Logo BeritaSatu

Sesalkan Lonjakan Kasus Covid-19 di Lapas, Sahroni: Percepat Vaksinasi

Selasa, 15 Juni 2021 | 19:23 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni menyesalkan adanya lonjakan kasus Covid-19 di lembaga pemasyarakatan (lapas). Sahroni mendorong vaksinasi Covid-19 bagi para narapidana dapat dipercepat.

Menurut Sahroni, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemkumham) perlu meningkatkan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan lapas. Hal ini dinilai sangat penting, mengingat kondisi lapas yang rata-rata sudah penuh, hingga membuat kondisi tinggal di sana menjadi rawan kerumunan.

Baca Juga: RT dan RW Zona Merah di Jakarta Dinilai Perlu Terapkan Micro Lockdown

“Baru-baru ini, kita kembali mendengar adanya lonjakan kasus Covid-19 di dalam lapas. Hampir 300 orang dinyatakan postif Covid-19 di Lapas Yogyakarta, dan tentu ini adalah jumlah yang cukup menghawatirkan. Belum lagi jika kita mengingat bahwa mayoritas lapas di Indonesia banyak yang overcrowded, hingga membuat jaga jarak sulit dilakukan,” ujar Sahroni, Selasa (15/6/2021).

Sahroni berharap Kemkumham segera melakukan tracing terhadap para penderita Covid-19 di lapas, demi menghindari penyebaran secara lebih luas.

“Selain dari kunjungan, penularan Covid-19 di lapas tinggi juga karena kepadatan lapas. Sembari Kemkumham menyelesaikan persoalan kepadatan itu, para petugas tidak boleh lengah terhadap kemungkinan adanya penularan,” ujar Sahroni.

“Jadi harus cepat-cepat dilakukan tracing terhadap para penderita. Selain itu, permasalahan ini bisa diatasi dengan percepatan vaksinasi untuk warga lapas. Semakin banyak narapidana yang divaksinasi, semakin rendah juga nanti penularannya,” demikian Sahroni.

Diketahui, penyebaran Covid-19 begitu masif di Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Pada Senin (14/6/2021), ada 275 warga binaan dan sipir yang sudah terkonfirmasi Covid-19. Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Joko Hastaryo setelah pihaknya melakukan tracing di lingkungan lapas.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pakar Hukum Nilai Putri Candrawathi Seharusnya Ditahan

Pakar hukum pidana dari Unsoed, Prof Hibnu Nugroho menilai istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi seharusnya ditahan sebagai bentuk kesamaan di mata hukum.

NEWS | 29 September 2022

Satu Terduga Teroris Poso Berhasil Dilumpuhkan Satgas

Satgas Madago Raya berhasil melumpuhkan satu orang anggota terduga teroris kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso.

NEWS | 29 September 2022

Jokowi Ungkap Hal Fundamental agar Indonesia Bisa Bersaing

Presiden Jokowi menyebutkan 3 hal fundamental yang harus terus dibenahi dan dibangun agar Indonesia mampu bersaing di kancah global.

NEWS | 29 September 2022

Soal Lapas Kelebihan Kapasitas, Ini Kata Menteri Yasonna

Menteri Yasonna menyatakan mengirimkan tahanan ke lapas yang tidak padat serta melakukan program asimilasi integrasi guna mengatasi lapas kelebihan kapasitas.

NEWS | 29 September 2022

Mbah Mijan Sebut Aura Lesti Kejora Mengarah ke KDRT

Paranormal Mbah Mijan turut berkomentar terkait pelaporan Lesti Kejora atas tindakan sang suami Rizky Billar dalam dugaan kasus KDRT tersebut.

NEWS | 29 September 2022

Inovasi Pengganti Kayu, Conwood Komitmen Jaga Kelestarian Hutan

Guna menandai 10 tahun kehadiran PT Conwood Indonesia, inovasi pengganti kayu diluncurkan sebagai produk dekoratif terbarunya yaitu Conwood Beyond.

NEWS | 29 September 2022

Terintegrasi, Aplikasi PeduliLindungi Versi Baru Segera Diluncurkan

Kemenkes menyatakan aplikasi kesehatan terintegrasi PeduliLindungi yang berisi rekam medis elektronik dan layanan kesehatan bakal segera diluncurkan.

NEWS | 29 September 2022

Gempa Bumi Magnitudo 5,2 Mengguncang Jayapura Papua

Gempa bumi dengan magnitudo 5,2 yang mengguncang Jayapura, Papua itu terjadi pukul 18.34.43 WIB.

NEWS | 29 September 2022

Roy Suryo Ditahan di Rutan Salemba dengan Kondisi Sehat

Kejati DKI menerima pelimpahan berkas perkara meme stupa Candi Borobudur dengan tersangka Roy Suryo. Kejati DKI kemudian menahan Roy Suryo di Rutan Salemba.

NEWS | 29 September 2022

Sigid Haryo Wibisono Diduga Jadi Penghubung MAW dengan Anggota DPR

Sigid Haryo Wibisono disinyalir menjadi penghubung Bupati nonaktif Pemalang, Jawa Tengah (Jateng), Mukti Agung Wibowo (MAW) dengan anggota DPR.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kosmecare Goes To School di Jakarta, Ajak Siswa Peduli Kesehatan

Kosmecare Goes To School di Jakarta, Ajak Siswa Peduli Kesehatan

LIFESTYLE | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings