Logo BeritaSatu

Tanoto Foundation Sumbang 3.000 Konsentrator Oksigen

Rabu, 4 Agustus 2021 | 00:03 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / AO

Jakarta, Beritasatu.com - Tanoto Foundation secara simbolis menyerahkan 3.000 unit konsentrator oksigen kepada pemerintah melalui Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten, Selasa (3/8/2021). Menkes Sadikin mengungkapkan rasa terima kasih atas donasi konsentrator oksigen dari Tanoto Foundation itu.

“Setiap unit konsentrator oksigen sangat berarti untuk meringankan beban sistem kesehatan kita. Donasi ini memberi kesempatan kepada pasien untuk memiliki pasokan oksigen tetap di rumah dan juga membebaskan sebagian tempat di rumah sakit agar dapat digunakan oleh mereka yang lebih membutuhkan,” kata Budi Sadikin.

Mewakili pemerintah Indonesia, Menkes berterima kasih kepada Tanoto Foundation atas respon cepat, tanggap, dan menyeluruh yang memungkinkan pemerintah berjuang melawan pandemi dengan sumber daya yang lebih baik. “Serta, memberikan harapan untuk setiap penduduk Indonesia yang terdampak pandemi,” kata Menkes.

Sehari sebelumnya, 1.000 unit pertama konsentrator oksigen serupa juga tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dari Guangzhou, Tiongkok, dengan pesawat sewa khusus Garuda Indonesia. Alat itu tiba di Tanah Air menjelang tengah malam, sementara 1.000 unit lain dijadwalkan tiba di Jakarta pada 10 Agustus mendatang.

CEO Global Tanoto Foundation, J Satrijo Tanudjojo menegaskan komitmen pihaknya dalam mendukung pemerintah Indonesia selama pandemi Covid-19.

“Ketika terjadi peningkatan kebutuhan oksigen cair medis dan konsentrator oksigen, kami segera mengupayakan pengadaannya secara langsung melalui jejaring kami di dalam dan luar negeri. Kami bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk mendistribusikannya ke rumah sakit di Indonesia. Kami berharap donasi ini bisa membantu menyelamatkan nyawa para pasien yang sedang berjuang melawan Covid-19.” kata dia.

Sejak awal Juli 2021, Tanoto Foundation telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk membantu mengatasi kekurangan pasokan oksigen akibat kenaikan lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia.

Pada 9 Juli lalu, pengiriman pertama sebanyak 100 ton dari total 500 ton oksigen cair untuk kebutuhan medis dikirim dari PT Riau Andalan Pulp & Paper (April Group) di Pangkalan Kerinci, Riau, untuk kemudian didistribusikan ke rumah sakit di Jawa dan Bali.

Pada 13 Juli 2021, sebanyak 1.500 unit konsentrator oksigen tiba di Jakarta sebagai bagian dari donasi bersama 16 organisasi termasuk Tanoto Foundation dan Temasek Foundation yang membawa total 11.000 konsentrator oksigen ke Indonesia. Sebanyak 1.000 unit di antaranya didonasikan Tanoto Foundation.

Tanoto Foundation mendatangkan 2.000 konsentrator oksigen tambahan langsung dari Foshan, Tiongkok, yang terdiri atas 1.400 unit konsentrator oksigen kanal tunggal dengan kapasitas 10 liter/menit dan 600 unit konsentrator oksigen kanal ganda dengan kapasitas 10 liter/menit. Berdasarkan data Kemkes, saat terjadi gelombang kedua pandemi Covid-19, Indonesia kekurangan 700 ton oksigen untuk kebutuhan medis per hari.

Tanoto Foundation Sumbang 3.000 Konsentrator Oksigen

Sebanyak 3.000 unit konsentrator oksigen dari organisasi filantropi independen ini akan bermanfaat bagi 6.000 pasien sebulan atau 18.000 pasien dalam tiga bulan mendatang. Penerima manfaat adalah mereka yang mengalami gejala Covid-19 ringan sampai menengah dan diperbolehkan dirawat di rumah dengan bantuan konsentrator oksigen ini.

Kemkes merekomendasikan pasien Covid-19 dengan gejala ringan sampai menengah untuk melakukan isolasi selama 10 hari dengan tambahan tiga hari setelah gejala menghilang.

Penggunaan konsentrator oksigen akan membebaskan alokasi oksigen yang sangat diperlukan pasien dengan kondisi yang mengharuskan perawatan intensif di rumah sakit, sehingga akan bermanfaat bagi lebih banyak lagi pasien Covid-19.

Sebelumnya, pada April 2020, tidak lama setelah kasus pertama Covid-19 diumumkan di Indonesia, Tanoto Foundation mendonasikan 1 juta masker medis, 1 juta sarung tangan, 100.000 alat pelindung diri, dan 30.000 pelindung mata untuk tenaga kesehatan di tengah kekurangan pasokan peralatan medis.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

2 Eks KPK Perkuat Tim Pengacara Sambo dan Putri Candrawathi

Dua eks pegawai KPK, yakni Febri Diansyah dan Rasamala Aritonang, memperkuat tim pengacara Sambo dan Putri Candrawathi.

NEWS | 28 September 2022

Pakar Dukung Jokowi Lakukan Reformasi Hukum di Indonesia

Penegasan Presiden Jokowi mengenai perlu adanya reformasi hukum di Indonesia disambut baik oleh pakar hukum pidana.

NEWS | 28 September 2022

Rusia Usir Diplomat Jepang yang Dituduh Spionase

Rusia mengusir diplomat Jepang yang dituduh melakukan spionase. FSB telah menghentikan aktivitas spionase di Konsulat Jenderal Jepang di Vladivostok.

NEWS | 28 September 2022

Eks Pegawai KPK Rasamala Aritonang Jadi Pengacara Sambo, Ini Alasannya

Eks Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Rasamala Aritonang menjadi kuasa hukum Ferdy Sambo

NEWS | 28 September 2022

Tim Pengacara Ferdy Sambo Janjikan Pembelaan yang Fair

Tim pengacara Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi janji bakal memberikan pembelaan yang fair (adil) sesuai prinsip peradilan, kepada kliennya

NEWS | 28 September 2022

Latihan Militer, AS Akan Kerahkan HIMARS ke Latvia

Amerika Serikat (AS) akan mengerahkan sistem roket HIMARS untuk latihan militer ke Latvia, negara tetangga Rusia.

NEWS | 28 September 2022

KPK Cecar Zumi Zola soal Uang ke Anggota DPRD Jambi

KPK memeriksa eks Gubernur Jambi Zumi Zola sebagai saksi, Selasa (27/9/2022) dugaan suap pada pembahasan RAPBD Jambi

NEWS | 28 September 2022

KPK Ungkap 3 Hal yang Dapat Buat Penyidikan Lukas Enembe Dihentikan

KPK memaparkan tiga hal yang dapat membuat penyidikan kasus dugaan suap dan gratifikasi Gubernur Papua Lukas Enembe dihentikan.

NEWS | 28 September 2022

Jokowi Minta Penyaluran Bantuan Subsidi Upah Terus Dipercepat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) terus dipercepat, sehingga dapat meningkatkan daya beli masyarakat.

NEWS | 28 September 2022

Sudah Berlarut-larut, ICW Desak KPK Jemput Paksa Lukas Enembe

ICW terus mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan upaya jemput paksa terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
2 Eks KPK Perkuat Tim Pengacara Sambo dan Putri Candrawathi

2 Eks KPK Perkuat Tim Pengacara Sambo dan Putri Candrawathi

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings