Logo BeritaSatu

Kolaborasi Danone dan LP Ma’arif NU Edukasi Gizi Remaja

Selasa, 23 November 2021 | 22:54 WIB
Oleh : Amrozi Amenan / FER

Surabaya, Beritasatu.com - Danone Indonesia berkolaborasi dengan Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP Ma’arif NU) untuk memberikan edukasi kesehatan melalui program Generasi Sehat Indonesia (Gesid) kepada kalangan remaja.

VP General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto mengatakan, program kolaborasi ini saat ini sedang dijalankan di 3 kabupaten di Jawa Timur, yakni Probolinggo, Pasuruan dan Jember, yang melibatkan 40 sekolah, 80 guru dan 400 kader Gesid.

"Harapannya, program ini akan bisa menjangkau 21.045 satuan pendidikan LP Ma’arif NU yang tersebar di Indonesia dari Sabang sampai Merauke," ujar Vera usai penandatanganan kerja sama program Gesid di Surabaya, Selasa (23/11/2021).

Vera menjelaskan, Danone Indonesia dan LP Maarif NU dalam program ini, bersama-sama memberikan edukasi, pendampingan dan evaluasi program secara berkala untuk mengukur pemahaman dari para siswa dan guru disekolah.

“Kami berharap program ini dapat dilakukan di banyak sekolah menengah lain, sehingga akan lahir duta-duta Gesid yang membantu lebih banyak remaja untuk memahami dan menerapkan pola makan dengan gizi seimbang,” jelasnya.

Dikatakan, menyadari akan pentingnya intervensi terhadap kesehatan remaja khususnya pemahaman akan kebutuhan gizi dalam bentuk edukasi, sejak akhir 2020 Danone Indonesia menggandeng Fema IPB untuk menghadirkan panduan Gesid yang ditujukan bagi remaja sekolah menengah, tingkat SMP hingga SMA.

"Panduan Gesid dengan fokus untuk pencegahan stunting dengan membangun generasi sehat melalui gizi dan kesehatan meliputi gizi seimbang, gizi remaja, anemia, 1000 HPK dan stunting, pubertas dan merawat kesehatan reproduksi sehingga rantai stunting dapat diputus sejak dini,” terang Vera.

Ketua Lembaga Pendidikn Ma’rif NU PBNU KH Arifin Junaidi menyatakan, kolaborasi melalui program Gesid ini bertujuan untuk melakukan penguatan pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dan madrasah pada isu kesehatan dan gizi remaja.

"Melalui program ini, diharapkan dapat terjadi perubahan sikap dan perilaku yang positif di sekolah dan madrasah untuk SDM Indonesia yang sehat, berkarakter, berdaya saing tinggi, dan memiliki produktivitas yang membanggakan demi terciptanya generasi emas Indonesia," kata Arifin.

Arifin menambahkan, pihaknya melihat beberapa manfaat seperti manfaat secara akademis, dimana satuan pendidikan di Ma’arif NU baik guru maupun pelajar akan meningkat pengetahuannya tentang Gizi.

Kedua, manfaat secara sosial yaitu bisa menggugah solidaritas masyarakat dan kesadaran mereka akan pentingnya gizi pada remaja. Dan terakhir manfaat secara politis bisa mendorong kebijakan pemerintah untuk lebih peduli pada gizi dan kesehatan remaja.

"Karena begitu besarnya jumlah satuan pendidikan yang ada di lingkungan LP Maarif NU, maka LP Ma’arif NU menetapkan bahwa skema dari program ini bersifat berkesinambungan atau snowballing effect dimana kegiatan ini akan akan terus menggelinding menjadi dampak yang banyak dan besar meskipun dimulai dengan langkah yang kecil,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# BRI Majalengka


# Perumahan Pantai Mutiara


# UU PPP


# UAS


# Harga CPO


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Samsung Group Janjikan Investasi Senilai Rp 5.207 Triliun

Samsung Group Janjikan Investasi Senilai Rp 5.207 Triliun

NEWS | 19 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings