Menteri Kesehatan Ungkap Tantangan Penangulangan Covid-19
Logo BeritaSatu

Menteri Kesehatan Ungkap Tantangan Penangulangan Covid-19

Jumat, 5 Maret 2021 | 10:15 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Herd immunity atau kekebalan kelompok merupakan upaya menghentikan laju penyebaran virus dengan cara membiarkan imunitas alami tubuh. Sehingga, daya tahan atau imunitas diharapkan akan muncul dan virus akan reda dengan sendirinya.

Dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19 di Tanah Air, pemerintah berupaya agar herd immunity dapat segera terbentuk melalui vaksinasi yang dilakukan secara masif.

"Tantangannya satu, banyak yang rebutan di seluruh dunia. Banyak negara yang belum dapat, even baru mulai. Kita dibanding negara Asia dan negara maju, Alhamdulillah bisa mulai," demikian disampaikan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin dalam dialog bertema Digitalisasi Percepatan Vaksinasi yang diselenggarakan KPCPEN - FMB9 secara daring pada hari Kamis (4/3/2021).

Budi juga mengatakan, dalam 6 bulan ke depan Indonesia akan mendapat total sekitar 90 juta dosis dari total kebutuhan sekitar 362 juta dosis untuk 181 juta rakyat Indonesia. Ini berarti sampai dengan bulan September 2021, baru sekitar 45 juta masyarakat yang menerima vaksinasi.

"Program ini harus selesai dalam waktu 1 tahun sesuai arahan Bapak Presiden," tegas Menkes.

Untuk memenuhi target itulah, Menkes Budi memastikan bahwa pemerintah akan berkolaborasi dengan berbagai pihak agar program vaksinasi ini dapat selesai sesuai dengan yang direncanakan. Adapun kolaborasi yang akan dan sudah dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan, adalah kerjasama antarinstansi pemerintah, kementerian/lembaga dan swasta.

"Dan sayapun sudah merangkul TNI. Jadi sekarang TNI dan Polri sudah menyuntikkan sendiri ke tenaga mereka, karena mereka ternyata memiliki tenaga kesehatan yang banyak sekali," jelasnya.

Selain kolaborasi, Menteri Kesehatan juga memanfaatkan teknologi untuk mempercepat dan memudahkan pelaksanaan vaksinasi agar selesai tepat waktu. Caranya, dengan menggandeng aplikasi untuk menyederhanakan proses administrasi sehingga dapat memperbanyak titik-titik penyelenggaraan vaksinasi, termasuk dalam bentuk drive thru.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia Perlu Perhatian Khusus

Lokasi penyuntikan vaksin bagi lansia tidak terlalu jauh dari tempat tinggalnya sehingga mereka tidak kelelahan dalam perjalanan.

KESEHATAN | 5 Maret 2021

Kemkes: Vaksinasi Gotong Royong Menunggu Vaksin Tersedia

Proses pengadaan dan pendistribusian dilakukan olehPT Bio Farma bersama Kementerian Badan usaha milik negara (BUMN).

KESEHATAN | 5 Maret 2021

Per Kamis, 2, 77% Petugas Pelayanan Publik Sudah Divaksinasi Covid-19

Vaksinasi Covid-19 tahap II untuk dosis pertama per Kamis (4/3/2021) sudah menyasar 2,77 % untuk petugas pelayanan publik dan 0,77% untuk lansia.

KESEHATAN | 5 Maret 2021

Satgas Covid-19: Varian Baru Jadi Pembelajaran Berharga untuk Indonesia

Varian baru B117 asal Inggris menjadi pembelajaran berharga bagi Indonesia untuk mengintensifkan pelaksanaan upaya antisipasi impor kasus.

KESEHATAN | 4 Maret 2021

Presiden: PPKM Skala Mikro Efektif Turunkan Kasus Positif Covid-19

Berdasarkan sejumlah parameter penanganan pandemi, per 3 Maret 2021 kasus aktif di Indonesia berada pada angka 11,11 persen.

KESEHATAN | 4 Maret 2021

Satgas Covid-19 Terima Laporan Penyaluran Dana Desa untuk PPKM Mikro Belum Merata

Satgas Covid-19 telah mengirim 7 tim supervisi untuk memantau langsung kebijakan satgas tingkat desa dan kelurahan dalam PPKM mikro.

KESEHATAN | 4 Maret 2021

Mensos Serahkan Hasil Lelang Barang HTT ke Lansia dan PPKS

Kementerian Sosial menyerahkan secara simbolis barang Hadiah Tidak Tertebak dan paket bantuan untuk Lanjut Usia kepada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial .

KESEHATAN | 4 Maret 2021

Antisipasi Muncul Varian Baru Covid-19, Satgas Minta Masyarakat Kurangi Mobilitas

Untuk mencegah dampak negatif mutasi virus Covid-19, semua harus proaktif untuk melindungi diri sendiri maupun orang di sekitar dengan mengurangi mobilitas.

KESEHATAN | 4 Maret 2021

Presiden: Tidak Perlu Khawatir dengan Virus Varian Baru Covid-19

Belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa varian baru ini lebih mematikan

KESEHATAN | 4 Maret 2021

Ini Penjelasan Satgas Tentang Mutasi Virus Covid-19

Menurut Satgas Covid-19 agar masyarakat mengerti terkait dengan mutasi virus, maka perlu dipelajari hal dasar tentang virus berdasarkan kajian ilmiah.

KESEHATAN | 4 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS