Logo BeritaSatu

Lakukan Hal Ini Saat Isolasi Mandiri di Rumah

Jumat, 16 Juli 2021 | 19:01 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Situasi pandemi Covid-19 kian memprihatinkan dengan adanya varian baru yang lebih cepat menular, bahkan jumlah kasus harian di Indonesia masih terus meningkat. Tingkat okupansi rumah sakit pun sudah cukup tinggi, sehingga dalam upaya meringankan beban tersebut, pasien Covid-19 yang tidak memiliki gejala atau memiliki gejala ringan dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Dilansir dari materi sosialisasi tips Isoman yg diterbitkan oleh PT Pertamina Persero dengan PT Pertamina Bina Medika (Pertamedika), isoman perlu dilakukan minimal selama 10 hari sejak dinyatakan positif Covid-19. Namun, isoman tidak boleh dilakukan sembarangan dan pasien tetap harus melapor kepada RT/RW & Gugus Tugas Penanganan Covid-19, puskesmas dan kantor.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat diperhatikan.

Pertama, upayakan kamar tidur terpisah dari anggota keluarga lainnya yang negatif Covid-19. Kedua, jangan berbagi alat makan. Optimalkan untuk memisahkan alat makan pasien untuk meminimalisir risiko penularan Covid-19. Ketiga, jika memungkinkan, gunakan kamar mandi yang terpisah.

Keempat, siapkan alat kesehatan seperti termometer, oxymeter, dan tensimeter dan lakukan pengukuran secara periodik. Jika terjadi suhu tubuh berada di atas 38 derajat Celsius ataupun saturasi oksigen berada di bawah angka 93, langsung infokan kepada petugas pemantau atau fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) serta keluarga untuk mendapatkan arahan lebih lanjut.

Kelima, terapkan protokol kesehatan di dalam rumah. Sering mencuci tangan dengan sabun, mengenakan masker, serta menjaga jarak minimal 2 meter dengan sekeliling menjadi keharusan walaupun berada di rumah sendiri.

Saat ini, institusi pemerintah, institusi swasta bersama dengan masyarakat umum terus berupaya untuk memulihkan negeri dari pandemi Covid-19. Berbagai layanan diberikan kepada masyarakat, di mana salah satunya adalah layanan pelayanan ambulans gratis bagi pasien Covid-19 yang diberikan oleh PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) bekerja sama dengan Rumah Zakat.

Layanan ambulans gratis yang sudah dilengkapi dengan standar kelengkapan medis ini dapat diakses melalui 0857 8090 3897 untuk memberikan layanan pengantaran pasien Covid-19 yang mengalami gejala cukup berat ke rumah sakit yang dituju.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tokoh Pemuda Papua Imbau Pendukung Lukas Enembe Hormati Proses Hukum

Tokoh pemuda Papua, Ferdinand Tuamis berharap agar kelompok pendukung Gubernur Papua, Lukas Enembe agar menghormati proses hukum di KPK.

NEWS | 5 Oktober 2022

Selain Pidana, Hillary Lasut Pertimbangkan Gugat Mamat Alkatiri Secara Perdata

Tak hanya pidana, anggota Komisi I DPR dari Fraksi Nasdem Hillary Lasut mempertimbangkan menggugat komika Mamat Alkatiri secara perdata.

NEWS | 5 Oktober 2022

Wajah Tersangka Pembunuhan Brigadir J Diperlihatkan Kecuali FS dan PC

Wajah tersangka pembunuhan Brigadir J diperlihatkan kepada publik di Kantor Jampidum Kejagung, Jakarta, pada Rabu (5/10/2022) siang.

NEWS | 5 Oktober 2022

Tim KPK Telah Sita Dokumen Terkait Kasus Garuda Indonesia

Tim dari KPK telah menyita berbagai dokumen terkait kasus dugaan suap pengadaan armada pesawat Airbus pada PT Garuda Indonesia (Persero).

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Resmikan Revitalisasi Fasilitas Bandara Halim Perdanakusuma

Presiden Jokowi meresmikan revitalisasi fasilitas Pangkalan TNI AU atau Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (5/10/2022).

NEWS | 5 Oktober 2022

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46 Sudah Dibuka, Ayo Daftar Segera

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46 sudah dibuka pada Selasa 4 Oktober 2022, ayo segera mendaftar sebelum ditutup.

NEWS | 5 Oktober 2022

Kejagung Punya Strategi Lindungi Jaksa Selama Sidang Ferdy sambo

Kejagung mengaku memiliki strategi khusus untuk melindungi jaksa yang menangani sidang perkara Ferdy Sambo dan kawan-kawan terkait perkara Brigadir J.

NEWS | 5 Oktober 2022

Ini yang Akan Digali dalam Pemeriksaan Kasus KDRT Rizky Billar

Proses penyidikan kasus KDRT Rizky Billar terus berlanjut, polisi telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap dirinya pada Kamis, (6/10/2022).

NEWS | 5 Oktober 2022

Bharada E Dkk Kembali Ditahan di Rutan Bareskrim Polri

Bharada E dua tersangka lainnya dalam kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir  Brigadir J kembali ditahan di rutan Bareskrim Polri.

NEWS | 5 Oktober 2022

Bus Masuk Jurang Angkut Tamu Pernikahan di India, 25 Tewas

Sedikitnya 25 orang tewas setelah sebuah bus masuk jurang dalam yang membawa tamu pernikahan di India.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
PINTU Edukasi Aset Kripto dan <em>Blockchain</em> ke Mahasiswa

PINTU Edukasi Aset Kripto dan Blockchain ke Mahasiswa

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings