Logo BeritaSatu

Pentingnya Melakukan Premarital Check Up Sebelum Menikah

Sabtu, 25 September 2021 | 17:26 WIB
Oleh : Indah Handayani / FER

Bekasi, Beritasatu.com - Momentum pernikahan merupakan hal sakral yang saling bersambungan dari berbagai faktor kehidupan. Satu hal penting akan momentum pernikahan adalah terciptanya keadaan sehat jasmani dan rohani dari calon suami istri tersebut. 



Dokter spesialis kandungan dan kebidanan Siloam Hospitals Bekasi Sepanjang Jaya, dr Tony Winata SpOG mengatakan keadaan sehat jasmani dan rohani merupakan faktor penentu dalam menyambut rencana pernikahan.

"Karenanya perlu melakukan premarital check-up, minimal enam bulan sebelum dilangsungkannya hari pernikahan. Hal itu guna memenuhi waktu penatalaksanaan apabila terdeteksi adanya masalah kesehatan dari kedua pasangan," ungkap dr Tony, Sabtu (25/9/2021).

Menurut dr Tony, melakukan premarital check up banyak memiliki manfaat. Hal itu mulai dari mendeteksi dan mencegah penyakit menular, menyembuhkan penyakit dengan menyesuaikan waktu sebelum persiapan pernikahan.

"Hal penting lainnya, dapat mempersiapkan cara kehamilan terbaik dan menghasilkan keturunan yang sangat berkualitas. Dengan melakukan premarital check up, turut pula melengkapi beberapa vaksin yang diperlukan," imbuh dr Tony. 



Adapun tujuan premarital check up lainnya adalah mencegah penularan penyakit kepada pasangan dan calon anak kelak. Selain bermanfaat guna mengetahui status kesehatan pasangan dan mendeteksi penyakit menular, seperti hepatitis B dan HIV/AIDS, pun mendeteksi potensi penyakit atau kelainan genetik, seperti anemia sel sabit, thalasemia, dan hemofilia.

Lebih lanjut, dr Tony mengatakan, salah satu penyakit genetik yang dapat dicegah dengan pemeriksaan ini adalah thalasemia. Penyakit ini terjadi ketika sel darah merah tidak dapat menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh dengan baik.

Jenis tes yang dilakukan adalah tes golongan darah, berguna untuk menyajikan sejumlah informasi dalam mempersiapkan garis keturunan.

"Jika golongan darah dari pasangan yang akan menikah, tidak cocok, hal tersebut dapat memengaruhi perkembangan bayi di dalam rahim, atau meningkatkan potensi adanya masalah kesehatan pada anak di masa depan," imbuhnya.

Tes selanjutnya adalah tes kelainan darah. Kelainan darah merupakan kondisi kesehatan yang berkepanjangan dan dapat mempengaruhi kesehatan kehamilan.

Bayi yang lahir dari ibu dengan kelainan darah memiliki kemungkinan lebih besar untuk menderita penyakit yang sama. Ada pula tes penyakit menular seksual yang berguna mengantisipasi potensi penularan.

Tes penyakit genetik dalam premarital check up, tes ini dapat dilakukan untuk memeriksa diabetes, kanker, hipertensi, penyakit jantung, dan lain sebagainya.



"Secara detail, penataan premarital check up merupakan serangkaian tes kesehatan yang dilakukan calon suami istri yang meliputi konsultasi, rontgen dan laboratorium," pungkas dr Tony.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kepala Sekolah Berperan Penting Gelorakan Indonesia Hebat

Kepemimpinan Indonesia diawali dan digelorakan dari sekolah-sekolah, dari anak-anak didik yang memiliki semangat untuk meraih cita-cita.

NEWS | 27 September 2022

Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe Dibatasi 6.000 Orang Undangan

Pemakaman kenegaraan Shizo Abe dibatasi maksimal untuk 6.000 orang undangan. Banyak politisi oposisi memilih untuk menghindar.

NEWS | 27 September 2022

OTT Hakim Agung, KPK Soroti Lemahnya Pengawasan di MA

Terkait OTT Hakim Agung MA Sudrajad Dimyati, KPK menyoroti lemahnya pengawasan di internal peradilan. 

NEWS | 27 September 2022

Disebut “Shadow Team” oleh Nadiem, Ini Peran GovTech Edu

GovTech Edu merupakan sebuah unit independen yang dibentuk Telkom untuk menghadapi tantangan besar yang ingin diselesaikan oleh Kemendikbudristek.

NEWS | 27 September 2022

Istima Ulama NTB Deklarasi Dukung Ganjar Jadi Presiden

Ratusan tuan guru, ulama, kiai, hingga cendekiawan muslim di Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan dukungannya kepada Ganjar Pranowo jadi presiden

NEWS | 27 September 2022

Seragam Baru Polisi Lalu Lintas Akan Dilengkapi Body Camera

Anggota polisi lalu lintas atau polantas akan memiliki seragam baru yang dilengkapi dengan body camera atau bodycam

NEWS | 27 September 2022

Rekam Medis Digital Hadapi Tantangan Perlindungan Data Pribadi

Tantangan implementasi rekam medis digital saat ini bukan hanya pengelolaan data medis tetapi juga termasuk perlindungan data pribadi pasien.

NEWS | 27 September 2022

Trem Kota Bogor Diusulkan Terkoneksi LRT Cibubur-Baranangsiang

Trem Kota Bogor diudulkan agar terkoneksi dengan dengan light rail transit (LRT) koridor Cibubur-Baranangsiang.

NEWS | 27 September 2022

IPW Jelaskan Posisi Anggota DPR Terkait Private Jet Brigjen Hendra

IPW menjelaskan posisi anggota DPR yang meminta kepolisian menyelidiki penggunaan private jet oleh Brigjen Hendra Kurniawan yang diduga milik bandar judi.

NEWS | 27 September 2022

Pemkot: Trem di Kota Bogor Butuh Anggaran Rp 1,2 Triliun

Pemkot Bogor membutuhkan anggaran sebesar Rp 1,2 triliun untuk mewujudkan pembangunan trem

NEWS | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
6 Cara Mengatasi Ketiak Basah yang Mengganggu dan <em>Bikin </em>Malu

6 Cara Mengatasi Ketiak Basah yang Mengganggu dan Bikin Malu

NEWS | 29 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings