Logo BeritaSatu

Politikus PKB Harap Jokowi Pimpin Langsung Percepatan Vaksinasi Covid-19

Selasa, 15 Juni 2021 | 17:19 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua Komisi II DPR, Luqman Hakim meminta agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin langsung upaya percepatan vaksinasi Covid-19 bagi warga masyarakat dengan target 2 juta orang per hari. Hal ini perlu dilakukan di tengah melonjaknya angka positif Covid-19. Menurut Luqman, proses vaksinasi harus dipercepat perluasan dan jangkauannya kepada masyarakat.

“Untuk percepatan vaksinasi inilah, Presiden Jokowi perlu memimpin sendiri program vaksinasi agar hambatan-hambatan pelaksanaan vaksinasi dapat diretas dengan mudah,” kata Luqman, Selasa (15/6/2021).

Luqman optimistis jika setiap hari program vaksinasi mampu menjangkau minimal 2 juta orang, maka dalam waktu tidak lama akan tercipta kekebalan komunal. Hal inilah yang menjadi syarat utama pandemi Covid-19 berakhir. Kehidupan juga dapat berjalan normal kembali.

Saat ini, pemerintah baru menargetkan vaksinasi perhari dilakukan terhadap 1 juta orang. Diperkirakan, kekebalan komunal bisa terjadi jika vaksinasi bisa dilakukan terhadap minimal 180 jutaan warga penduduk. Faktanya, akibat kekurangan pasokan vaksin dan hal lainnya, baru 11 jutaan warga yang menerima dosis kedua sejak pertama dilaksanakan 11 Januari 2021.

Menurut Luqman, meningkatnya angka positif Covid-19 beberapa hari terakhir di banyak daerah, sungguh bukan kenyataan yang diharapkan. Selain karena adanya varian baru yang diperkirakan lebih cepat penularannya, kebijakan pemerintah mengizinkan tempat-tempat wisata dibuka pada libur panjang, turut memberikan kontribusi peningkatan kasus.

Oleh karena itu, Luqman mengapresiasi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang bergerak cepat menerbitkan instruksi kepada pemerintah daerah yang isinya agar mengencangkan kembali pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat.

“Pemerintah daerah dan masyarakat memang perlu terus menerus diingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan. Karena gejala kejenuhan masyarakat atas pandemi Covid-19 terjadi secara meluas. Begitu juga dengan sebagian pemerintah daerah yang mulai kendor dalam pengendalian Covid-19 di daerahnya sendiri,” kata Luqman.

Walau demikian, pihaknya menilai instruksi Mendagri ini belum cukup mengatasi masalah. Solusi utamanya adalah mengakselerasi program vaksinasi.

“Tentu kita juga berharap pemerintah dapat meyakinkan masyarakat untuk terus menjalankan protokol kesehatan,” demikian politikus PKB tersebut.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bus Masuk Jurang Angkut Tamu Pernikahan di India, 25 Tewas

Sedikitnya 25 orang tewas setelah sebuah bus masuk jurang dalam yang membawa tamu pernikahan di India.

NEWS | 5 Oktober 2022

Ada Eks DPR, KPK Periksa 16 Saksi di Kasus Garuda Indonesia

KPK total telah memeriksa 16 saksi dalam mengusut kasus dugaan suap pengadaan armada pesawat Airbus pada PT Garuda Indonesia

NEWS | 5 Oktober 2022

Hillary Lasut Pastikan Tidak Akan Cabut Laporan terhadap Komika Mamat Alkatiri

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Nasdem Brigitta Hillary Lasut memastikan tidak akan mencabut laporan polisi terhadap komika Mamat Alkatiri.

NEWS | 5 Oktober 2022

40 Korban Binomo Akan Hadiri Sidang Tuntutan Indra Kenz

Terdakwa Indra Kesuma alias Indra Kenz akan menjalani sidang tuntutan kasus Binomo hari ini, Rabu (5/10/2022), di Pengadilan Negeri Kota Tangerang

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Pastikan Pemerintah Tanggung Seluruh Biaya Korban Tragedi Kanjuruhan

Presiden Jokowi memastikan pemerintah menanggung biaya perawatan korban luka tragedi Kanjuruhan pascakerusuhan usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya.

NEWS | 5 Oktober 2022

Pandemi Covid-19 Segera Berakhir, Epidemiolog: Jangan Terlena

Epidemiolog Prof dr Asri C Adisasmita mengingatkan masyarakat agar jangan terlena dengan situasi di mana pandemi Covid-19 segera berakhir.  

NEWS | 5 Oktober 2022

Pelanggaran HAM Diduga Telah Terjadi di Tragedi Kanjuruhan

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) pos Malang menilai telah terjadi pelanggaran hukum dan hak asasi manusia (HAM) dalam tragedi Kanjuruhan

NEWS | 5 Oktober 2022

Jelang Sidang Indra Kenz, Korban: Kami Menuntut Ganti Rugi

Menjelang sidang pembacaan tuntutan terhadap Indra Kenz di PN Kota Tangerang sore ini, perwakilan korban menuntut adanya ganti rugi  

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Akan Jenguk Korban Tragedi Kanjuruhan dan Tinjau Stadion

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan menjenguk korban tragedi Kanjuruhan di RSUD dr Saiful Anwar Kota Malang.

NEWS | 5 Oktober 2022

Polisi Tangkap Seorang Perakit Bom Terkait Ledakan di Riau

Polda Riau menangkap seorang pria berinisial, MN yang diduga perakit bom terkait ledakan bom di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ada Eks DPR, KPK Periksa 16 Saksi di Kasus Garuda Indonesia

Ada Eks DPR, KPK Periksa 16 Saksi di Kasus Garuda Indonesia

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings