Logo BeritaSatu

Menkes Sampaikan Dukacita Atas Gugurnya Nakes Gabriela Meilani

Senin, 20 September 2021 | 18:23 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan duka cita atas penyerangan Distrik Kiwirok Kabupaten Pegunungan Bintang oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua pada Senin, 13 April 2021 lalu yang mengakibatkan tenaga kesehatan (nakes) Gabriela Meilani gugur.

“Pemerintah khususnya Kementerian Kesehatan menyampaikan turut berduka cita yang mendalam dan menyesalkan peristiwa kekerasan oleh KKB (kelompok kriminal bersenjata) di Papua sehingga mengakibatkan salah satu tenaga kesehatan kami, saudari Gabriela Meilani gugur dalam melaksanakan tugas mulianya,” pada konferensi daring tentang “Perkembangan PPKM”, Senin (20/9/2021).

Budi menyebutkan, semua tenaga kesehatan memang sengaja dikirimkan ke seluruh pelosok Indonesia untuk berperang melawan musuh bersama Covid-19.

Untuk itu, Budi sangat berharap agar semua pihak bisa menjaga keamanan dan kenyamanan kerja dari seluruh tenaga kesehatan. Pasalnya, tugas tenaga kesehatan berat karena harus mengabdi di seluruh pelosok Indonesia.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan, tindakan tersebut sangat tidak terpuji.

"Ini sangat memprihatinkan. Apapun niatnya, apapun langkahnya, ini sangat tidak terpuji karena ketika yang jadi sasaran justru mereka-mereka yang selama ini melayani masyarakat Papua yang dalam banyak hal masih tertinggal dibandingkan saudara-saudaranya yang lain," kata Muhadjir, Senin (20/9/2021).

Muhadir menyebutkan, siapapun harus mendapat perlindungan dan pengamanan yang ketat. Terutama, para petugas layanan masyarakat seperti nakes yang ada di daerah rawan sehingga mereka bisa leluasa menjalankan tugas tanpa merasa khawatir dan terancam.

Menurutnya, untuk dapat lebih menjamin keamanan nakes tidak perlu membangun kembali fasilitas layanan kesehatan di dekat markas TNI/Polri. Selain memerlukan biaya yang tinggi, persoalan tanah adat dan ulayat juga tidak mudah untuk dilakukan pembebasan.

"Menurut saya ya aparatnya yang mendekati pusat-pusat pelayanan itu. Dibikin pos, didekatkanlah pos-pos penjagaan itu dengan pusat-pusat pelayanan," tutur Muhadjir.

Kendati demikian, Muhadjir meyakini Menko Polhukam dan TNI/Polri sudah melakukan upaya pengamanan secara ketat dan cepat. Hanya saja, kata Muhadjir, terutama bagi para petugas layanan masyarakat seperti nakes perlu pendampingan selama bertugas.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gandeng UKDW, Greatedu Dukung Program Merdeka Belajar

Platform pendidikan digital, Greatedu dan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta sepakat mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

NEWS | 27 September 2022

Kasus Lukas Enembe, KPK Tak Segan Ambil Tindakan Keras

Kasus Lukas Enembe, KPK menegaskan tidak akan segan mengambil tindakan keras dalam penanganan kasus dugaan suap dan gratifikasi Gubernur Papua tersebut.

NEWS | 27 September 2022

Kepala Sekolah Berperan Penting Gelorakan Indonesia Hebat

Kepemimpinan Indonesia diawali dan digelorakan dari sekolah-sekolah, dari anak-anak didik yang memiliki semangat untuk meraih cita-cita.

NEWS | 27 September 2022

Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe Dibatasi 6.000 Orang Undangan

Pemakaman kenegaraan Shizo Abe dibatasi maksimal untuk 6.000 orang undangan. Banyak politisi oposisi memilih untuk menghindar.

NEWS | 27 September 2022

OTT Hakim Agung, KPK Soroti Lemahnya Pengawasan di MA

Terkait OTT Hakim Agung MA Sudrajad Dimyati, KPK menyoroti lemahnya pengawasan di internal peradilan. 

NEWS | 27 September 2022

Disebut “Shadow Team” oleh Nadiem, Ini Peran GovTech Edu

GovTech Edu merupakan sebuah unit independen yang dibentuk Telkom untuk menghadapi tantangan besar yang ingin diselesaikan oleh Kemendikbudristek.

NEWS | 27 September 2022

Istima Ulama NTB Deklarasi Dukung Ganjar Jadi Presiden

Ratusan tuan guru, ulama, kiai, hingga cendekiawan muslim di Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan dukungannya kepada Ganjar Pranowo jadi presiden

NEWS | 27 September 2022

Seragam Baru Polisi Lalu Lintas Akan Dilengkapi Body Camera

Anggota polisi lalu lintas atau polantas akan memiliki seragam baru yang dilengkapi dengan body camera atau bodycam

NEWS | 27 September 2022

Rekam Medis Digital Hadapi Tantangan Perlindungan Data Pribadi

Tantangan implementasi rekam medis digital saat ini bukan hanya pengelolaan data medis tetapi juga termasuk perlindungan data pribadi pasien.

NEWS | 27 September 2022

Trem Kota Bogor Diusulkan Terkoneksi LRT Cibubur-Baranangsiang

Trem Kota Bogor diudulkan agar terkoneksi dengan dengan light rail transit (LRT) koridor Cibubur-Baranangsiang.

NEWS | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemain Mali Baku Hantam di Piala Dunia Bola Basket Wanita

Pemain Mali Baku Hantam di Piala Dunia Bola Basket Wanita

SPORT | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings