Vaksinasi Covid-19 untuk Duta BPJS Kesehatan Dimulai
Logo BeritaSatu

Vaksinasi Covid-19 untuk Duta BPJS Kesehatan Dimulai

Rabu, 3 Maret 2021 | 12:39 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Sebagai instansi pelayanan publik, pemerintah menetapkan Duta BPJS Kesehatan sebagai penerima vaksin Covid-19 tahap kedua. Pada tahap awal, vaksinasi dilakukan kepada Duta BPJS Kesehatan kantor pusat dan wilayah DKI Jakarta sebanyak 1.569 orang.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti berharap vaksinasi tersebut dapat melindungi Duta BPJS Kesehatan dalam menjalankan tugasnya selama memberikan pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-Kartu Indonesia Sehat (KIS) di lapangan.

“Vaksinasi Covid-19 dilaksanakan bagi seluruh Duta BPJS Kesehatan secara bertahap, kami upayakan vaksinasi Covid-19 dosis pertama bagi Duta BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia selesai dalam bulan ini,” ujar Ali Ghufron usai menjalani vaksinasi Covid-19 di kantor BPJS Kesehatan Kantor Pusat, Jakarta, Rabu (3/3/2021).

Di sisi lain, BPJS Kesehatan juga telah berperan membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19 di Indonesia. Pertama, dengan menjalankan tugas khusus dalam hal pencatatan, verifikasi, penagihan, dan pelaporan klaim Covid-19, yang mencakup seluruh proses penagihan hingga pembayaran klaim Covid-19 kepada seluruh masyarakat Indonesia, baik yang sudah menjadi peserta JKN-KIS ataupun belum menjadi peserta JKN-KIS.

“Selain itu, kami juga menyediakan dan menyampaikan data peserta JKN-KIS yang memiliki riwayat fatalitas Covid-19. Informasi ini disampaikan secara terbatas kepada seluruh pemerintah daerah sehingga diharapkan mampu menjadi data pendukung dalam mengidentifikasi peserta yang memiliki riwayat penyakit komorbid yang berdampak pada fatalitas jika terpapar Covid-19. Kami pun telah menyediakan dashboard yang bisa diakses seluruh pemerintah daerah untuk memonitor dan melakukan evaluasi terkait Program JKN-KIS serta monitoring klaim Covid-19,” papar Ali Ghufron.

Ghufron menambahkan, BPJS Kesehatan juga mendapat penugasan khusus untuk pemanfaatan tele-consultation dalam melakukan kontak dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) melalui aplikasi mobile JKN dan mobile JKN Faskes. Kontak antara pasien dan dokter melalui aplikasi akan dicatat sebagai angka kontak yang diperhitungkan sebagai penilaian kinerja kepada FKTP. Pemanfaatan tele-consultation ini dilakukan sebagai bagian dari upaya meminimalisir kontak langsung seiring dengan kondisi pandemi Covid-19.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga memberikan dukungan sumber data dalam penyusunan target masyarakat yang akan menerima vaksin Covid-19; memberikan informasi pencatatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang meliputi registrasi, screening hingga dokumentasi pelaporan melalui aplikasi P-Care Vaksinasi; serta menyediakan layanan tanpa tatap muka untuk seluruh layanan administrasi Program JKN-KIS.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Bio Farma Sudah Terima 37,5 Juta Dosis Bulk Vaksin dari Sinovac

Bulk vaksin ini akan terus diterima secara bertahap hingga Juli 2021 mendatang.

KESEHATAN | 3 Maret 2021

BPOM Edukasi Milenial soal Obat dan Kosmetika Aman

BPOM berharap dapat terpilih duta kosmetik aman dan duta jamu aman yang dapat menjadi influencer bagi komunitasnya.

KESEHATAN | 3 Maret 2021

Wamenkes: Diagnosa Dini Covid-19 Dapat Cegah Kematian

Keberhasilan Indonesia dalam menangani pandemi Covid-19 adalah kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah untuk melakukan berbagai upaya terbaik.

KESEHATAN | 3 Maret 2021

TNI AD Targetkan Seluruh Prajurit Sudah Divaksin April 2021

Vaksinasi ini dilakukan dalam rangka mendukung program pemerintah guna mencegah penyebaran virus Covid-19

KESEHATAN | 3 Maret 2021

Setahun Covid-19, Perkembangan Grafik Jadi Refleksi Kualitas Penanganan

Masa awal pandemi, grafik perkembangan kasus aktif dan kematian di Indonesia menunjukkan peningkatan tajam.

KESEHATAN | 3 Maret 2021

Menkes: Virus Varian Baru Covid-19 di Indonesia Berasal dari TKI Arab Saudi

Temuan itu didapatkan dari hasil pemeriksaan terhadap 462 sampel dengan metode whole genome sequence.

KESEHATAN | 2 Maret 2021

Kisah Pasien Pertama Covid-19: Bukan Hanya Fisik, Mental Juga Harus Sembuh

Tepat satu tahun lalu, tiga warga Depok, Maria Darmaningsih, Sita Tyasutami, dan Ratri Anindyajati menjadi pasien pertama Covid-19.

KESEHATAN | 2 Maret 2021

Pangkas Antrean Pasien, BPJS Kesehatan Akan Perkuat Sistem Online

Caranya, dengan membangun dan menguatkan inovasi sistem manajemen informasi online, dan nantinya fasilitas kesehatan memakai inovasi ini.

KESEHATAN | 2 Maret 2021

Satgas Covid-19 Minta Masyarakat Jangan Terlena dengan Vaksin

Program vaksinasi hanyalah satu dari berbagai upaya penanganan pandemi yang harus dilakukan bersamaan dengan program lainnya.

KESEHATAN | 2 Maret 2021

Cegah Mutasi Virus dari Inggris, Satgas Perketat Pintu Masuk Indonesia

Prof Wiku juga menyebut pemerintah akan melakukan penelusuran kontak dari kedua pasien B117 tersebut agar penyebaran tidak semakin meluas.

KESEHATAN | 2 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS