Logo BeritaSatu

Indofarma Lengkapi Penanganan Covid-19 dengan Herbal dan Obat Antiparasit

Senin, 21 Juni 2021 | 20:21 WIB
Oleh : Mikael Niman / JEM

Bekasi, Beritasatu.com - Emiten Badan Usaha Milik Negera (BUMN) farmasi, PT Indofarma Tbk melengkapi penanganan Covid-19 dari sisi farmasi, alat kesehatan (alkes) hingga herbal bagi pasien Covid-19. Hari ini, Indofarma dengan peluncuran obat antiparasit Ivermectin yang digunakan sebagai obat terapi penderita Covid-19.

Advertisement

“Kita sudah lengkap dari sisi farmasi, alkes dan herbalnya,” kata Direktur Utama PT Indofarma Tbk, Arief Pramuhanto, Senin (21/6/2021).

Obat Ivermectin akan beredar di masyarakat sebagai obat yang murah dan terjangkau oleh masyarakat umum. Ivermectin dibanderol Rp 7.000 per tablet. Tentunya, pembelian obat ini dengan menggunakan resep dokter.

“Kami mendistribusikan satu produk, bagaimana mengelola Covid-19 ini dengan baik yang sifatnya pencegahan maupun pengobatan, dengan harga yang terjangkau masyarakat,” tuturnya.

Dia menjelaskan, dari sisi farmasi, Indofarma sudah memproduksi Oseltamivir, yang merupakan antiviral dan harga tidak terlalu mahal.

“Sekarang ini permintaannya luar biasa, terutama untuk pasien Covid-19 kasus ringan dan sedang,” bebernya.

Indofarma kemudian memproduksi Ivermectin yang juga diperuntukan bagi pasien yang kasusnya ringan dan sedang.

“Sedangkan, pasien Covid-19 yang kasusnya berat kami punya obat Remdesivir, memang harganya tidak semurah dengan obat yang diberikan kepada kasus ringan dan sedang. Tapi ini memang efektif, penggunaannya cukup lima hari untuk kasus berat,” imbuhnya.

Lalu, di bagian alat kesehatan Indofarma sudah memproduksi masker, rapid test, reagen PCR, kemudian juga mesin-mesin PCR.

“Jadi, kita lengkap untuk penanganan Covid-19 ini, baik dari sisi farmasi maupun dari sisi alat kesehatannya,” ungkapnya.

“Lalu dari sisi herbalnya, kita punya Avimac. Baru selesai produksi hari ini. Avimac itu yang bahan bakunya serumpun dengan minyak kayu putih. Ini ternyata sangat efektif juga yang sifatnya bagi penyakit yang disebabkan oleh virus. Bisa untuk penderita demam berdarah, bisa untuk penderita Covid-19,” ungkapnya.

Penggunaan herbal Avimac sifatnya sebagai pencegahan apabila dikonsumsi secara reguler, misalkan sehari satu tablet tetapi kalau digunakan untuk penyembuhan juga bisa dan dosisnya lebih tinggi dalam lima hari, dikonsumsi 3-4 tablet.

“Kita sudah lengkap dari sisi farmasi, alkes dan herbalnya. Untuk melengkapi itu semua kita akan meluncurkan yang namanya Ivermectin, obat antiparasit yang ternyata punya efek antiviral dan sudah banyak penelitian di luar negeri dan ini ternyata efektif juga (untuk Covid-19) karena mempunyai efek antiviral,” bebernya.

Ivermectin, sebagai obat antiparasit, di beberapa negara digunakan untuk pencegahan. “Kalau digunakan untuk pengobatan, perbedaannya ada di pemberian dosisnya saja yang disesuaikan dengan berat badannya,” imbuhnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pesta Rakyat Cap Go Meh di Bogor Digelar hingga 2 Februari 2023

Bazar Pesta Rakyat, salah satu kegiatan dari rangkaian acara Cap Go Meh (CGM)-Bogor Street Fest (BSF) 2023 digelar sejak 26 Januari hingga 2 Februari 2023.

NEWS | 30 Januari 2023

2 Pelajar di Sukabumi Jadi Korban Pembacokan

Dua pelajar di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menjadi korban pembacokan di dua lokasi berbeda, yakni Kecamatan Cicurug dan Palabuhanratu.

NEWS | 30 Januari 2023

Soal Perayaan Imlek, Ini Kata DPP PITI

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PITI Denny Sanusi menyatakan, Imlek bukan suatu perayaan agama tertentu.

NEWS | 30 Januari 2023

Permabudhi: Imlek Momentum Perayaan Sukacita Kebangsaan

Ketua Umum Permabudhi Philip Kuntjoro Widjaja mengatakan, Tahun Baru Imlek merupakan momentum perayaan sukacita kebangsaan.

NEWS | 30 Januari 2023

Besok, PM Malaysia Anwar Ibrahim Gelar Kunjungan Resmi ke Singapura

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim akan menggelar kunjungan resmi ke Singapura pada Senin (30/1/2023) besok.

NEWS | 29 Januari 2023

Soal Isu Reshuffle Kabinet, PKB: Belum Pasti Terjadi

Ketua DPP PKB Daniel Johan menyebutkan bahwa reshuffle kabinet yang dikabarkan dilakukan pada Rabu Pon 1 Februari 2023, belum pasti terjadi.

NEWS | 30 Januari 2023

Reshuffle Kabinet: PPP Sebut Mardiono Sudah Dipanggil Jokowi

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi menyatakan bahwa Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono sudah dipanggil Presiden Joko Widodo terkait isu reshuffle kabinet.

NEWS | 30 Januari 2023

Reshuffle Dipandang Tak Terlalu Berpengaruh Terhadap Konstelasi Politik

Langkah reshuffle atau perombakan kabinet tidak akan terlalu mempengaruhi konstelasi perpolitikan di Tanah Air.

NEWS | 30 Januari 2023

Pria Tukang Parkir Bantah Sekap Istri dan 5 Anak di Dalam Rumah

Seorang pria yang berprofesi sebagai tukang parkir membantah telah menyekap istri dan 5 anaknya di dalam sebuah rumah di Lampung.

NEWS | 29 Januari 2023

Heru Budi: Imlek 2023 Jadi Momentum Kebangkitan Ibu Kota

Heru Budi menyebut Tahun baru Imlek 2023 menjadi momentum bagi DKI Jakarta untuk kembali bangkit dari keterpurukan setelah diterpa badai pandemi Covid-19.

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Juara Australia Open, Djokovic Masih Lapar Gelar Grand Slam

Juara Australia Open, Djokovic Masih Lapar Gelar Grand Slam

SPORT | 20 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE