Logo BeritaSatu

Kemkes Percepat Vaksinasi untuk Kegiatan Seleksi ASN PPPK Guru

Kamis, 9 September 2021 | 13:38 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Dalam rangka mendukung terlaksananya kegiatan seleksi aparatur sipil negara pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (ASN PPPK) guru mengedepankan protokol kesehatan, Kementerian Kesehatan (Kemkes) menyiapkan rapid antigen dan mempercepat vaksinasi.

Inspektur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan (Kemkes), Kartini Rustandi, mengatakan, pihaknya telah menulis kepada seluruh Dinas Kabupaten/Kota untuk mempercepat vaksinasi terhadap calon seleksi ASN PPPK minimal vaksinasi pertama dan menyediakan rapid antigen.

Advertisement

“Jadi teman-teman yang akan mengikuti seleksi guru PPPK sebaiknya segera mengikuti vaksinasi minimal vaksinasi pertama dan juga untuk kebutuhan rapid antigen sudah bisa dimintakan ke dinas kesehatan dan apabila ada kekurangan,maka kabupaten/kota atau provinsi bisa menulis surat ke pemerintah pusat untuk mendapatkan kebutuhannya,” kata Kartini pada acara “Sosialiasi Dukungan Kegiatan Kesehatan Dalam Rangka Seleksi Guru ASN PPPK secara daring, Kamis (9/9/2021).

Kartini menyebutkan, vaksinasi penting untuk memproteksi individu dan membentuk kekebalan kelompok . Untuk itu, protokol kesehatan (prokes) 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, 3T yaitu testing, tracing dan treatment dan vaksinasi harus dilakukan secara bersamaan.

Ia menjelaskan, terkait dengan prokes untuk guru yang akan mengikuti seleksi ASN PPPK pada prinsipnya mencegah atau mengatur prokes sejak mereka di rumah, di dalam perjalanan, pada saat melaksanakan tes atau seleksi kompetensi dan sampai kembali ke rumah.

“Ini merupakan satu rangkaian yang perlu kita perhatikan dan titik lemah yaitu adalah bagaimana titik-titik lokasinya. Bagaimana kita harus mencegah kerumunan dan berapa lama jadwal pelaksanaan ujian ini,” ucapnya.

Kartini menyebutkan, mengantisipasi semua kemungkinan penularan perlu memperhatikan ventilasi, jumlah orang yang ada, durasi, pengaturan jarak, dan prokes 3M.

Dikatakan Kartini, mempersiapkan segala kemungkinan ini merupakan bagian dari rekayasa administrasi atau rekayasa teknis yang bisa dilakukan dengan sangat sederhana dengan memenuhi syarat-syarat untuk penetapan prokes.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tekan Stunting untuk Turunkan Kemiskinan, Ganjar Luncurkan Kancing Merah

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meluncurkan program Kancing Merah dalam rangka menekan angka stunting untuk menurunkan tingkat kemiskinan.

NEWS | 3 Februari 2023

Ditemui Menlu Se-ASEAN, Jokowi Tekankan Netralitas dan Stabilitas Perdamaian

Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan para menteri luar negeri ASEAN dan sekretaris jenderal ASEAN di Istana Negara, Jakarta, Jumat (3/2/2023).

NEWS | 3 Februari 2023

3 Pekan, Polisi Tangkap 16 Pengedar dan Bandar Narkoba

Satresnarkoba Polresta Bandar Lampung menangkap 16 orang pengedar dan bandar narkoba dalam tiga pekan.

NEWS | 3 Februari 2023

Masih Ada Target Pembunuhan Jadi Alasan Wowon Belum Bertobat

Wowon Erawan alias Aki mengaku belum kepikiran untuk bertaubat dan menyudahi aksi pembunuhan berantai atau tobat jika kasusnya tak terungkap.

NEWS | 3 Februari 2023

Kasus KSP Indosurya, Bareskrim Terus Buru Tersangka Suwito Ayub

Dittipideksus Bareskrim Polri terus memburu tersangka Suwito Ayub terkait kasus penipuan investasi dana nasabah KSP Indosurya.

NEWS | 3 Februari 2023

Tepis Pembatasan, Panitia Satu Abad NU: Semua Boleh Datang ke Sidoarjo

Wasekjen PBNU Rahmat Hidayat Pulungan menegaskan, acara puncak resepsi Satu Abad NU dipastikan terbuka untuk semua golongan masyarakat.

NEWS | 3 Februari 2023

Pertama di Indonesia, Bendungan Tamblang Gunakan Teknologi Inti Aspal

Presiden Jokowi meresmikan proyek Bendungan Tamblang yang dikerjakan oleh PTPP di Kabupaten Buleleng, Bali, dengan anggaran dari APBN senilai Rp 820 miliar.

NEWS | 3 Februari 2023

Duloh Mengaku Bersetubuh dengan Noneng Mertua Wowon Sebelum Membunuhnya

Solihin alias Duloh mengaku bahwa dirinya bersetubuh terlebih dahulu dengan Noneng Suryati, mertua Wowon sebelum akhirnya dibunuh.

NEWS | 3 Februari 2023

Menko Airlangga Apresiasi Progres Konstruksi Smelter Manyar

Menko Airlangga optimis konstruksi smelter Manyar milik PT Freeport Indonesia rampung tepat waktu pada Desember 2023.

NEWS | 3 Februari 2023

Toko Material di Pondok Labu Ludes Terbakar

Sebuah toko penjual material bangunan di Jalan Wijaya Kusuma, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, ludes terbakar, Jumat (3/2/2023) pagi.

NEWS | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Mutasi Perwira


# Ganjar


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tekan Stunting untuk Turunkan Kemiskinan, Ganjar Luncurkan Kancing Merah

Tekan Stunting untuk Turunkan Kemiskinan, Ganjar Luncurkan Kancing Merah

NEWS | 24 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE