Logo BeritaSatu

YKPI Luncurkan Buku Panduan Lengkap untuk Pasien Kanker Payudara

Jumat, 18 Juni 2021 | 08:43 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) meluncurkan buku berjudul "Kenali dan Hadapi Kanker Payudara". Ketua YKPI Linda Agum Gumelar menyampaikan rasa bangga dan syukur karena tengah pandemi yang penuh dengan keterbatasan ruang gerak, namun dapat mewujudkan buku panduan lengkap untuk pasien kanker payudara. Pasalnya, buku tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat awam maupun para pasien kanker payudara.

“Kegiatan dimulai sejak awal Oktober 2020 selama sekitar kurang lebih 8 bulan tim bekerja keras untuk menyelesaikan buku ini,” kata Linda dalam siaran pers diterima Beritasatu.com, Jumat (18/6/2021).

Menurut Linda, dengan adanya buku panduan diharapkan masyarakat lebih peduli untuk memeriksakan dirinya sejak dini, sehingga angka kejadian kanker payudara stadium lanjut semakin menurun sesuai dengan meningkatnya pengetahuan masyarakat dan perkembangan ilmu kedokteran.

Selanjutnya, Linda mengatakan, upaya YKPI untuk menekan angka kejadian kanker payudara stadium lanjut terus menerus tanpa mengenal lelah. YKPI bekerja sama dengan berbagai komunitas, organisasi kemasyarakatan, perguruan tinggi, pihak swasta, dan lainnya.

Linda juga menyampaikan buku panduan tersebut dapat terwujud karena adanya kerja sama dengan Pusat Kanker Nasional Rumah Sakit Kanker Dharmais dan Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi serta mendapat dukungan dari Pfizer.

Buku tersebut disusun oleh Retno Kustiati yang juga penyintas kanker payudara dengan tim editor yaitu dr Bob Andinata, dr Alif Rizky Soeratman, dr Jeremy Romeo Partahi. Buku terdiri dari 4 bab, yakni Skrining dan Deteksi Dini, Kanker Payudara Stadium Dini, Kanker Payudara Stadium Lanjut, Keadaan-keadaan Khusus pada Kanker Payudara.

Direktur Utama RS Kanker Dharmais R Soeko W Nindito menyambut baik dengan diluncurkannya buku panduan pasien kanker. Dikatakan dia, sosialisasi tentang deteksi dini kanker, khususnya kanker payudara masih perlu dilakukan secara luas, seperti Sadari atau periksa payudara sendiri dan Sadanis atau periksa payudara klinis.

“Sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat paham tentang penanganan yang harus dilakukan bila ternyata dalam tubuhnya kedatangan tamu yang tidak diundang ini,” ucapnya.

Menurut Nindito, dengan berbekal pengetahuan yang cukup serta pemahaman tentang kanker payudara, maka masyarakat juga akan lebih berani untuk melakukan kunjungan deteksi dini, pengobatan, dan upaya medik untuk mengatasi kanker payudara di Fasilitas pelayanan kesehatan.

Sementara itu, perwakilan Pfizer Indonesia Dyana Suwandy mengatakan, kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak ditemukan di dunia.

“Semakin bertambahnya jumlah kasus kanker payudara, menuntut dibutuhkan pemahaman dan pengetahuan khusus mengenai penanganan kanker tersebut,” ucapnya.

Oleh karena itu, Pfizer menyambut baik dan sangat mendukung peluncuran buku "Kenali dan Hadapi Kanker Payudara" yang diinisiasi oleh YKPI. Dyana menyebutkan, kerja sama Pfizer dengan YKPI sebagai komunitas kanker merupakan salah satu wujud komitmen Pfizer dalam penyediaan dukungan bagi survivor maupun pasien kanker payudara di Indonesia.

“Dengan keberadaan buku panduan ini, tentunya dapat membantu dokter, tenaga kesehatan dan pasien memahami kanker payudara termasuk mengetahui subtipe kanker, dan dapat membantu menentukan pilihan pengobatan dan terapi inovatif berkualitas tinggi, sehingga pasien kanker payudara dapat menjalani kehidupan yang lebih baik, “ucapnya.

Kepala Instalasi Deteksi Dini, Rumah Sakit Dharmais, Bob Andinata menjelaskan ada 4 cara untuk diagnosis kanker payudara di antaranya Sadari, Sadanis oleh dokter, pemeriksaan radiologi atau mammografi, dan biopsi tanpa pembedahan .

“Dengan skrining dan deteksi dini kanker payudara dapat disembuhkan. Pentingnya melakukan deteksi dini kanker payudara karena semakin dini kanker payudara terdeteksi, makin banyak pilihan terapi, makin tinggi angka kesembuhan, makin rendah total biayanya,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Krisis Energi, Jerman Batal Tutup Pembangkit Listrik Nuklir

Krisis energi akan memaksa Jerman untuk membatalkan rencana penutupan pembangkit listrik nuklir.

NEWS | 28 September 2022

Bareskrim Usut Dugaan Penipuan Mark AI, Kerugian Rp 25 Miliar.

Bareskrim mengusut kasus dugaan penipuan, penggelapan, dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) robot trading Mark AI

NEWS | 28 September 2022

Bela Putri Candrawathi, Febri Diansyah Tegaskan Objektif

Eks Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah bakal bersikap objektif dalam menjalankan tugas sebagai kuasa hukum Putri.

NEWS | 28 September 2022

2 Eks KPK Perkuat Tim Pengacara Sambo dan Putri Candrawathi

Dua eks pegawai KPK, yakni Febri Diansyah dan Rasamala Aritonang, memperkuat tim pengacara Sambo dan Putri Candrawathi.

NEWS | 28 September 2022

Pakar Dukung Jokowi Lakukan Reformasi Hukum di Indonesia

Penegasan Presiden Jokowi mengenai perlu adanya reformasi hukum di Indonesia disambut baik oleh pakar hukum pidana.

NEWS | 28 September 2022

Rusia Usir Diplomat Jepang yang Dituduh Spionase

Rusia mengusir diplomat Jepang yang dituduh melakukan spionase. FSB telah menghentikan aktivitas spionase di Konsulat Jenderal Jepang di Vladivostok.

NEWS | 28 September 2022

Eks Pegawai KPK Rasamala Aritonang Jadi Pengacara Sambo, Ini Alasannya

Eks Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Rasamala Aritonang menjadi kuasa hukum Ferdy Sambo

NEWS | 28 September 2022

Tim Pengacara Ferdy Sambo Janjikan Pembelaan yang Fair

Tim pengacara Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi janji bakal memberikan pembelaan yang fair (adil) sesuai prinsip peradilan, kepada kliennya

NEWS | 28 September 2022

Latihan Militer, AS Akan Kerahkan HIMARS ke Latvia

Amerika Serikat (AS) akan mengerahkan sistem roket HIMARS untuk latihan militer ke Latvia, negara tetangga Rusia.

NEWS | 28 September 2022

KPK Cecar Zumi Zola soal Uang ke Anggota DPRD Jambi

KPK memeriksa eks Gubernur Jambi Zumi Zola sebagai saksi, Selasa (27/9/2022) dugaan suap pada pembahasan RAPBD Jambi

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Biznet dan Merkle Innovation Implementasikan <em>Private Cloud</em>

Biznet dan Merkle Innovation Implementasikan Private Cloud

EKONOMI | 15 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings