Logo BeritaSatu

62% Nakes Indonesia Kesulitan Pertahankan Ibu Memberikan ASI Eksklusif

Kamis, 5 Agustus 2021 | 11:24 WIB
Oleh : Happy Amanda Amalia / PYA

Jakarta, Beritasatu.com – Hasil penelitian cross-sectional secara daring yang dilakukan Health Collaborative Center (HCC) menemukan fakta bahwa 62% tenaga kesehatan di layanan primer di Indonesia mengaku kesulitan mempertahankan ibu untuk memberikan ASI eksklusif selama masa pandemi Covid-19 karena banyak faktor.

Peneliti Utama sekaligus Founder & Chairman HCC, Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, menyebutkan temuan penelitian ini antiklimaks dari momentum “Pekan ASI Sedunia” yang mengusung tema “Lindungi ASI Tanggungjawab Bersama”.

Advertisement

“Penelitian kami menemukan data bahwa ternyata selama pandemi Covid-19, para tenaga kesehatan terutama di layanan primer mengakui kesulitan mempertahankan ibu untuk menyusui karena ketidaktersediaannya layanan antenatal care atau pemantauan kehamilan dan menyusui secara daring. Sementara itu, hampir 50% pasien ibu hamil dan menyusui memutuskan untuk mengurangi jumlah kunjungan serta posyandu dan puskesmas mengurangi pelayanan ibu hamil dan menyusui. Akibatnya kesempatan konseling laktasi terganggu. Ini bisa akibatkan ibu menyusui gagal ASI eksklusif karena penelitian membuktikan peran tenaga kesehatan sangat kritikal dalam keberhasilan menyusui,” demikian penjelasan Dr. Ray dalam pemaparan “Hasil Penelitian Kesiapan Tenaga Kesehatan Indonesia Sukseskan ASI Selama Pandemi” pada Rabu (4/8).

Dr Ray menyebutkan bahwa dari temuan dan analisis statistik penting penelitian ini, terdapat 57% fasilitas kesehatan layanan primer yang tidak memiliki pelayanan antenatal care daring/ telemedicine selama pandemi Covid-19 sehingga berisiko 1,4 kali lebih besar ganggu pelayanan laktasi dan kesehatan ibu anak. Kemudian sebanyak 66% tenaga kesehatan di layanan primer ini ternyata tidak pernah mendapatkan pelatihan menyusui khusus manajemen laktasi untuk pandemi sehingga berisiko 1,2 kali lebih besar risiko ganggu pelayanan laktasi dan kesehatan ibu anak.

Selain itu, 42% mengakui tidak ada ketersediaan informasi tentang menyusui yang aman selama masa pandemi di fasilitas kesehatan mereka bertugas; dan sebanyak 64% fasilitas kesehatan primer tidak punya fasilitas menyusui khusus pasien Covid-19.

“Statistik tersebut menunjukkan betapa besar pengaruh layanan antenatal care selama pandemi serta adanya pelatihan dan sosialisasi mendasar terkait proses menyusui untuk dokter, bidan praktik mandiri dan tenaga kesehatan di puskesmas dan rumah sakit tingkat sehingga bila aspek fasilitas antenatal care dan pelatihan tenaga kesehatan selama pandemi terlewatkan maka konsekuensinya adalah ancaman turunnya angka ASI eksklusif Indonesia, dan ini adalah potensi risiko kesehatan jangka panjang,” kata dia.

Penelitian tentang kesiapan tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan dalam proses menyusui ini dilakukan oleh tim Dr. Ray Wagiu Basrowi bersama Dr. Levina Chandra Khoe, MPH dan Qisty melalui survei daring selama periode Februari-Mei 2021. Sebanyak 1.004 tenaga kesehatan berpartisipasi, mayoritas bidan serta dokter umum, dan 45% adalah tenaga kesehatan layanan primer yang bekerja di Puskesmas serta 17% bidan praktik mandiri dari 22 provinsi di Indonesia.

Tim peneliti HCC memberi rekomendasi terkait hasil penelitian ini. Terkait praktik konsultasi pemberian ASI eksklusif selama pandemi Covid-19, kompilasi deskriptif penelitian ini menyimpulkan penting untuk melakukan sistem penjadwalan kunjungan yang telah disepakati ibu sebelumnya, kemudian opsi lain adalah melalui kunjungan rumah atau juga melalui konseling daring seperti Whatsapp/SMS dan telepon.

Saran inovasi antenatal care serta konseling menyusui selama pandemi yang juga diperoleh dari respons para tenaga kesehatan diantaranya fasilitas telemedicine/konsultasi daring yang mudah digunakan dan bebas biaya/gratis tersedia, posyandu daring, kelas ibu menyusui daring, instrumen (contoh: aplikasi ponsel, kalender online) pengawasan ibu hamil dan menyusui berbasis daring.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

LPNU dan Danone Turut Sukseskan Harlah Satu Abad NU

LPNU ingin mengingatkan bagaimana peran NU dan pentingnya warga Nahdliyin dalam merawat bumi kita sekaligus membangun masyarakatnya.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Hujan Disertai Angin Kencang, Sejumlah Pohon Bertumbangan di Depok dan Bogor

Tiupan angin kencang dilaporkan menyebabkan pohon tumbang sedikitnya di lima titik di Kota Bogor Jawa Barat.

MEGAPOLITAN | 9 Februari 2023

Singapura Buka Penuh Perbatasan Senin Depan, Tak Perlu Tunjukkan Tes Covid-19

Singapura akan membuka secara penuh perbatasannya mulai Senin depan pada 13 Februari, ketika negara itu menurunkan peringatan penyakitnya ke level terendah.

NEWS | 9 Februari 2023

Inspiratif, Anggota Bhabinkamtibmas di Depok Jajakan Kopi Gratis Sambil Berkeliling

Aipda Mohadi menyambangi warganya satu persatu sambil membuatkan kopi panas dari motornya yang sudah dimodifikasi.

MEGAPOLITAN | 9 Februari 2023

Jokowi: Pemberitaan yang Bertanggung Jawab Jadi Tantangan Insan Pers

Jokowi menyebut tantangan utama insan pers saat ini adalah membuat pemberitaan bertanggung jawab.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Ibunda: Hasya Seharusnya Berlaga di Kejurnas Taekwondo Kapolri Cup IV 2022

Mahasiswa UI Muhammad Hasya Atallah Saputra, menurut ibundanya, seharusnya tampil di Kejurnas Taekwondo Kapolri Cup IV 2022, November tahun lalu.

MEGAPOLITAN | 9 Februari 2023

KPK: Kabar Soal Harta Firli Bahuri di Swiss Disita Hoax

KPK memastikan kabar yang menyebutkan harta Ketua KPK Firli Bahuri di Swiss disita, adalah hoax atau bohong.

NEWS | 9 Februari 2023

Putusan Sela, Hakim Teruskan Sidang Kasus Narkoba Teddy Minahasa

Majelis hakim menolak eksepsi kuasa hukum dari terdakwa kasus narkoba Irjen Pol Teddy Minahasa, dan memutuskan untuk tetap mereuskan perkara.

NEWS | 9 Februari 2023

Terlibat Jaringan JI, Seorang Pria di Lampung Ditangkap Densus 88

Pria berinisial JD, terduga teroris ditangkap Densus 88 Anti Teror karena diduga terlibat jaringan Jemaah Islamiyah (JI)

NEWS | 9 Februari 2023

Jokowi Sebut Sistem AI dan Algoritma Dorong Konten Recehan dan Korbankan Jurnalisme

Presiden Jokowi mengatakan sistem IA dan algoritma mendorong konten-konten recehan, sensasional lebih banyak muncul, mengorbankan visi jurnalisme

NASIONAL | 9 Februari 2023


TAG POPULER

# Sugeng Guruh Gautama


# Disney PHK Karyawan


# Gempa Turki


# Ferdy Sambo


# Capres PDIP


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Keren, Jeka Saragih Dapat Kontrak dari UFC

Keren, Jeka Saragih Dapat Kontrak dari UFC

SPORT | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE