Logo BeritaSatu

Satgas Pastikan Data 61% Pemudik Positif Covid-19 dari Hasil Skrining Sejak 22 April

Kamis, 13 Mei 2021 | 18:35 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menjelaskan, penemuan 4.123 orang positif Covid-19 atau 61% dari 6.742 pemudik berdasarkan hasil skrining yang dilakukan pihak kepolisian.

"Saya ingin kembali menginformasikan bahwa skrining kepada masyarakat yang dilakukan oleh pihak kepolisian dalam beberapa kegiatan operasi melakukan testing pada PPKM mikro, tidak hanya dari periode peniadaan mudik yang dimulai 6 Mei, namun dari berbagai operasi sejak tanggal 22 April 2021," kata Wiku menjawab pertanyaan Beritasatu.com dalam jumpa pers daring, Kamis (13/5/20021).

Ia menegaskan kembali, bahwa skrining dilakukan bukan sejak 6 Mei 2021 atau pada saat pemberlakuan larangan masyarakat mudik lebaran, tetapi sejak 22 April 2021.

Menurutnya, berdasarkan data akumulasi yang dikumpulkan dari kegiatan operasi tersebut, terdapat lebih dari 4.000 masyarakat yang positif. Angka ini akan mengalami perubahan atau bertambah terus nantinya seiring dengan berjalannya skrining selama kegiatan operasi yang masih terus berjalan tersebut.

"Oleh karena itu, saya meminta kepada masyarakat untuk memastikan dalam kondisi sehat dalam setiap aktivitas dan tetap mematuhi protokol kesehatan sehingga dapat terhindar dari penularan Covid-19," ungkap Wiku.

Pada prinsipnya, perhatian Satgas Covid-19 adalah memastikan bahwa penyekatan-penyekatan yang terjadi. Pihaknya juga memastikan bahwa di setiap titik itu pemudik tidak memaksakan diri kalau tidak sehat.

"Makanya saya katakan jangan worry dengan keadaan itu. Itulah maksud kami untuk jangan sampai semua yang sakit akhirnya dites juga positif. Ini jadinya kan seperti kita akan menggarami laut. Oleh karena itu skrining yang dilakukan sekarang ini berlapis sejak dari tempat keberangkatan," urai dia.

Sementara Staf Khusus Menteri Perhubungan atau Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemhub), Adita Irawati mengatakan, random testing yang dilakukan menggunakan alat GeNose di berbagai tempat, termasuk terminal.

"Yang menggunakan random testing adalah perjalanan darat yang menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi roda empat atau roda dua. Hal ini tidak hanya dari Sumatra menuju Pulau Jawa saja, tetapi juga di dalam Jawa menuju Jabodetabek," tutup Adita.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tragedi Kanjuruhan, Mahfud Minta Polri Segera Ungkap Pelaku

Mahfud MD meminta Polri agar segera mengungkap pelaku yang harus bertanggung jawab dalam tragedi Kanjuruhan

NEWS | 3 Oktober 2022

Divisi Propam Akan Dirombak, Polri: Perlu Proses dan Kajian

Perombakan struktural secara terbatas terhadap Divisi Propam Polri membutuhkan proses, analisis, serta pengkajian terlebih dahulu.

NEWS | 3 Oktober 2022

Usut Tragedi Kanjuruhan, Tim Pencari Fakta Targetkan Rampung dalam 3 Pekan

Mahfud MD menyampaikan, tim pencari fakta menargetkan pengusutan tragedi Kanjuruhan rampung dalam tiga pekan ke depan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Terima Amanah Nasdem, Anies Baswedan: Saya Siap Capres

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan, dirinya menerima amanah dari Partai Nasdem untuk dicalonkan sebagai capres di Pilpres 2024.

NEWS | 3 Oktober 2022

Deklarasi Anies Baswedan Capres, Paloh Pimpin Hening Cipta Tragedi Kanjuruhan

Deklarasi Anies Baswedan capres dari Partai Nasdem, diawali dengan hening cipta atas tragedi Kanjuruhan yang dipimpin Ketua Umum Nasdem Surya Paloh.

NEWS | 3 Oktober 2022

Mahfud MD Pimpin Tim Pencari Fakta Usut Tragedi Kanjuruhan

Pemerintah membentuk tim gabungan independen pencari fakta (TGIPF) yang dipimpin Mahfud MD untuk mengusut tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Surya Paloh Umumkan Anies Baswedan sebagai Capres Nasdem

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengumumkan Anies Baswedan sebagai capres yang diusung Partai Nasdem di Pilpres 2024.

NEWS | 3 Oktober 2022

Kakorlantas Singgung Pungli yang Dialami Komika Soleh Solihun

Kakorlantas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Firman Shantyabudi menyinggung mengenai pungutan liar (pungli) yang dialami komika Soleh Solihun.

NEWS | 3 Oktober 2022

Operasi Zebra Jaya 2022 digelar Serentak di 33 Polda

Polda Metro Jaya menggelar Operasi Zebra Jaya 2022 serentak di 33 Polda di seluruh Indonesia

NEWS | 3 Oktober 2022

Kasus Brigadir J, AKP Rifaizal Samual Jalani Sidang Etik Hari Ini

Mantan Kanit 1 Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKP Rifaizal Samual menjalani sidang etik pada hari ini imbas dari kasus dugaan pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, Mahfud Minta Polri Segera Ungkap Pelaku

Tragedi Kanjuruhan, Mahfud Minta Polri Segera Ungkap Pelaku

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings