Catat! Ini Tugas Tim Supervisi PPKM Mikro
Logo BeritaSatu

Catat! Ini Tugas Tim Supervisi PPKM Mikro

Minggu, 28 Februari 2021 | 22:49 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Ketua Subbidang Tracing Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19/Koordinator Tim Supervisi PPKM Skala Mikro, Koesmedi Priharto mengatakan, satgas telah melepaskan tujuh tim supervisi untuk memantau langsung kebijakan di tingkat desa dan kelurahan dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro.

Koesmedi menyebutkan, tim supervisi ini melakukan sejumlah tugas asesmen terkait kebijakan yang dilakukan satgas di tingkat desa. “Pada prinsipnya di masing-masing desa, tim supervisi akan melakukan asesmen lingkungan. Kemudian kita melihat sejauh mana program-program tentang Covid-19 sudah dijalankan,” kata Koesmedi pada konferensi pers virtual tentang “Perkembangan PPKM Mikro dan Pelepasan Tim Supervisi 7 Provinsi" pada Minggu (28/2/2021)

Selanjutnya, tim supervisi juga melakukan asesmen jumlah warga yang terinfeksi Covid-19 dan asal kelompoknya, serta memastikan di wilayah yang paling banyak terinfeksi. Hal itu mencakup sekolah, pasar, perkantoran, perumahan dan apartemen. Semua akan dievaluasi sehingga kebijakan satgas setempat bisa diterapkan. Pasalnya, banyak keluhan di perumahan elite tertentu, para tracer tidak bisa melakukan tugasnya, sehingga satgas pusat akan memperhatikan hal-hal tersebut.

“Bila memang ada kesulitan, kita akan memberikan semacam diskusi kelompok bersama satgas di sana, yakni kepala desa, Babinasa, Babinkamtibmas, kader PKK, posyandu, karang taruna, pemuka agama, dan masyarakat kita ajak berdiskusi bagaimana membuat program pada kondisi-kondisi tersebut,” ucapnya.

Selain itu, tim supervisi juga memantau langsung penanganan ketika ada warga terinfeksi Covid-19, termasuk saat menjalani karantina, pihak yang memberi makan dan perolehan makanan tersebut. “Meski ada dana desa, tetapi masih kurang desa-desa menggunakan dananya untuk pembiayaan hal-hal tersebut,” ucapnya.

Kemudian, memantau satgas desa menjalani skema 3T yakni testing, tracing, dan treatment. Ketika ada warga yang positif, perlu ada kerja sama satgas dengan puskesmas. Selain itu, melakukan tracing serta karantina. “Semua kegiatan karantina harus menyenangkan, jangan sampai membuat masyarakat terbelenggu dan tidak bisa berbuat apa-apa. Harus ada inovasi,” ucapnya.

Berikut ini desa atau kelurahan yang sudah disepakati oleh dinas kesehatan masing-masing wilayah untuk didatangi tim supervisi.

Pertama, Banten tepatnya di Kelurahan Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Kedua, DKI Jakarta, tepatnya di Kelurahan Krukut, Taman Sari, Jakarta Barat. Ketiga, Jawa Barat, tepatnya di Desa Wangun Harja, Cikarang Utara. Keempat, Jawa Tengah, tepatnya di Desa Karanggeneng, Kabupaten Boyolali. Kelima, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tepatnya Kelurahan Wirokerten, Banguntapan, Bantul. Keenam, Jawa Timur, tepatnya di Desa Sidorukun, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, dan ketujuh, Bali, Desa Padang Sambian Kelod, Denpasar Barat, Kota Denpasar.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Ini Alasan Satgas Kirim Tim Supervisi Pantau PPKM Mikro

Kehadiran tim supervisi untuk merekam di lapangan sehingga dapat dibuat model koordinasi yang sesuai dengan wilayah tersebut.

KESEHATAN | 28 Februari 2021

Satgas: PPKM Mikro Turunkan Penambahan Kasus Positif

PPKM skala mikro mampu menurunkan jumlah penambahan kasus terinfeksi virus SARS-CoV-2.

KESEHATAN | 28 Februari 2021

Dokter Paru: Penderita Covid-19 Harus Banyak Minum Air Putih

Bagi para penderita Covid-19 termasuk yang menjalani isolasi mandiri dan penyintas harus banyak minum air putih.

KESEHATAN | 28 Februari 2021

Perkuat Posko Desa, Satgas Lepas 7 Tim Supervisi Pantau PPKM Mikro

Untuk memperkuat posko desa, Satgas Covid-19 mengirim 7 tim asistensi dan supervisi ke 7 provinsi di Pulau Jawa dan Bali yang sedang menjalankan PPKM Mikro.

KESEHATAN | 28 Februari 2021

Satgas Covid-19 Sebut Implementasi PPKM Mikro Mulai Terlihat

Posko desa akan didampingi Babinsa, Babinkamtibmas, relawan, kader, dan karang taruna untuk melakukan pelacakan kontak agar berjalan optimal.

KESEHATAN | 28 Februari 2021

Sebaran Kasus Harian Covid-19, DKI Jakarta Kembali Tertinggi

DKI Jakarta kembali menjadi provinsi dengan jumlah kasus harian tertinggi pada Minggu (28/2/2021) yakni 2.098.

KESEHATAN | 28 Februari 2021

Siap Terapkan GeNose, Bandara Soetta Tidak Hilangkan Syarat Rapid Antigen dan PCR

AP II hingga kini belum bisa memastikan jumah alat GeNose yang akan dioperasikan di seluruh bandara.

KESEHATAN | 28 Februari 2021

Update Vaksinasi: Warga yang Disuntik Dosis I Bertambah 75.559

Dengan demikian total suntikan yang telah diberikan mencapai 2.690.163 orang.

KESEHATAN | 28 Februari 2021

Update Covid-19: Tambah 5.560, Kasus Positif di Indonesia Jadi 1.334.634

Kasus harian Covid-19 di Indonesia pada Minggu (28/2/2021) bertambah 5.560. Total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia menjadi 1.334.634.

KESEHATAN | 28 Februari 2021

Setahun Berdiri, GrabHealth Sudah Layani 3 Juta Konsultasi Daring

Layanan GrabHealth powered by Good Doctor saat ini didukung oleh ribuan dokter siaga di 80 kota dan 2.000 apotek resmi terpercaya.

KESEHATAN | 28 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS