2022

Iriana Jokowi Dijadwalkan Menanam Pohon di Pulau Rinca

Iriana Jokowi melanjutkan kegiatan kunjungan kerjanya di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (29/9/2022), dengan menanam pohon di Pulau Rinca.

NEWS | 29 September 2022

Malaysia Akan Cabut Aturan Wajib Masker di Penerbangan

Malaysia akan mencabut aturan wajib masker di dalam penerbangan yang diberlakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Satgas Covid-19: Kebijakan Wajib Masker Masih Berlaku

Satgas Covid-19 menyatakan, pemerintah belum berencana mencabut kebijakan wajib masker seperti yang dilakukan negara lain.

NEWS | 29 September 2022

Tiongkok Tolak Keras Perbandingan Ukraina dengan Taiwan

Tiongkok bereaksi terhadap perbandingan antara Ukraina dengan Taiwan. Hal itu ditegaskan juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Wang Wenbin.

NEWS | 29 September 2022

Kebanjiran Pengungsi Rusia, Latvia Nyatakan Negara Darurat

Latvia mengumumkan keadaan darurat di dekat perbatasannya dengan Rusia pada Rabu (28/9/2022) setelah kebanjiran pengungsi Rusia.

NEWS | 29 September 2022

TNI AU Selidiki Penemuan Granat Asap dan Peluru di Bekasi

TNI AU masih mendalami penemuan granat asap dan peluru yang ditemukan di sebuah rumah, di Pondokgede, Kota Bekasi, Selasa, 27 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Hari Ini, Jaksel dan Jaktim Berpotensi Diguyur Hujan

BMKG DKI Jakarta menerangkan, potensi hujan disertai petir terjadi di wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore hingga menjelang malam hari.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kepala WTO Undur Jadwal Pembahasan Topik Sulit ke Awal 2024

Kepala WTO Undur Jadwal Pembahasan Topik Sulit ke Awal 2024

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings