Ini, Tantangan Masyarakat Asia dalam Peningkatan Kesehatan pada Masa Pandemi
Logo BeritaSatu

Ini, Tantangan Masyarakat Asia dalam Peningkatan Kesehatan pada Masa Pandemi

Jumat, 2 April 2021 | 08:43 WIB
Oleh : Indah Handayani / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Prudential Indonesia mengumumkan hasil studi The Pulse of Asia-The Health of Asia Barometer. Studi yang merupakan sebuah kolaborasi riset antara Prudential Corporation Asia dan sebuah grup perusahaan jasa keuangan terkemuka di Inggris, The Economist Intelligence Unit, ini mengungkap berbagai tantangan yang dihadapi masyarakat di Asia termasuk Indonesia, dalam meningkatkan kesehatan mereka dan memperlihatkan peran teknologi digital untuk menjawab tantangan tersebut, khususnya pada masa pandemi ini.

Studi yang melibatkan 5.000 orang dewasa di 13 pasar di Asia antara Agustus dan September 2020 tersebut mengungkap, keterbatasan finansial serta akses ke fasilitas kebugaran dan olah raga menjadi dua tantangan terbesar bagi masyarakat di Asia, termasuk Indonesia, dalam upaya meningkatkan kesehatan mereka selama setahun ke depan.

Dalam hal kesiapan menghadapi krisis akibat kondisi medis, hanya 29% responden dari Indonesia yang mengaku siap menghadapi tantangan tersebut, paling rendah dibanding tingkat kesiapan masyarakat di negara Asia lainnya.

Peran Teknologi
Di sisi lain, studi ini juga mengungkap peran teknologi digital untuk menjawab tantangan serta kesenjangan kesehatan. Hasil studi mengungkap bahwa tingkat penerimaan teknologi kesehatan digital pribadi di Indonesia lebih tinggi dibanding negara Asia lainnya, dengan lebih dari setengah (54,3%) responden dari Indonesia terbuka untuk pemanfaatan teknologi ini.

Tingkat ini di atas rata-rata tingkat penerimaan masyarakat di Asia yang hanya sebesar 43,9%.

Lebih lanjut lagi, media sosial menjadi sumber informasi yang paling umum digunakan di Indonesia dan tingkat pemanfaatannya sebagai sumber informasi kesehatan bahkan menjadi yang terbesar di Asia, setingkat dengan Thailand.

Menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang dirilis di November 2020, sebagian besar masyarakat Indonesia memang memilih mengakses internet melalui ponsel.

Dari jumlah pengguna internet di Indonesia yang mencapai 196,7 juta dari total populasi, sebanyak 95,4% menggunakan perangkat smartphone untuk mengakses internet.

Menelisik lebih dalam data The Pulse of Asia-The Health of Asia Barometer mengungkap bahwa peran teknologi digital akan makin besar untuk membantu meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia.

Mayoritas atau 67% responden di Indonesia mengatakan bahwa aplikasi kesehatan mobile bermanfaat bagi mereka untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan dan 68,7% responden Indonesia mengatakan bahwa mereka akan menggunakan lebih banyak teknologi kesehatan digital pribadi selama tiga tahun ke depan untuk meningkatkan kesehatan mereka.

Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia mengatakan, pihaknya terus berupaya mewujudkan aspirasi dalam membantu masyarakat hidup lebih sehat dan sejahtera agar bisa mendapatkan yang terbaik dalam hidupnya. Salah satu cara mewujudkannya adalah melalui transformasi digital berupa aplikasi mobile Pulse by Prudential.

“Aplikasi ini menjadi bagian dari strategi besar kami untuk mewujudkan aspirasi tersebut dan juga menjawab tantangan kesehatan serta membantu menjembatani kesenjangan perlindungan kesehatan di Indonesia,” tutup dia.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Efektivitas Vaksin Covid-19 CanSino Dosis Tunggal Bisa Menurun

CanSino Biologics Inc dari Tiongkok menyatakan tingkat kemanjuran vaksin Covid-19 dosis tunggalnya dapat turun seiring waktu.

KESEHATAN | 2 April 2021

Kemkes: Rumah Tangga di Indonesia Dominan Gunakan Air Isi Ulang

Konsumsi air isi ulang mendominasi pilihan kelompok rumah tangga di Indonesia.

KESEHATAN | 1 April 2021

8,3 Juta Orang Sudah Divaksinasi Covid-19

Kementerian Kesehatan menyatakan, total jumlah penerima vaksinasi Covid-19 dosis 1 sampai hari ini, Kamis (1/4/2021) pukul 12.00 WIB mencapai 8,3 juta orang.

KESEHATAN | 1 April 2021

Stok Vaksin Covid-19 Diprioritaskan untuk Guru dan Lansia

Stok vaksin Covid-19 sebanyak 11,9 juta dosis diperuntukkan untuk lansia serta guru.

KESEHATAN | 1 April 2021

Bio Farma: Bulan Ini Stok Vaksin Indonesia Bertambah Jadi 11,9 Juta Dosis

Bio Farma tengah melakukan usaha percepatan dan penambahan kapasitas produksi vaksin Covid-19.

KESEHATAN | 1 April 2021

Tim Supervisi Sebut Kebijakan PPKM Mikro Permudah Monitoring

Kebijakan pengendalian Covid-19 hingga tingkat desa dan kelurahan bertujuan untuk adalah memonitor pengendalian Covid-19 hingga level bawah.

KESEHATAN | 1 April 2021

Kasus Covid-19 Turun, Satgas Ingatkan Masyarakat Tetap Waspada

Masyarakat harus tetap waspada karena penurunan kasus belum mencapai angka terendah.

KESEHATAN | 1 April 2021

Tim Supervisi PPKM Mikro Minta Masyarakat Sadar Bahaya Covid-19

Masyarakat harus hidup berdampingan bersama Covid-19, yang berarti, harus patuh terhadap protokol kesehatan (prokes).

KESEHATAN | 1 April 2021

Update Tes Covid-19, Jumlah Spesimen Diperiksa Hari Ini 72.794

Kementerian Kesehatan melaporkan hari ini, Kamis (1/4/2021) jumlah spesimen Covid-19 yang diperiksa sebanyak 72.794.

KESEHATAN | 1 April 2021

Update Covid-19: Tambah 6.142, Kasus Positif di Indonesia Jadi 1.517.854

Kementerian Kesehatan melaporkan kasus harian Covid-19 di Indonesia Kamis (1/4/2021) yakni 6.142. Total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 1.517.854.

KESEHATAN | 1 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS