Logo BeritaSatu

Terkait Efek Gangguan Otak, Vaksin Covid-19 Johnson & Johnson Dapat Peringatan

Selasa, 13 Juli 2021 | 09:52 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com - Vaksin Covid-19 Johnson & Johnson mendapat peringatan terkait efek samping gangguan neurologis langka yang disebut Guillain-Barre Syndrome (GBS).

Seperti dilaporkan AFP, Selasa (13/7/2021), Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat (AS) meminta Johnson & Johnson (J&J) untuk memasukkan informasi tentang "peningkatan risiko GBS pada label peringatannya.

Berita itu merupakan pukulan lebih lanjut bagi perusahaan, yang diberikan otorisasi penggunaan darurat untuk pengambilan gambarnya pada bulan Februari tetapi telah memainkan peran kecil dalam kampanye imunisasi virus corona Amerika.

“Berdasarkan analisis sistem pemantauan keamanan vaksin federal, para pejabat telah mengidentifikasi 100 laporan awal GBS setelah sekitar 12,5 juta dosis diberikan,” kata orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

Dari laporan ini, 95 laporan di antaranya serius dan memerlukan rawat inap. Tapi ada satu kematian yang dilaporkan.

GBS adalah gangguan neurologis di mana sistem kekebalan tubuh merusak sel-sel saraf, menyebabkan kelemahan otot atau, dalam kasus yang paling parah, kelumpuhan.

GBS memengaruhi sekitar 3.000 hingga 6.000 orang setiap tahun di Amerika Serikat, dan sebagian besar terus pulih.

Label peringatan baru untuk pengasuh dan penerima menyatakan pada kebanyakan orang, gejala dimulai dalam 42 hari setelah menerima vaksin, dan "kemungkinan hal ini terjadi sangat rendah".

Orang harus segera mencari pertolongan medis jika mereka mengalami kelemahan atau sensasi kesemutan, terutama di kaki atau lengan, yang memburuk atau menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Kesulitan berjalan, kesulitan dengan gerakan wajah termasuk berbicara, mengunyah atau menelan, penglihatan ganda atau ketidakmampuan untuk menggerakkan mata, dan hilangnya fungsi kandung kemih atau usus juga merupakan alasan untuk mencari perawatan segera.

“Sambil terus bekerja dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dalam pengawasan keamanan vaksin, FDA terus menemukan manfaat yang diketahui dan potensi yang jelas lebih besar daripada risiko yang diketahui dan potensial,” kata sumber.

GBS juga telah diamati pada tingkat yang meningkat dengan vaksin tertentu, termasuk beberapa vaksin influenza musiman dan vaksin untuk mencegah herpes zoster. Namun sejauh ini, tidak ada sinyal serupa yang diidentifikasi dengan vaksin Covid-19 Moderna dan Pfizer-Biontech.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sesepuh Aremania Anto Baret: Kita Kawal Pengusutan Tragedi Kanjuruhan

Tokoh sekaligus sesepuh Aremania , Anto Baret mendesak tim investigasi maupun pihak penegak hukum agar bersikap transparan dalam kasus tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 5 Oktober 2022

HUT Ke-77 TNI, Jokowi Saksikan Defile Alutsista di Depan Istana Merdeka

Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta istri, Wury Ma'ruf Amin, menyaksikan defile pasukan dan pawai alutsista.

NEWS | 5 Oktober 2022

Ferdy Sambo Pasrah dan Sebut Putri Candrawathi Tak Terlibat

Mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo mengaku pasrah dan menyerahkan nasibnya kepada majelis hakim

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Minta TNI Waspada Perubahan Geopolitik Global

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para prajurit TNI selalu siap dalam menghadapi tantangan dan perubahan geopolitik global.

NEWS | 5 Oktober 2022

Pertama Kalinya, Ferdy Sambo Memohon Maaf kepada Keluarga Brigadir J

Mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo pertama kalinya menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 5 Oktober 2022

Lukas Enembe Didorong Buka Diri Terima Panggilan KPK

Gasper May mendorong Gubernur Papua, Lukas Enembe membuka diri untuk menerima Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Jenderal Andika: 4 Prajurit TNI Akui Bertindak Berlebihan

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengungkapkan sudah ada 4 prajurit TNI yang mengaku telah melakukan tindakan berlebihan

NEWS | 5 Oktober 2022

Ferdy Sambo: Semua yang Saya Lakukan Bentuk Cinta ke Istri

Pesannya kepada masyarakat, Ferdy Sambo mengaku semua tindakannya terkait kasus Brigadir J merupakan bentuk kecintaannya pada sang istri Putri Candrawathi.

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Telepon Presiden FIFA Bahas Tragedi Kanjuruhan

Terkait tragedi Kanjuruhan, Presiden Jokowi telah mengontak langsung Presiden FIFA Gianni Infantino, apa saja yang dibahas?

NEWS | 5 Oktober 2022

Ledakan Bom di Riau, Polri: Belum Ada Kaitan Terorisme

Sebuah bom rakitan meledak di Indragiri Hulu (Inhu), Riau pada Senin (3/10/2022) lalu. Polri menyebut belum ada indikasi kaitan bom tersebut dengan terorisme.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
PINTU Edukasi Aset Kripto dan <em>Blockchain</em> ke Mahasiswa

PINTU Edukasi Aset Kripto dan Blockchain ke Mahasiswa

EKONOMI | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings