Logo BeritaSatu

Wapres Minta BKKBN Pastikan Angka Penurunan Stunting Tercapai

Senin, 23 Agustus 2021 | 16:03 WIB
Oleh : CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo memastikan penurunan angka kekerdilan pada anak atau stunting di Indonesia mencapai target 14 persen di akhir 2024.

Wapres menegaskan bahwa Kepala BKKBN harus memastikan pencapaian target penurunan stunting dengan memastikan konvergensi berbagai program dapat mencapai sasaran hingga ke tingkat desa.

Advertisement

Hal itu disampaikan wapres ketika memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan Pencegahan Stunting Tahun 2021 secara virtual.

"Saya meminta Kepala BKKBN agar segera melaksanakan koordinasi dengan K/L terkait serta pemda untuk memastikan konvergensi antarprogram dapat terealisasi. Insyaallah, sasaran 14 persen di akhir tahun 2024 akan tercapai," kata Wapres Ma’ruf dari kediaman resmi wapres di Jakarta, Senin (23/8/2021).

Konvergensi terhadap program-program percepatan penurunan angka stunting tersebut, kata Wapres, bertujuan memastikan capaian target hingga ke tingkat sasaran.

"Konvergensi adalah kata yang mudah diucapkan tetapi sering kali tidak mudah untuk diwujudkan. Setiap lembaga yang terlibat harus menghilangkan egosektoral karena konvergensi membutuhkan kerja kolaborasi antarpihak," tegas Wapres.

Sementara itu, Hasto Wartoyo dalam Rakornas tersebut mengatakan bahwa pihaknya akan segera menyusun Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Stunting (RAN Pasti), yang di dalamnya terdapat mekanisme, tata kerja, pemantauan, dan evaluasi program penurunan angka stunting di Indonesia.

"Kami menyadari bahwa kami akan bergegas menyusun RAN Pasti dan dalam waktu yang tidak lama, kurang lebih 3 tahun, angka target sesuai dengan arahan Pak Wapres, yakni 14 persen di akhir tahun 2024 akan tercapai," kata Hasto.

Selain itu, Hasto mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan program inkubasi dengan memastikan keluarga yang benar-benar sanggup mempersiapkan kehidupan rumah tangga.

"Kami akan melakukan program inkubasi, critical success factor yang harus kami intervensi agar bisa menghasilkan daya ungkit yang tinggi sehingga sumber daya yang tidak terlalu besar bisa menurunkan angka stunting dengan lebih cepat," ujarnya.

Dalam Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, Kepala BKKBN ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Ketua Pelaksana Tim Percepatan Penurunan Stunting.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Infrastruktur JIS Dikeluhkan Penonton Konser Dewa 19, Heru: Kami Perbaiki

Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono berjanji memperbaiki infrastruktur di kawasan Jakarta International Stadium (JIS) setelah dikeluhan penonton konser Dewa 19.

NEWS | 6 Februari 2023

Gempa Turki, Vladimir Putin: Rusia Siap Berikan Bantuan

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin (6/2/2023) menawarkan bantuan Rusia kepada Turki dan Suriah setelah gempa Turki dengan magnitudo 7,8.

NEWS | 6 Februari 2023

Dinkes DKI Temukan Dua Kasus Baru Gangguan Ginjal Akut

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengungkap dua temuan kasus baru gangguan ginjal akut di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

NEWS | 6 Februari 2023

Kasus Lukas Enembe, KPK Garap Plh Gubernur Papua Ridwan Rumasukun

Tim penyidik KPK memeriksa Plh Gubernur Papua Ridwan Rumasukun terkait kasus Lukas Enembe hari ini, Senin (6/2/2023). 

NEWS | 6 Februari 2023

Prabowo Puji Jokowi Lawan WHO soal Lockdown Saat Covid-19

Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto memuji Presiden Jokowi yang mampu melawan tekanan dari WHO saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia. 

NEWS | 6 Februari 2023

Respons Prabowo soal Perjanjian dengan Anies di Pilkada DKI

Prabowo Subianto merespons soal perjanjiannya dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta pada 2017.

NEWS | 6 Februari 2023

Pakar: Bharada E Seharusnya Dapatkan Pengurangan Tuntutan

Pakar hukum menilai bahwa Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E mendapatkan pengurangan tuntutan di kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

NEWS | 6 Februari 2023

Laksamana Yudo Margono Tugaskan PPRC TNI Berantas Separatis

Panglima TNI Yudo Margono menugaskan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat atau PPRC TNI memberantas berbagai macam tindakan melawan hukum, termasuk separatis. 

NEWS | 6 Februari 2023

Dangkal, Gempa Turki Sedalam 17,7 Km dengan Magnitudo 7,8

Gempa Turki yang dengan dahsyat yang mengguncang kawasan itu adalah gempa dangkal dengan kedalaman 11 mil atau 17,7 kilometer.

NEWS | 6 Februari 2023

Mengerikan! Video di Medsos Perlihatkan Detik-detik Aparteman Roboh Saat Gempa Turki

Sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan sebuah apartemen roboh setelah terjadi gempa berkekuatan M 7,8 di Turki

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kejari Periksa Berkas Perkara Sopir Audi Hitam Penabrak Mahasiswi Cianjur

Kejari Periksa Berkas Perkara Sopir Audi Hitam Penabrak Mahasiswi Cianjur

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE