Logo BeritaSatu

IDI: Perilaku Masyarakat Jadi Kunci Pengendalian Covid-19

Senin, 1 Maret 2021 | 19:25 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Dewan Pakar Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Menaldi Rasmin mengatakan, menjelang setahun bersama Covid-19, perilaku masyarakat perlu menjadi perhatian untuk menetapkan kebijakan ke depannya.

Menaldi menyebutkan, sejauh ini protokol kesehatan (prokes) 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan interaksi, serta menjauhi kerumunan dalam setahun bersama Covid-19 belum sukses diterapkan.

“Masih belum berjalannya 5M di tengah-tengah publik sebetulnya menunjukkan bahwa kita masih mesti berpikir. Ketika angka Covid-19 dunia sudah mulai turun, Indonesia kalau pun turun, tidak turun-turun amat,” kata Menaldi pada konferensi pers tentang Jelang 1 Tahun Pandemi Covid -19 di Indonesia secara virtual, Senin (1/3/2021).

Menaldi menyebutkan, dalam pengendalian Covid-19 ini, kata kuncinya bukan pada pemerintah ataupun petugas kesehatan, melainkan semua masyarakat. Apabila masyarakat patuh prokes, maka penanganan Covid-19 akan lebih cepat.

Akan tetapi, Manaldi juga menyebutkan, apabila publik masih lalai dan tidak patuh terhadap prokes, maka akan muncul masalah baru. Salah satunya, terjadi mutasi virus. Dalam hal ini, apabila terjadi mutasi virus, maka laju pandemi akan semakin sulit untuk dikendalikan. Pasalnya, selain sulit menemukan virus Covid-19, tentu akan sulit mengobati dan mencegah masyarakat yang sudah terinfeksi.

Menaldi menyebutkan, pentingnya 5M karena program vaksinasi merupakan penanganan Covid tahap II untuk membentuk herd immunity atau kekebalan komunitas. Saat ini, vaksinasi tengah berlangsung dengan program vaksinasi tahap II untuk kelompok lansia dan petugas layanan publik.

Kendati demikian, Menaldi menjelaskan, prokes itu penting karena hingga saat ini belum ada obat yang ditemukan untuk menangani Covid-19. Obat yang selama ini ada adalah untuk virus influenza bukan untuk SARS-CoV-2.

“Artinya, kita belum bisa mengandalkan obat sebagai pemutus rantai hubungan antara penularan, maka pemutusan rantai penularan dengan patuh 5M dan vaksinasi,” ucapnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Iriana Jokowi Dijadwalkan Menanam Pohon di Pulau Rinca

Iriana Jokowi melanjutkan kegiatan kunjungan kerjanya di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (29/9/2022), dengan menanam pohon di Pulau Rinca.

NEWS | 29 September 2022

Malaysia Akan Cabut Aturan Wajib Masker di Penerbangan

Malaysia akan mencabut aturan wajib masker di dalam penerbangan yang diberlakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Satgas Covid-19: Kebijakan Wajib Masker Masih Berlaku

Satgas Covid-19 menyatakan, pemerintah belum berencana mencabut kebijakan wajib masker seperti yang dilakukan negara lain.

NEWS | 29 September 2022

Tiongkok Tolak Keras Perbandingan Ukraina dengan Taiwan

Tiongkok bereaksi terhadap perbandingan antara Ukraina dengan Taiwan. Hal itu ditegaskan juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Wang Wenbin.

NEWS | 29 September 2022

Kebanjiran Pengungsi Rusia, Latvia Nyatakan Negara Darurat

Latvia mengumumkan keadaan darurat di dekat perbatasannya dengan Rusia pada Rabu (28/9/2022) setelah kebanjiran pengungsi Rusia.

NEWS | 29 September 2022

TNI AU Selidiki Penemuan Granat Asap dan Peluru di Bekasi

TNI AU masih mendalami penemuan granat asap dan peluru yang ditemukan di sebuah rumah, di Pondokgede, Kota Bekasi, Selasa, 27 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Hari Ini, Jaksel dan Jaktim Berpotensi Diguyur Hujan

BMKG DKI Jakarta menerangkan, potensi hujan disertai petir terjadi di wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore hingga menjelang malam hari.

NEWS | 29 September 2022

Pabrik Keramik di Bekasi Diberi Waktu Perbaiki Pengolahan Limbah

Pabrik keramik PT Sarana Griya Lestari Keramik diberi batas waktu untuk memperbaiki manajemen pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). 

NEWS | 29 September 2022

Berkas Perkara Dinyatakan Lengkap Polri Serahkan Sambo Cs ke Jaksa

Ferdy Sambo dan 11 tersangka lain kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J dan obstruction of justice segera diserahkan ke jaksa.

NEWS | 29 September 2022

Kasus dan Kematian Covid-19 Jakarta sampai 28 September 2022

Infografik tentang data kasus dan jumlah kematian Covid-19 di Jakarta sampai tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Iriana Jokowi Dijadwalkan Menanam Pohon di Pulau Rinca

Iriana Jokowi Dijadwalkan Menanam Pohon di Pulau Rinca

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings