Logo BeritaSatu

Larang Salat Pakai Masker, Kemkes: Sanksi Kami Serahkan ke Pemda Setempat

Selasa, 4 Mei 2021 | 21:48 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Kesehatan (Kemkes) menyerahkan kepada pemerintah daerah (pemda) terkait sanksi atas kasus warga yang dilarang salat karena memakai masker di Bekasi.

Publik memang mempertanyakan tidak ada sanksi dan selesai “hanya dengan materai Rp 10.000”. Ada desakan meski sudah ada permintaan maaf, proses hukum seharusnya tetap berjalan sesuai Undang-Undang yang berlaku.

"Untuk sanksi kami serahkan kepada pemerintah daerah. Hal itu dikarenakan pelaksanaan ibadah di rumah ibadah, pihak Satgas sudah koordinasi dengan MUI, Dewan Masjid Indonesia, PBNU, Muhammadiyah, bahkan sudah ada fatwa MUI dan surat Kementerian Agama," ucap Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemkes) Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers virtual pada Selasa (4/5/2021).

Ia meminta pengurus masjid mengikuti pedoman beribadah yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Agama, Nadia juga menegaskan aturan mengenai beribadah saat bulan Ramadhan juga telah dikeluarkan lewat fatwa MUI.

"Kita tahu sudah ada aturan SE 3/2021 dari Kemag dan fatwa MUI. Tentunya ini jadi pedoman kita semua dalam pelaksanaan ibadah di masa pandemi ini," jelasnya.

Imbas peristiwa pelarangan masker ini, Siti Nadia meminta Satgas Covid-19 tingkat kelurahan melakukan pengawasan. Dia meminta pengawasan dilakukan secara ketat.

Selain itu juga jelas menjelaskan kegiatan yang dilakukan dan menghasilkan adanya klaster tarawih sudah ditutup sementara. Jadi sudah tidak ada lagi ibadah yang dilakukan di lokasi yang menimbulkan klaster covid-19 terbaru.

Menurutnya adanya pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro sudah memberikan hasil yang sangat baik, yakni laju penularan dan kasus konfirmasi positif Covid-19 bisa ditekan. Hal ini harus dipertahankan, apalagi program PPKM mikro sudah diterapkan hingga desa bahkan keluaran.

"Itu berarti sudah pada level paling kecil dan paling dekat dengan masyarakat, artinya bagaimana aparat pemerintah bekerja sama dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk memastikan protokol kesehatan tidak boleh kendor," urai Siti.

Namun ketika terjadi penambahan klaster baru, ada langkah-langkah yang hrus dilakukan segera. Kemkes bekerja sama dengan Satgas Penanganan Covid-19 melakukan komunikasi yang intensif dengan seluruh kepala satgas Covid-19 di Provinsi dan Kabupaten/kota untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi lonjakan kasus.

Memastikan berbagai aturan yang sudah ada ditegakkan sesuai dengan protokol, mengambil tindakan-tindakan yang komprehensif untuk memastikan bahwa pemerintah siap mengantisipasi kondisi tersebut.

Selanjutnya, menyiapkan fasilitas pelayanan kesehatan sehingga benar-benar siap ketika ada penambahan kasus, dan terakhir memperkuat testing, tracing, isolasi, agar masyarakat yang positif dipisahkan supaya tidak menyebar lebih lanjut dari masyarakat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pengacara Lukas Enembe Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Pengacara Gubernur Papua Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening dilaporkan oleh Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw.

NEWS | 29 September 2022

Perindo Bidik 20% Kursi DPRD di Kalimantan Timur

Hary Tanoesoedibjo (HT) membidik perolehan 20 persen kursi legislatif atau DPRD provinsi dan kabupaten/kota di Kalimantan Timur (Kaltim) untuk Perindo.

NEWS | 29 September 2022

Tokoh Adat Papua Imbau Semua Pihak Jaga Situasi Damai

Tokoh adat dari Sentani, Jayapura, Papua, Yanto Eluay mengimbau semua pihak di Tanah Papua untuk menjaga situasi damai.

NEWS | 29 September 2022

Jokowi Minta Kepala Daerah Ajak Masyarakat Berwisata di Dalam Negeri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepala daerah mengajak masyarakat untuk melakukan wisata di dalam negeri.

NEWS | 29 September 2022

Ini Tips Investasi Aman dan Legal di Era Digital

Dibutuhkan pemahaman yang baik dan tepat mengenai ragam investasi secara digital tersebut agar terhindar dari kerugian.

NEWS | 29 September 2022

Skor Efektivitas Pemerintahan Modal Wujudkan Birokrasi Kelas Dunia

Peningkatan skor efektivitas pemerintahan di Indonesia versi Bank Dunia, menjadi modal besar bagi pemerintah menciptakan visi birokrasi kelas dunia.

NEWS | 29 September 2022

Abdillah Toha Nilai Mahfud MD Sosok Bersih dan Tegas

Cendekiawan muslim Abdillah Toha menilai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebagai sosok yang bersih dan tegas.

NEWS | 29 September 2022

Jokowi Tegaskan Percepat Belanja Produk Dalam Negeri

Presiden Jokowi meminta seluruh jajaran terkait  mempercepat realisasi komitmen belanja produk dalam negeri.

NEWS | 29 September 2022

Urgensi Negara Islam Berubah, Palestina Berdaulat Sudah Bukan yang Utama

Urgensi negara-negara Islam atau negara dengan banyak penduduk Islam telah berubah, tak lagi mengutamakan Palestina yang berdaulat.

NEWS | 29 September 2022

DPR Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Puan: Komitmen Selamatkan Bumi

DPR telah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk memenuhi kebutuhan tambahan listrik gedung wakil rakyat.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Inul Pernah Nasihati Rizky Billar Agar Tak Sakiti Lesti Kejora

Inul Pernah Nasihati Rizky Billar Agar Tak Sakiti Lesti Kejora

LIFESTYLE | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings