Kasus Covid-19 Turun, Epidemiolog: Tetap Lanjutkan 3T
Logo BeritaSatu

Kasus Covid-19 Turun, Epidemiolog: Tetap Lanjutkan 3T

Minggu, 7 Maret 2021 | 15:07 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Data Satgas Penanganan Covid-19 menunjukkan bahwa tren kasus Covid-19 di Indonesia menurun. Hal itu diakui oleh Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Pandu Riono. Ia mengakui memang kasus baru harian Covid-19 menurun, begitu juga dengan orang yang dirawat di rumah sakit menurun. Namun, kasus kematian belum menurun.

Dalam fase seperti ini, menurutnya, pengujian, pelacakan dan isolasi atau testing, tracing, treatment (3T) harus ditingkatkan yang diperkuat dengan sistem surveillance (pengawasan). Semuanya kemudian dilaporkan secara terbuka, baik yang dites dengan tes swab polymerase chain reaction (PCR) maupun lewat antigen.

“Jadi kita tahu berapa persen yang positif yang berhasil dikonfirmasi dengan PCR dan berapa persen yang lewat antigen. Namun sayang untuk pelacakannya saat ini memang belum optimal. Ini dikarenakan masih banyak masyarakat yang tidak bersedia dilakukan pelacakan,” urai Pandu kepada Beritasatu.com, Minggu (7/3/2021).

Menurutnya selama ini Indonesia memang gagal mengajak peran serta masyarakat. Seandainya mereka diajak maka penolakan itu tidak akan ada. Makanya ia menyarankan untuk melakukan pelacakan kasus (tracing) jangan menggunakan petugas keamanan seperti Babinsa atau Babinkamtibmas karena masyarakat akan takut dengan sosok tersebut.

“Sebaiknya pakailah petugas yang memang dilatih khusus atau tokoh masyarakat dan agama dan kader kesehatan yang dilatih. Setiap wilayah itu ada kader Posyandu, kader PKK, dan lainnya yang ada di sekitar masyarakat. Jadi masyarakat sudah mengenal baik dan bersedia,” terang Pandu.

Ia menjelaskan perkembangan mutasi virus B117 asal Inggris ini memang sudah mendominasi di dunia. Ini berbeda dengan masuknya ke Indonesia yang belum cukup lama dan belum mendominasi, namun tetap saja dikhawatirkan karena bisa saja semakin bila ada banyak yang tertular.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

PPKM Mikro Diperpanjang, Satgas: Lihat Saja Hasilnya

Baginya lebih baik melihat saja hasil yang dilakukan satuan petugas dan pemerintah selama ini berbuat apa saja ke depan.

KESEHATAN | 7 Maret 2021

Peran Nutrigenomik dalam Program Diet

Nutrigenomik adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara faktor genetik dengan nutrisi yang memiliki komposisi spesifik.

KESEHATAN | 7 Maret 2021

Siloam Hospitals Group Dukung Vaksinasi Lansia DKI Jakarta

“Oleh karena itu, Siloam siap mendukung setiap program pemerintah demi Indonesia yang lebih sehat dan baik,” ungkap dr Harijanto

KESEHATAN | 7 Maret 2021

Prihatin Vaksinasi Baru Capai 10%, Gubernur Babel Bentuk Tim Percepatan

Beberapa pihak lambat merespons dan mengabaikan percepatan pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat.

KESEHATAN | 7 Maret 2021

Kemkes: Masih Ada Masyarakat yang Tak Mau Dilacak

Nantinya mereka didukung unsur lainnya seperti para kader untuk dikerahkan membantu tracing penyebaran Covid-19 di masyarakat.

KESEHATAN | 7 Maret 2021

Lagi, Seorang Dokter Meninggal Terinfeksi Covid-19

dr Rizqan Imam Noor bertugas di Puskesmas Muara Rapak sejak tahun 2015.

KESEHATAN | 7 Maret 2021

Pasien Penyakit Ginjal Kronis Direkomendasikan untuk Divaksinasi Covid-19

PB PAPD merekomendasikan agar para pasien penyakit ginjal kronis dapat divaksinasi Covid-19.

KESEHATAN | 6 Maret 2021

20.000 Karyawan Angkasa Pura II Divaksinasi Covid-19

Program vaksinasi terhadap seluruh karyawan Angkasa Pura II akan tuntas pada akhir Maret 2021 atau minggu pertama April 2021.

KESEHATAN | 6 Maret 2021

Pimpinan BPK Ikuti Vaksinasi Covid-19

Ketua BPK Agung Firman Sampurna bersama pimpinan BPK lainnya menjalani vaksinasi Covid-19 di Kantor Pusat BPK, Jakarta, Jumat (5/3/2021).

KESEHATAN | 6 Maret 2021

3,13% Petugas Pelayanan Publik Sudah Divaksinasi

Perkembangan vaksinasi Covid-19 tahap II dosis pertama per Sabtu (6/3/2021) sudah menyasar 3,13% untuk petugas pelayanan publik.

KESEHATAN | 6 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS