Logo BeritaSatu

Obat Ivermectin Produksi Indofarma Siap Beredar Tekan Kasus Covid-19

Senin, 21 Juni 2021 | 18:44 WIB
Oleh : Mikael Niman / EHD

Bekasi, Beritasatu.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meninjau ketersediaan stok obat Covid-19 yang diproduksi PT Indofarma (Persero).

Mulai dari obat Oseltamivir, Remdesivir, hingga antiparasit Ivermectin yang menjadi pilihan tim medis mengatasi Covid-19. Ivermectin yang disebut-sebut sebagai antiparasit bakal menurunkan kasus Covid-19 di Indonesia.

Advertisement

“Hari ini saya mengecek 100 obat-obatan yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan BUMN. Untuk Indofarma sendiri, memproduksi Oseltamivir, stoknya masih cukup sehingga untuk obat antiviral masih dalam penguasaan yang terbaik,” kata Erick Thohir saat mengunjungi PT Indofarma (Persero), Cibitung, Kabupaten Bekasi, Senin (21/6/2021).

Menurutnya, ketersedian obat Remdesivir saat ini, jumlahnya agak terbatas. “Tapi, di Juni kita sudah mengadakan pengadaan obat lagi, tanggal 19 Juni, 28 Juni, 30 Juni akan ada stok baru lagi sehingga memastikan keberadaan obat-obat antiviral ini,” katanya.

Dia menjelaskan, hari ini sudah keluar izin edar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk obat Ivermectin. Penggunaan obat antiparasit ini harus melalui resep dokter.

“Hari ini juga kami ingin menyampaikan mengenai obat Ivermectin yaitu obat antiparasit, sudah keluar izin edar dari BPOM. Kami melakukan komunikasi intensif kepada Kementerian Kesehatan. Obat Ivermectin tentu harus mendapat izin dokter dalam penggunaan keseharian,” tuturnya.

Obat Ivermectin yang diproduksi Indofarma sudah mulai produksi dengan kapasitas 4 juta per bulan dan bisa menjadi solusi mengatasi Covid-19 secara menyeluruh.

Berdasarkan studi yang ada, Ivermectin dianggap membantu terapi pencegahan Covid-19 bagi pasien yang kondisi ringan dan sedang. Selain itu, harga sangat terjangkau yakni per tablet mencapai Rp 5.000-7.000.

“Ini bagian dari salah satu terapi, bukan obat untuk Covid-19. Ini bagian dari salah satu terapi,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

ASEAN Perkuat Stabilitas Kawasan untuk Hadapi Ketidakpastian Global

Perhimpunan Bangsa Bangsa Negara Asia Tenggara (ASEAN) bakal memperkuat stabilitas kawasan di luar guna menghadapai ketidakpastian global.

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023

ION Bawa Kembali Kliennya Online Setelah Serangan Ransomware

ION, sebuah perusahaan layanan perdagangan keuangan yang terkena serangan ransomware minggu lalu, mulai membawa klien kembali ke platform derivatifnya.

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023

Kasus Gagal Ginjal Akut, IDI Minta Publik Jangan Beli Obat Sembarangan

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) meminta publik agar tidak sembarangan dalam membeli obat terlebih saat ini kasus gagal ginjal akut kembali mencuat.

NEWS | 7 Februari 2023

Ternyata Gempa Dahsyat Turki Sudah Diprediksi Peneliti Ini 3 Hari Sebelumnya

Gempa dahsyat berkekuatan magnitudo (M) 7,8 mengguncang Turki dan Suriah pada Senin (6/2/2023).

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023

Pedagang Pasar Pramuka Setop Penjualan Obat Sirop Praxion

Pedagang Pasar Pramuka telah menyetop penjualan obat sirop penurun demam anak Praxion setelah ditemukannya kasus baru gangguan ginjal akut pada anak.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Pemprov DKI Bangun Jalan Layang untuk Tambah Akses ke JIS

Pemprov DKI Jakarta sedang membangun jalan layang non-tol (JLNT) untuk menambah akses ke JIS atau Jakarta International Stadium.

MEGAPOLITAN | 7 Februari 2023

Ada 100 Gempa Susulan Terjadi di Turki, Kerusakan Bisa Bertambah

Ada 100 gempa susulan berkekuatan 4,0 atau lebih telah terjadi sejak gempa dahsyat  melanda Turki selatan pada Senin pagi waktu setempat, menurut USGS.

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023

Kapolri Benarkan Pilot Susi Air Kapten Philips Disandera KKB Papua

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo membenarkan pilot pesawat perintis Susi Air PK-BVY disandera Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.

NEWS | 7 Februari 2023

Bantuan dari Dunia Internasional Berdatangan untuk Turki dan Suriah

Hanya sehari setelah gempa dahsyat M 7,8 mengguncang Turki dan Suriah, pada Senin, dunia internasional merespons dengan mengirimkan bantuan ke sana.

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023

Kisah Pilu Juli, Ayah Korban Meninggal Akibat Gagal Ginjal Akut

Sambil menahan tangis dengan wajah nanar, Juli menceritakan kepergian sang anak Rizky, yang sempat dilarikan ke (RSUP) Persahabatan Jakarta Timur, pada Juli 2022.

NASIONAL | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Neymar Menangkan Penghargaan Samba d Or

Neymar Menangkan Penghargaan Samba d'Or

BOLA | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE