Berbahan Etanol dan Ekstrak Bambu, Maztex Sanitizer Efektif Lawan Virus Covid-19
Logo BeritaSatu

Berbahan Etanol dan Ekstrak Bambu, Maztex Sanitizer Efektif Lawan Virus Covid-19

Rabu, 3 Maret 2021 | 20:59 WIB
Oleh : Chairul Fikri / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Beberapa kegiatan publik sudah di mulai seperti biasa kembali, yang terpenting adalah jangan pernah lupa untuk menjaga kesehatan badan. Hal yang saat ini sudah terbiasa kita lakukan adalah rajin mencuci tangan.

Pasalnya, tangan adalah organ tubuh yang digunakan untuk berinteraksi secara langsung, seperti membuka pintu, menekan tombol lift, memegang barang-barang, lalu tanpa tersadar kita juga memakai tangan untuk makan, menyentuh mulut, mengusap mata, yang menyebabkan tangan kita adalah salah satu media penyebaran kuman bakteri, hingga virus berbahaya, bukan untuk diri sendiri, bahkan juga untuk orang lain.

Selain mencuci dengan sabun di air mengalir, upaya membersihkan tangan juga bisa dilakukan dengan hand sanitizer. Salah satu pilihan hand sanitizer adalah Maztex Clean Extra.

Berbeda dengan produk hand sanitizer lainnya, Maztex Clean Extra yang sudah melakukan uji klinis di Takex Co Ltd di Jepang. Maztex mengklaim memiliki bahan utama yakni 75% Food Grade Ethanol jadi aman jika disemprotkan ke makanan, juga mengandung ekstrak Bambu Moso dari Jepang yang mempunyai beragam manfaat. Salah satunya adalah menambah daya tahan atau durabilitas kerja.

"Maztex Clean Extra adalah sebuah produk sanitizer yang aman digunakan di masa pandemi ini. Lantaran selain mengandung etanol yang baik digunakan di makanan, ekstrak bambu diperoleh dari pelepah buluh yang dihancurkan dari Bambu Moso yang tumbuh di Negeri Matahari Terbit dengan menggunakan teknik ekstraksi khusus. Ekstrak bambu ini juga telah disetujui sebagai bahan tambahan makanan oleh Kementerian Kesehatan, Buruh, dan Kesejahteraan Jepang, yang keamanannya terjamin," papar PT Mazta Farma dalam keterangan persnya yang disampaikan Rabu (3/3/2021).

Ditambahkannya, produk yang dihasilkannya itu juga digunakan dalam pengujian SARS-CoV-2 JPN/TY/WK, yang disediakan oleh National Institute of Infectious Diseases (NIID) Jepang. Maztex diuji dengan suhu 25 derajat celcius menggunakan pengukuran titer infeksi (kuantifikasi virus), plaque assay.

"Dalam uji cobanya, sampel Maztex diletakkan di lempengan dengan ukuran 50 x 50 mm. Lempengan disimpan selama 15 hari, lalu digunakan sebagai bahan uji. Pada saat diuji disuntikkan 0,40 ml virus inokulum ke bahan uji berusia 15 hari," Setelah dilapisi dengan polietilen (polyethylene film) dan berada pada suhu 25 derajat celcius dengan tingkat kelembaban tidak kurang dari 90% selama 24 jam, dilakukan penambahan 10 ml wash-out solution ke setiap bahan uji," ungkap PT Mazta Farma dalam keterangannya.

"Metode uji terakhir dengan mengusap permukaan setiap bahan uji dan film untuk membersihkan virus dan mengukur titer infeksi virus dengan plaque assay. Berdasarkan hasil uji tersebut Terkonfirmasi 99.99% virus menjadi nonaktif bahkan sampai 15 hari setelah pengaplikasian hasilnya sangat memuaskan," lanjutnya keterangan itu.

PT Mazta Farma yang merupakan distributor eksklusif di Indonesia dan sudah mendapatkan notifikasi/izin edar dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemkes RI), selalu berupaya memberikan layanan dan kepuasan terbaik kepada para pelanggan di Tanah Air.

"Selama ini fokus usaha perusahaan bergerak di bidang kesehatan, terutama produk estetika/skincare, alat kesehatan dan suplemen kesehatan, serta pengembangan ke usaha-usaha lainnya, seperti pabrik produk perawatan kulit, logistik/distribusi produk, dan agrikultur. Namun begitu, dalam upaya melindungi diri, kerabat, dan keluarga tercinta dari infeksi virus Covid-19, kita harus tetap dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dari pemerintah, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun (3M)," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Kemkes Belum Dapat Laporan Tingkat Keganasan Varian Baru Covid-19

Berdasarkan beberapa penelitian di negara lain, varian baru B117 UK ini disebutkan lebih cepat menular namun tidak lebih mematikan.

KESEHATAN | 3 Maret 2021

Menristek Serahkan Genose kepada Wapres

Menristek Bambang menjelaskan Genose mengkombinasikan teknologi kesehatan dengan teknologi kecerdasan artifisial yang akan menjadi tren teknologi masa depan.

KESEHATAN | 3 Maret 2021

IDI Berharap Layanan Vaksinasi Drive Thru Halodoc Direplikasi di Semua Daerah

Dengan begitu target pemerintah untuk tuntaskan vaksinasi Covid-19 pada 31 Desember 2021 akan segera tercapai.

KESEHATAN | 3 Maret 2021

Kemkes Tegaskan Peran Swasta Penting dalam Program Vaksinasi Covid-19

Kalau cuma Kementerian Kesehatan, mungkin baru 10 tahun selesai.

KESEHATAN | 3 Maret 2021

Halodoc Hadirkan Pos Pelayanan Kesehatan Vaksinasi Covid-19 Metode Drive Thru

Halodoc hari ini resmi menghadirkan pos pelayanan kesehatan vaksinasi Covid-19 melalui metode drive thru.

KESEHATAN | 3 Maret 2021

18 Provinsi Laporkan Jumlah Sembuh Lebih Banyak Dibanding Kasus Harian Covid-19

Sebanyak 18 provinsi melaporkan jumlah pasien sembuh lebih banyak dibanding kasus harian Covid-19 pada Rabu (3/3/2021).

KESEHATAN | 3 Maret 2021

Update Covid-19: Tambah 6.808, Kasus Positif di Indonesia Jadi 1.353.834

Kasus harian Covid-19 di Indonesia pada Rabu (3/3/2021) berjumlah 6.808. Total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia menjadi 1.353.834.

KESEHATAN | 3 Maret 2021

Waspada Salah Cara Merawat Organ Telinga

Banyak orang melakukan hal yang salah dalam merawat organ telinga.

KESEHATAN | 3 Maret 2021

Juli, Menkes Targetkan Satu Juta Orang Divaksinasi Covid-19 Per Hari

Untuk dapat menjangkau target 1 juta per hari, maka latihannya harus dimulai dari sekarang.

KESEHATAN | 3 Maret 2021

Menkes Budi Sadikin: Juni, 20% Masyarakat Sudah Divaksin Covid-19

Menkes meminta masyarakat untuk bersabar menunggu proses vaksinasi Covid-19 yang tengah berlangsung.

KESEHATAN | 3 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS