Logo BeritaSatu

Ini Aneka Manfaat Cabai Rawit yang Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan

Senin, 6 September 2021 | 18:05 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Di balik rasanya yang pedas, manfaat cabai rawit ternyata sangat beragam. Mulai dari menekan rasa lapar hingga menurunkan tekanan darah.

Siapa nih yang suka makan pedas? Bagi pecinta cabai rawit rasanya kurang puas kalau harus makan tanpa ada sensasi pedas. Apalagi, untuk tambahan bakso ataupun mie ayam. Bakal bikin mulut bakalan enggak berhenti mengunyah.

Berbicara soal pedas, ternyata cabai rawit memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan, lho. Bahkan, salah satu manfaat cabai yang paling populer di masyarakat yaitu melancarkan sistem pencernaan.

Penasaran apa saja manfaat cabai rawit untuk kesehatan dan kecantikan? Langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah kami lansir dari berbagai sumber, Senin (6/9/2021).

Manfaat cabai
Umumnya, manfaat cabai rawit ini didapatkan dari kandungannya yang bernama capsaicin. Selain itu, substansi inilah yang membuatnya terasa pedas. Sehingga semakin tinggi kandungan capsaicin, maka akan semakin pedas rasanya. Adapun khasiat yang didapatkan dari cabai rawit ialah sebagai berikut:

1. Baik untuk sistem pencernaan
Mungkin banyak anggapan bahwa makanan pedas yang mengandung cabai rawit bisa mengakibatkan tukak lambung. Akan tetapi, ada penelitian yang menyebutkan sebaliknya. Bahwa kandungan capsaicin dalam cabai jenis ini membantu mengurangi risiko tukak lambung.

Sehingga, manfaat cabai rawit untuk kesehatan dipercaya dapat membantu melindungi pencernaan dari infeksi, membantu distribusi enzim ke perut, serta memaksimalkan produksi cairan pencernaan.

Meski begitu, kamu jangan terburu-buru memutuskan mengonsumsi cabai rawit kalau memiliki riwayat penyakit maag atau gastritis, karena risiko masalah pencernaan tetap harus menjadi perhatian.

2. Mengurangi nafsu makan
Tak hanya baik untuk sistem pencernaan, manfaat cabai rawit juga bisa membantu kamu mengurangi nafsu makan sekaligus merasa kenyang lebih lama. Hal ini diduga berkaitan erat dengan efeknya mereduksi produksi hormon ghrelin.

Menurut sebuah studi menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi capsaicin terbukti makan lebih sedikit sepanjang hari jika dibandingkan dengan yang tidak. Lebih spesifik lagi, orang yang mengonsumsi suplemen capsaicin makan 10% lebih sedikit, sedangkan yang mengonsumsi minuman dengan capsaicin makan 16% lebih sedikit.

3. Baik untuk metabolisme tubuh
Nammpaknya kandungan capsaicin dalam cabai rawit juga bermanfaat membantu memaksimalkan pembakaran kalori atau dikenal dengan proses diet-induced thermogenesis, yaitu membantu memaksimalkan metabolisme seseorang.

Bahkan, menurut sebuah studi, orang yang mengonsumsi sarapan mengandung capsaicin membakar 51% kalori lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya.

Sayangnya, untuk manfaat cabai rawit yang satu ini jika dilakukan secara terus-menerus dalam jangka panjang, tubuh akan beradaptasi pada efeknya sehingga membuat kadar pembakaran kalori tidak lagi sama.

4. Potensi turunkan tekanan darah
Manfaat cabai rawit berikutnya yaitu berpotensi menurunkan tekanan darah. Hal ini terbukti dalam uji laboratorium terhadap tikus, di mana mengkonsumsi cabai rawit dalam jangka panjang membantu menurunkan tekanan darah. Namun, hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut terhadap manusia.

5. Potensi redakan risiko kanker
Kandungan capsaicin dalam cabai rawit pun bisa menurunkan risiko terjadinya kanker. Ya, substansi ini dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker. Adapun sel kanker yang bisa dilawan adalah kasus kanker prostat, pankreas, serta kulit.

Tetapi, manfaat cabai rawit yang satu ini masih perlu penelitian lebih banyak. Sebab, sejauh ini, penelitian hanya berbasis uji laboratorium dan tes pada binatang. Sedangkan efeknya pada manusia masih belum diulas lebih lanjut.

Wah, ternyata manfaat cabai rawit untuk kesehatan dan kecantikan cukup beragam ya, guys. Jadi, apakah kamu akan tertarik dengan makanan pedas mulai sekarang?

Untuk mendapatkan cabai dengan kualitas terbaik tersebut, Kamu bisa berbelanja di TaniHub. Tanihub merupakan platform e-commerce yang menawarkan produk dari para petani lokal yang ingin menjual hasil panen mereka langsung ke pembeli. Selain membantu para petani lokal, Kamu juga bisa mendapatkan penawaran harga yang lebih terjangkau langsung dari petaninya.

Bukan hanya cabai, Kamu juga dapat membeli aneka buah, sayur, bumbu, telur dan unggas, kebutuhan masak hingga sembako. Lengkap bukan? Yuk belanja cabai rawit di TaniHub.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

DPR: Penolakan Banding Sambo Bukti Keseriusan Polri

Nasir Djamil menilai penolakan banding Irjen Ferdy Sambo atas sanksi pemecatan tidak dengan hormat, menunjukkan keseriusan Polri menyikapi harapan publik.

NEWS | 25 September 2022

Perubahan Jam Kerja di DKI, Bogor Ingin Ada Kajian Bersama

Pemkot Bogor ingin ada kajian bersama dengan daerah penyangga terkait rencana perubahan jam kerja sebagai upaya mengatasi kemacetan di DKI.

NEWS | 25 September 2022

Gempa Bumi Magnitudo 5,5 Guncang Melonguane Sulawesi Utara

Gempa bumi dengan magnitudo 5,5 yang mengguncang Melonguane, Sulawesi Utara itu terjadi pukul 18.16.33 WIB.

NEWS | 25 September 2022

MAKI: Lukas Enembe Cukup Sehat Jalani Pemeriksaan KPK

MAKI menilai Gubernur Papua Lukas Enembe cukup sehat sehingga dapat menjalani pemeriksaan yang diagendakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 25 September 2022

Tak Masuk Prolegnas, Ini Pasal Kontroversial RUU Sisdiknas

RUU Sisdiknas batal masuk dalam Prolegnas prioritas tahun 2022, berikut berbagai pasal kontroversial yang tercantum di dalamnya.

NEWS | 25 September 2022

Kasus Lukas Enembe, KSP Tegaskan Tak Ada Kaitan dengan Politik

Tenaga Ahli Utama KSP Theo Litaay menegaskan kasus Lukas Enembe murni kasus hukum dan tak ada kaitannya dengan masalah politik.

NEWS | 25 September 2022

Cerita Rektor UGM Saat Jadi Mahasiswa Almarhum Samekto

Rektor UGM Ova Emilia menceritakan kisahnya saat masih menjadi mahasiswa almarhum Samekto Wibowo. 

NEWS | 25 September 2022

Mendag Zulhas Usulkan Rp 100 Triliun Serap Hasil Petani

Mendag Zulkifli Hasan mengusulkan anggaran sebesar Rp 100 triliun per tahun untuk menyerap komoditas bahan pokok hasil para petani.

NEWS | 25 September 2022

32 Pasien Covid-19 Jalani Perawatan di RSDC Wisma Atlet

Pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini Minggu (25/9/2022) tersisa 32 orang.

NEWS | 25 September 2022

Puisi Terakhir Karya Prof Samekto Dibacakan, Pelayat Menitikkan Air Mata

Saat puisi terakhir karya Prof Samekto dibacakan, para pelayat menitikkan air mata. Samekto Wibowo meninggal karena terseret ombak.

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemprov DKI Jakarta Akan Bangun Rusunawa di Pulau Reklamasi

Pemprov DKI Jakarta Akan Bangun Rusunawa di Pulau Reklamasi

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings