Dihadiri Menkes, PGI Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk 300 Lansia dan Rohaniwan
Logo BeritaSatu

Dihadiri Menkes, PGI Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk 300 Lansia dan Rohaniwan

Kamis, 4 Maret 2021 | 20:29 WIB
Oleh : Natasia Christy Wahyuni / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Sekitar 300 orang lansia dan rohaniwan menerima vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan di kantor Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Grha Oikoumene, Jakarta, Kamis (4/3/2021). Proses vaksinasi dimulai sejak pukul 09.00 WIB dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Ketua Umum PGI, Pdt. Gomar Gultom mengatakan, sangat bersyukur dan berterima kasih khususnya kepada Kementerian Kesehatan karena memberikan kepercayaan untuk pelaksanaan program vaksinasi.

“Bagi kami di PGI demikian pula gereja-gereja di seluruh Indonesia melihat vaksin ini merupakan panggilan iman kita untuk mensukseskan program vaksinasi karena di tengah ketidakpastian kapan pandemi ini akan berakhir,” kata Gomar dalam keterangan yang diterima Beritasatu.

Gomar mengatakan, salah satu hasil dari vaksinasi ini adalah meningkatkan daya tahan tubuh. “Sebab itu, segala upaya untuk menghentikan penyebarannya harus didukung dan diupayakan,” lanjutnya.

Gomar menambahkan vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan PGI juga melibatkan tenaga kesehatan yang terlatih dari RS PGI Cikini, RS FK UKI, dan Persekutuan Dokter GBI. Kegiatan serupa juga akan dilaksanakan bersama antara lain dengan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Pondok Indah dan Jakarta Praise Community Church (JPCC).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin hadir langsung dalam program vaksinasi PGI. Dalam kesempatan itu, Menkes didampingi Majelis Pekerja Harian (MPH) PGI juga berdialog dengan seluruh peserta vaksinasi.

Menkes mengatakan, banyak lansia yang harus menerima vaksinasi, sehingga pemerintah tidak mungkin melakukan program itu sendiri. Menurut Menkes, tidak mungkin Kemkes melakukannya secara eksklusif, tetapi juga harus melakukannya secara inklusif.

“Tidak mungkin kita melaksanakannya hanya dalam bentuk program, tetapi harus membangun bersama seluruh komponen bangsa. Sebab itu, kami berharap dapat disampaikan ke seluruh anggota PGI sehingga seluruh jemaatnya yang lansia bisa segera divaksinasi,” ujarnya.

Menkes menambahkan, tantangan dalam menghadapi pandemi Covid-19 adalah perubahan perilaku yaitu untuk mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Menkes menegaskan ajakan untuk perubahan perilaku hanya bisa diajarkan oleh seorang ibu, guru, dan tokoh agama.

“Jadi itulah sebabnya Kemkes melakukan pendekatan kepada lembaga-lembaga keagamaan karena merekalah yang dapat menggerakan perubahan perilaku, termasuk untuk mau divaksin. Kami meminta pada PGI, sebelumnya pada KWI dan tokoh-tokoh pemuka agama untuk membantu pemerintah dalam menyebarkan proses vaksinasi, khususnya bagi lansia dan warganya,” kata Budi.

Gubernur Sulawesi Utara sekaligus salah satu ketua MPH PGI, Olly Dondokambey, mendukung kerja sama proses vaksinasi untuk seluruh gereja-gereja di Indonesia. “Kita ikut membantu pemerintah dalam mempercepat memutus rantai pandemi ini,” katanya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

19.845 Posko Terbentuk pada Pelaksanaan PPKM Mikro di Jawa dan Bali

Posko yang paling banyak terbentuk di Jawa Barat sebanyak 6.873 posko, Jawa Tengah ada 6.475 posko, dan Jawa Timur ada 4.216 posko.

KESEHATAN | 4 Maret 2021

Update Vaksinasi: Warga yang Disuntik Dosis Pertama 2,286 Juta Orang

Petugas publik yang sudah divaksin dosis pertama 479.119 orang atau 2,7% dari target.

KESEHATAN | 4 Maret 2021

Setahun Pandemi, Hanya 4 Kabupaten di Indonesia yang Tidak Terdampak Covid-19

Hanya empat kabupaten/kota tanpa kasus baru, dan hanya empat kabupaten/ kota tidak terdampak.

KESEHATAN | 4 Maret 2021

Satgas: Mulai Februari 2021, Covid-19 Menyebar ke Luar Jawa

Berdasarkan evaluasi selama 11 bulan ini, provinsi di Pulau Jawa dan Bali terus berkontribusi tinggi dalam jumlah kasus Covid-19 di Indonesia.

KESEHATAN | 4 Maret 2021

Aplikasi Mobile JKN Layani Registrasi Autodebit Iuran

Lewat fitur tersebut, peserta JKN-KIS dapat dengan mudah dan aman melakukan registrasi autodebit iuran JKN-KIS lewat Mobile JKN.

KESEHATAN | 4 Maret 2021

Menkes Ajak Swasta Lahirkan Inovasi Layanan Vaksinasi Drive Thru

Menkes Budi Gunadi Sadikin meminta Halodoc dan Gojek melahirkan inovasi Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19 melalui mekanisme drive thru memakai sepeda motor.

KESEHATAN | 4 Maret 2021

Satgas: Vaksin Sinovac Efektif Lawan Mutasi Virus asal Inggris

Oleh karena itu, Wiku meminta masyarakat tidak perlu khawatir terkait dengan dampak masuk Covid-19 B117 terhadap efikasi vaksin.

KESEHATAN | 4 Maret 2021

Update Covid-19: Tambah 7.264, Kasus Positif di Indonesia Jadi 1.361.098

Kasus harian Covid-19 di Indonesia pada Kamis (4/3/2021) dilaporkan berjumlah 7.264. Total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia menjadi 1.361.098.

KESEHATAN | 4 Maret 2021

Pakar: Kelompok Lansia dengan Komorbid Boleh Divaksinasi Asalkan Penyakitnya Terkendali

Pasalnya, komorbid pada kelompok lansia merupakan suatu hal yang biasa.

KESEHATAN | 4 Maret 2021

Universitas Osaka Siap Bantu ITB Kembangkan Vaksin Merah Putih

Kami dari RIMD bekerja sama untuk mendukung pihak ITB agar bisa mengembangkan vaksin yang akan dimanfaatkan di Indonesia

KESEHATAN | 4 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS