Logo BeritaSatu

Tarif Swab PCR di Indonesia Termurah di Asia Tenggara

Selasa, 24 Agustus 2021 | 10:30 WIB
Oleh : Happy Amanda Amalia / PYA

Jakarta, Beritasatu.com – Penurunan harga tes swab PCR di Indonesia memberikan dampak yang sangat baik bagi masyarakat Indonesia guna membantu meningkatkan angka testing dan tracing yang diharapkan dapat menekan penurunan angka penularan Covid-19 di Indonesia.

Melalui instruksi pemerintah, harga tes swab PCR yang ditetapkan pun berkisar antara Rp 495 ribu hingga Rp 525 ribu, dan Indonesia menjadi salah satu negara di kawasan Asia Tenggara dengan biaya termurah untuk melakukan tes swab PCR. Hal ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk melakukan tracing dengan tarif yang cukup terjangkau, hasil cepat dan akurat.

Advertisement

Menurut data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Indonesia memiliki tarif yang lebih murah dibandingkan beberapa negara di Asia, seperti Thailand dengan kisaran Rp 1,3 juta hingga Rp 2,8 juta untuk sekali tes swab PCR, sedangkan tarif di Singapura mencapai Rp 1,5 juta untuk layanan tes swab PCR.

Hal itu berbeda dengan di India yang mendapatkan subsidi penuh oleh pemerintah, serta alat tes swab PCR, reagen yang digunakan hingga obat-obatan yang diproduksi di negara yang berada di kawasan Asia Selatan itu. Oleh karenanya, tarif untuk tes swab PCR di negeri tersebut jauh lebih murah dari Indonesia, bahkan negara-negara berkembang lainnya.

“Jika saja Indonesia sudah bisa memproduksi reagen dan komponen pendukung swab test, pasti harganya bisa dikontrol, dikendalikan dan murah. Kendala saat ini adalah kita masih menggunakan reagen dan komponen impor dan biaya investasi yang tinggi terutama alat laboratorium yang digunakan,” ungkap Dicky Gunawan, seorang epidemiolog Indonesia.

Tanggapan ini dikonfirmasi juga oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi bahwa saat ini Indonesia masih terkendala karena impor. “Karena tes PCR kita masih impor ya termasuk bahan bakunya juga, sebagian besar juga impor,” kata Nadia.

Sementara itu, menanggapi instruksi pemerintah yang telah menurunkan tarif tes swab PCR, Direktur Utama Bumame Farmasi, James Wihardja mengatakan berusaha memaksimalkan solusi agar masyarakat bisa menggunakan layanan tes swab PCR dengan mudah, aman, cepat dan tentunya dengan tarif yang lebih terjangkau. “Kami juga menjamin tingkat akurasi terbaik bagi masyarakat melalui layanan dan laboratorium mandiri yang dilengkapi komponen-komponen berkualitas terbaik,” ujar dia dalam siaran pers, Selasa (24/8).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

ION Bawa Kembali Kliennya Online Setelah Serangan Ransomware

ION, sebuah perusahaan layanan perdagangan keuangan yang terkena serangan ransomware minggu lalu, mulai membawa klien kembali ke platform derivatifnya.

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023

Kasus Gagal Ginjal Akut, IDI Minta Publik Jangan Beli Obat Sembarangan

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) meminta publik agar tidak sembarangan dalam membeli obat terlebih saat ini kasus gagal ginjal akut kembali mencuat.

NEWS | 7 Februari 2023

Ternyata Gempa Dahsyat Turki Sudah Diprediksi Peneliti Ini 3 Hari Sebelumnya

Gempa dahsyat berkekuatan magnitudo (M) 7,8 mengguncang Turki dan Suriah pada Senin (6/2/2023).

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023

Pedagang Pasar Pramuka Setop Penjualan Obat Sirop Praxion

Pedagang Pasar Pramuka telah menyetop penjualan obat sirop penurun demam anak Praxion setelah ditemukannya kasus baru gangguan ginjal akut pada anak.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Pemprov DKI Bangun Jalan Layang untuk Tambah Akses ke JIS

Pemprov DKI Jakarta sedang membangun jalan layang non-tol (JLNT) untuk menambah akses ke JIS atau Jakarta International Stadium.

MEGAPOLITAN | 7 Februari 2023

Ada 100 Gempa Susulan Terjadi di Turki, Kerusakan Bisa Bertambah

Ada 100 gempa susulan berkekuatan 4,0 atau lebih telah terjadi sejak gempa dahsyat  melanda Turki selatan pada Senin pagi waktu setempat, menurut USGS.

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023

Kapolri Benarkan Pilot Susi Air Kapten Philips Disandera KKB Papua

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo membenarkan pilot pesawat perintis Susi Air PK-BVY disandera Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.

NEWS | 7 Februari 2023

Bantuan dari Dunia Internasional Berdatangan untuk Turki dan Suriah

Hanya sehari setelah gempa dahsyat M 7,8 mengguncang Turki dan Suriah, pada Senin, dunia internasional merespons dengan mengirimkan bantuan ke sana.

INTERNASIONAL | 7 Februari 2023

Kisah Pilu Juli, Ayah Korban Meninggal Akibat Gagal Ginjal Akut

Sambil menahan tangis dengan wajah nanar, Juli menceritakan kepergian sang anak Rizky, yang sempat dilarikan ke (RSUP) Persahabatan Jakarta Timur, pada Juli 2022.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Kapolri: Pilot dan Penumpang Susi Air yang Diamankan KBB Papua Sedang Dicari

Kapolri membenarkan bahwa pilot pesawat perintis Susi Air PK-BVY Kapten Philips M berkebangsaan Selandia Baru disandra KKB Papua.

NEWS | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Berencana Menikah Lagi, Dewi Perssik Ungkap Sudah Dilamar Pilot

Berencana Menikah Lagi, Dewi Perssik Ungkap Sudah Dilamar Pilot

LIFESTYLE | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE