Logo BeritaSatu

Tes PCR Saliva, Alternatif Uji Covid-19

Sabtu, 20 November 2021 | 21:51 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.comTes Covid-19 menggunakan saliva air ludah menjadi inovasi baru pemeriksaan untuk menentukan seseorang positif atau negatif penyakit yang disebabkan virus corona tersebut. Berbeda dengan tes swab yang seringkali dirasa “menyiksa”, metode pemeriksaan saliva lebih “ramah” bahkan untuk anak-anak dan lansia.

“Karena tes swab seringkali menyakitkan bagi pasien, kami telah memutuskan untuk bekerja sama dengan Nalagenetics untuk menawarkan tes PCR saliva yang diharapkan dapat digunakan secara luas untuk anak-anak dan Lansia,” kata dr Deborah Theresia, ahli patologi klinis Triha Lab, yang diluncurkan Sabtu (20/11/2021).

“Apalagi sekarang Jakarta sudah berstatus PPKM Level 1, diharapkan layanan ini dapat bermanfaat bagi anak-anak dalam bersekolah kembali,” dia menambahkan.

Triha Lab adalah laboratorium molekular biologi yang berfokus pada tes diagnostik Covid-19 yang berlokasi di kawasan Pecenongan Jakarta Pusat, didirikan oleh Triha Clinic dan didukung oleh Redtop Hotel dan Nalagenetics.

Klinik ini menggunakan Quickspit dalam tes Covid-19 berbasis saliva. Penelitian yang dilakukan oleh Nalagenetics dan FKIK Atma Jaya dalam makalah yang diterbitkan secara internasional di Frontiers menunjukkan Quickspit memiliki akurasi 97% dibandingkan dengan swab nasofaring dan oropharyngeal.

Quickspit dirancang untuk digunakan oleh lansia dan anak-anak, untuk memberi alternatif yang lebih nyaman dalam pengetesan Covid-19. Tes Saliva PCR dengan QuickSpit tersedia di Triha Clinic dengan hasil 1x24 jam dan layanan sameday dengan harga mulai Rp 245.000. Triha menyediakan layanan walk-in dan datang ke rumah (homecare).

Triha juga berkolaborasi dengan Nalagenetics untuk membangun biobank, melalui pengumpulan sampel VTM dan saliva. Biobank merupakan "bank biologis” yang mengumpulkan informasi genetik untuk tujuan studi genetik. Hal ini penting karena data genom yang tersedia pada populasi Asia, terutama negara-negara Asia Tenggara sangat minim.

"Penelitian genom penting untuk memberikan perawatan terbaik bagi pasien. Sebagai contoh, ditemukan bahwa pada populasi Indonesia yang menderita kanker payudara, sekitar 30% perlu mengubah resep dosis daripada yang direkomendasikan untuk pengobatan mereka," kata Direktur Klinik Triha, dr Catherine Tjahjadi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kakorlantas Singgung Pungli yang Dialami Komika Soleh Solihun

Kakorlantas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Firman Shantyabudi menyinggung mengenai pungutan liar (pungli) yang dialami komika Soleh Solihun.

NEWS | 3 Oktober 2022

Operasi Zebra Jaya 2022 digelar Serentak di 33 Polda

Polda Metro Jaya menggelar Operasi Zebra Jaya 2022 serentak di 33 Polda di seluruh Indonesia

NEWS | 3 Oktober 2022

Kasus Brigadir J, AKP Rifaizal Samual Jalani Sidang Etik Hari Ini

Mantan Kanit 1 Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKP Rifaizal Samual menjalani sidang etik pada hari ini imbas dari kasus dugaan pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tiba di DPP Nasdem, Anies Hanya Tersenyum dan Acungkan Jempol

Anies Baswedan tiba di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta Pusat pada Senin (3/10/2022). Hari ini Nasdem mengumumkan capres yang diusung di Pilpres 2024. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Operasi Zebra Jaya 2022, Polda Metro Jaya Kerahkan 3.070 Personel

Operasi Zebra Jaya 2022 dimulai pada Senin (3/10/2022). Polda Metro Jaya menggelar apel kesiapan di Markas Polda Metro Jaya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Bima Arya Puji Semangat Kolaborasi Anies Baswedan

Wali Kota Bogor Bima Arya menyampaikan puja-puji atas kerja kolaborasi yang dilakukan Gubernur DKI Anies Baswedan terhadap kota sekitar.

NEWS | 3 Oktober 2022

Masyarakat Jambi Deklarasi Dukung Sandiaga Maju Pilpres 2024

Relawan Teman Sandi memfasilitasi masyarakat Jambi menggelar deklarasi mendukung Sandiaga Uno maju Pilpres 2024.

NEWS | 3 Oktober 2022

PSSI Larang Arema FC Berlaga di Stadion Kanjuruhan

PSSI melarang Arema FC untuk berlaga di Stadion Kanjuruhan atau menjadi tuan rumah hingga akhir pelaksanaan Liga 1 musim ini buntut dari tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, DPR Minta PSSI Akui Kelemahan ke FIFA

Andreas Pareira meminta PSSI segera menjelaskan ke FIFA serta dunia internasional mengenai tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Presiden Jokowi: Pandemi Covid-19 Segera Berakhir

Presiden Jokowi menyatakan pandemi Covid-19 di Indonesia segera berakhir setelah melanda lebih dari dua tahun lamanya.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, Mahfud Minta Polri Segera Ungkap Pelaku

Tragedi Kanjuruhan, Mahfud Minta Polri Segera Ungkap Pelaku

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings