Logo BeritaSatu

Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya

Senin, 20 September 2021 | 18:22 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / JEM

Jakarta, Beritasatu.com – Dalam penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali yang kembali diperpanjang selama dua pekan kedepan, 21 September hingga 4 Oktober 2021, pemerintah memutuskan anak-anak di bawah usia 12 tahun bisa masuk ke area pusat perbelanjaan atau mal.

Dalam aturan Instruksi Menteri Dalam (Inmendagri) Nomor Nomor 42 tahun 2021 tentang tentang PPKM Level 4, 3, dan 2 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali yang berlaku mulai tanggal 14 hingga 20 September 2021, anak-anak di bawah usia 12 tahun dilarang masuk ke dalam pusat perbelanjaan atau mal.

Namun, beberapa waktu lalu, para pengusaha pusat perbelanjaan dan retail meminta kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar anak-anak di bawah usia 12 tahun diperbolehkan masuk ke dalam pusat perbelanjaan. Tampaknya, keinginan para pengusaha tersebut dikabulkan Presiden dengan adanya aturan baru dalam perpanjangan PPKM Jawa-Bali.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan seiring dengan kondisi situasi Covid-19 yang semakin baik serta implementasi protokol kesehatan dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi yang terus berjalan, maka ada beberapa penyesuaian dan pengetatan aktivitas masyarakat yang masih diberlakukan dalam periode pekan ini.

“Antara lain, akan dilakukan uji coba pembukaan pusat perbelanjaan atau mal bagi anak di bawah usia kurang dari 12 tahun,” kata Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan pers secara virtual, Senin (20/9/2021).

Dengan syarat, lanjut Luhut, harus dilakukan dengan pengawasan dan pendampingan orang tua. “Yang akan diterapkan di wilayah Jakarta, Bandung, Semarang, DI Yogyakarta, dan Surabaya,” ujar Luhut Binsar Pandjaitan.

Seperti diketahui, para pengusaha yang tergabung dalam berbagai asosiasi pengusaha meminta kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengizinkan kembali anak kecil masuk ke mal atau pusat perbelanjaan. Permintaan itu disampaikan para pengusaha saat bertemu dengan Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (8/9/2021).

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonsus Widjaja mengatakan seluruh asosiasi pengusaha, termasuk APPBI menyambut baik keputusan pemerintah yang terus memberikan kelonggaran terhadap operasional mal atau pusat perbelanjaan selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Terutama keputusan, waktu makan ditempat atau dine in yang diperpanjang menjadi 60 menit dari sebelumnya hanya 30 menit saja. Kebijakan ini akan mendorong peningkatan kunjungan masyarakat ke pusat perbelanjaan.

Namun, Alphonsus mengatakan masih ada satu harapan lagi yang sebetulnya diinginkan para pengusaha, yakni pemerintah kembali memperbolehkan anak-anak dibawah usia 12 tahun masuk ke pusat perbelanjaan.

“Tetapi sebetulnya, pusat perbelanjaan juga mengharapkan anak-anak di bawah usia 12 tahun itu bisa diperbolehkan masuk juga ke pusat perbelanjaan. Karena sekarang itu, di dalam pusat perbelanjaan itu kan praktis semua sudah divaksinasi,” ujar Alphonsus Widjaja.

Dengan begitu, lanjutnya, pusat perbelanjaan sudah relatif jauh lebih aman dan sehat. Sehingga seharusnya sudah tidak ada lagi pembatasan usia dan waktu makan di tempat. “Jadi itu yang kami harapkan sekarang,” tutur Alphonsus Widjaja.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo karena Kelalaian Anggota Polisi

Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo bukan aksi teror melainkan karena kelalaian anggota polisi yang menjadi korban ledakan.

NEWS | 25 September 2022

Ledakan di Asrama Polisi Diduga Berasal dari Bahan Petasan

Ledakan yang terjadi di Asrama Polisi Grogol Indah Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu (25/9/2022) diduga berasal dari bahan petasan.

NEWS | 25 September 2022

Mabes Polri Benarkan Ledakan di Asrama Polisi Sukoharjo

Mabes Polri membenarkan telah terjadi ledakan di Asrama Polisi Grogol Indah Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu (25/9/2022).

NEWS | 25 September 2022

Kapolda: Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo Bukan Aksi Teror

Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo ternyata karena kelalaian petugas dan bukan aksi teror yang sengaja ditujukan bagi aparat kepolisian.

NEWS | 25 September 2022

Indonesia Rintis Kerja Sama Lalu Lintas Data dengan Portugal

Indonesia tengah berupaya menjalin kerja sama konektivitas data internasional dengan menggunakan infrastruktur milik Portugal.

NEWS | 25 September 2022

Jelang Akhir Tahun, TECH Masuk Paket Saham ETF State Street

Menjelang akhir tahun 2022 saham PT IndoSterling Technomedia (TECH) berhasil masuk dalam Exchange Trade Fund (ETF).

NEWS | 25 September 2022

Kebakaran di Hutan Gunung Ciremai Berhasil Dipadamkan

Petugas gabungan beserta masyarakat setempat memadamkan kebakaran di kawasan hutan Taman Nasional Gunung Ciremai.

NEWS | 25 September 2022

Pemerintah Pusat Lakukan Pengawasan Sangat Ketat Dana Otsus Papua

Pemerintah pusat akan melakukan pengawasan sangat ketat terkait dana otonomi khusus (otsus) Papua.

NEWS | 25 September 2022

Mahfud Tegaskan KPK Punya Mekanisme soal Pemeriksaan Lukas Enembe

Mahfud MD menegaskan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki mekanisme terkait pemeriksaan terhadap Gubernur Papua, Lukas Enembe.

NEWS | 25 September 2022

Target Rumah DP Rp 0 Turun Drastis, Riza: Disesuaikan Masa Penjabat Gubernur

Pemprov DKI menurunkan jumlah target pembangunan rumah DP Rp 0. Hal itu karena menyesuaikan dengan masa jabatan penjabat (pj) gubernur DKI Jakarta.

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lavani Tampil Meyakinkan di Laga Perdana Livoli 2022

Lavani Tampil Meyakinkan di Laga Perdana Livoli 2022

SPORT | 10 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings