Logo BeritaSatu
Hari Yoga Internasional

Kemkes: Latihan Yoga Solusi Tetap Sehat pada Masa Pandemi

Minggu, 20 Juni 2021 | 10:04 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Dalam rangka memperingati Hari Yoga Internasional ke-7, Isha Foundation bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemkes) dan Kedutaan Besar India menggelar kegiatan Yoga For Immunity & Wellbeing secara daring pada Sabtu (19/6/2021).

Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemkes, Kartini Rustandi mengatakan, kegiatan Yoga For Immunity & Wellbeing bertujuan mengajak masyarakat Indonesia agar tetap sehat di masa pandemi Covid-19 ini. Pada situasi pandemi ini, yoga bermanfaat untuk kesehatan. Pasalnya, protokol kesehatan (prokes) masa pandemi telah membatasi interaksi dan ruang gerak sosial. Batasan tersebut secara tidak langsung berdampak pada kesehatan fisik dan mental.

Advertisement

“Yoga yang menyatukan aktivitas fisik dan meditasi menerapkan teknik peregangan, pernapasan, keseimbangan, dan olah tubuh untuk mencapai keselarasan dan harmoni antara emosi, jiwa, mental, spiritualitas, dan tubuh kita,” ujar Kartini dalam keterangan pers diterima Beritasatu.com, Minggu (20/6/2021).

Yoga telah banyak terbukti membantu masyarakat, pasien, dan penyintas Covid-19, baik dari sisi kesehatan fisik maupun mental.

Sebagaimana diketahui, pada kegiatan Yoga For Immunity & Wellbeing daring ini dibagi menjadi tiga gerakan. Pertama, yoga mamaskar untuk kesehatan tulang belakang. Kedua, sashtanga merupakan serangkaian gerakan sederhana untuk meningkatkan tingkat oksigen dalam darah. Ketiga, simha kriya, latihan sederhana untuk meningkatkan kekebalan dan menguatkan sistem pernapasan.

Ketiga gerakan sederhana tersebut, secara khusus diciptakan oleh Founder of Isha Foundation Sadhguru di awal pandemi pada tahun 2020 lalu. Tujuannya membantu masyarakat dunia memerangi dampak pandemi Covid-19, baik terhadap kesehatan fisik ataupun pikiran.

Kartini menilai ketiga gerakan yoga tersebut sangat cocok untuk kondisi saat ini. Sebab, Covid-19 diketahui menyerang sistem pernafasan, sehingga yoga menjadi salah satu pendekatan untuk terapi dan latihan pernafasan bagi masyarakat, utamanya pasien dan penyintas Covid-19.

Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bharti mengatakan, yoga saat ini sudah menjadi milik masyarakat dunia. Berlatih Yoga berarti berlatih menyatukan dan mengolah entitas fisik dengan non-fisik dari manusia, yakni tubuh dan pikiran untuk kesehatan dan kualitas hidup yang lebih baik. “Dengan berlatih yoga, kita melatih bagaimana mengendalikan kedua entitas ini, body and mind, dengan tujuan menjadi lebih sehat baik secara fisik ataupun pikiran,” kata Manoj.

Ia menyebutkan, kombinasi tubuh dan pikiran ini dapat membantu meningkat sistem kekebalan tubuh dan kesehatan secara menyeluruh sehingga bisa memperoleh kualitas hidup yang lebih baik.

Sementara Founder of Isha Foundation Sadhguru mengatakan yoga memiliki potensi luar biasa untuk menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan tangguh. “Yoga yang memiliki tingkatan mulai yang sangat sederhana hingga lebih kompleks dilengkapi latihan pernafasan dan meditasi. Hal ini dapat membantu memahami kompleksitas keberadaan manusia dan interaksi kita dengan alam semesta,” ucapnya.

Ia menyebutkan, kata yoga secara harfiah berarti kesatuan. “Ini berarti kita secara sadar melenyapkan batas-batas individual sehingga dapat membangun tubuh yang tangguh dan pikiran seimbang,” ujar Sadguru.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dugaan Pemaksaan Jilbab, Disdikpora DIY Temukan Pelanggaran

Dugaan Pemaksaan Jilbab, Disdikpora DIY Temukan Pelanggaran

NEWS | 15 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings