Logo BeritaSatu

PWI Gandeng Alodokter Edukasi Masyarakat tentang Pentingnya Air Bersih

Minggu, 25 April 2021 | 17:33 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal S Depari mengatakan, air memiliki peran sangat penting untuk tubuh. Bahkan, organ-organ penting di dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa air yang cukup dan berkualitas.

Atal menyebutkan, sejauh ini pemahaman masyarakat akan pentingnya air minum berkualitas dari tubuh masih sangat minim. Oleh karena itu, PWI menggandeng Alodokter membuat kelas jurnalis bertujuan untuk mengedukasikan masyarakat. “PWI bersama dengan Alodokter membuat acara kelas jurnalis yang bertujuan mengedukasi masyarakat luas sehingga lebih cermat memilih air untuk dikonsumsi,” kata Atal pada kegiatan Kelas Jurnalis dengan tema “Peran Media Dalam Mengedukasi Masyarakat Mengenai Perilaku Hidup Bersih Melalui Pemahaman Air Minum Terstandarisasi belum lama ini.

Sementara itu, Founder dan pimpinan Indonesia Water Institute (IWI) sekaligus Staf Ahli Kementerian Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rumah (Kempupera) bidang ESDM, Firdaus Ali mengatakan, khusus pada masa pandemi Covid-19 ini, masyarakat semakin membutuhkan air bersih untuk dikonsumsi. Saat ini terjadi peningkatan konsumsi air minum dalam kemasan (AMDK) sebagai alternatif sumber air minum. “Tahun lalu, sekitar 88% responden kami menggunakan kemasan galon dan sisanya menggunakan beragam jenis kemasan, seperti botol dan gelas,” ucapnya.

Firdaus menuturkan, masyarakat dianjurkan terus melakukan pengecekan keamanan dan kualitas air kemasan, dengan memperhatikan produsen air minum yang telah memiliki sertifikasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), melihat tempat penyimpanan airnya, pengelolaannya dan lokasi pendistribusiannya.

Firdaus menegaskan, kesehatan masyarakat merupakan salah satu faktor terpenting untuk membangun ketahanan dan daya saing nasional. Kesehatan masyarakat berkaitan erat dengan kualitas air minum yang dikonsumsi setiap harinya. Maka dari itu, pemahaman akan pola hidup bersih dan menjaga asupan yang sehat dapat membantu Indonesia melahirkan sumber daya manusia unggul di masa depan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Lin Che Wei


# UAS


# Cabul


# Atribut Keagamaan


# Tes Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Airlangga Optimistis Koalisi Indonesia Bersatu Menang Pemilu

Airlangga Optimistis Koalisi Indonesia Bersatu Menang Pemilu

NEWS | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings