Logo BeritaSatu

Kenali Infeksi Lever, Penyakit yang Diidap Ameer Azzrika

Senin, 29 November 2021 | 10:50 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Kabar duka datang dari keluarga mendiang ustaz Arifin Ilham. Putra keduanya bernama Ameer Azzikra meninggal dunia pada Senin (29/11/2021) pada dini hari.

Kabar duka tersebut diumumkan oleh kakak Ameer Azzikra, Alvin Faiz. Melalui Instagramnya, Alvin Faiz mengunggah foto hitam putih kebersamaannya dengan Ameer Azzikra.

Advertisement

"Innalillahiwainnailaihirojiun, telah wafat adik kami tersayang Muhammad Amer Azzikra @ameer_azzikra. Mohon dimaafkan segala kesalahan amer, insyaAllah berkumpul di surga sekarang bersama Abi, Aamiin," tulis Alvin dalam postingan tersebut.

Sebelum meninggal, Ameer sempat dilarikan ke rumah sakit dan mendapat penanganan intensif di ruang ICU. Diketahui, ia mengalami infeksi lever. Kepergian Ameer menyisakan duka mendalam bagi sang istri, Nadzira Shafa. Meski begitu, ia mencoba ikhlas untuk melepas sang suami untuk selamanya.

Infeksi lever menjadi salah satu masalah kesehatan yang cukup mengkhawatirkan. Pada kondisi tertentu, penyakit tersebut bisa menyebabkan kematian.

Sekjen Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (Papdi), Eka Ginanjar mengatakan infeksi lever menjadi salah satu masalah kesehatan yang cukup mengkhawatirkan. Dalam kondisi tertentu, penyakit tersebut memang bisa menyebabkan penderitanya meninggal dunia.

"Infeksi lever dan paru-paru bisa mulai dari ringan hingga berat, tergantung kondisi umumnya. Tetapi bagaimanapun hal itu jangan dianggap remeh. Saya tidak tahu detail yang dialami beliau (Ameer Azzikra) bagaimana pastinya," katanya ketika dihubungi Beritasatu.com, Senin (29/11/2021).

Menurutnya, secara global orang yang sudah mengidap penyakit ini sebaiknya benar-benar menjaga kesehatannya benar. Diketahui sumber penyakit infeksi lever ini bisa berasal dari makanan, napas maupun pola hidup tidak sehat, sehingga membuat daya tahan tubuhnya melemah.

"Bila sudah mengalami hal tersebut, secepatnya langsung ke rumah sakit untuk segera memeriksakan diri dan mendapatkan perawatan. Dokter pun bisa secepatnya mendeteksi seberapa berat penyakit dan jenis tingkatnya. Jangan tunggu kondisi tubuh bertambah parah," urai dokter spesialis penyakit dalam kardiovaskular ini.

Ia pun menyarankan, bagi masyarakat yang merasa dadanya tidak nyaman atau tidak enak seperti ada tekanan dan sudah mengetahui ada penyakit lever atau paru, segera periksakan diri secara rutin.

"Penyakit lever itu bisa juga berasal atau menurun dari orang tua yang ditularkan dari jenis darah tertentu yakni dari ibu ke anak. Tetapi kalau dari ayah tidak. Tetapi itu sangat luas dan jenisnya banyak," jelas dia.

Eka meminta masyarakat untuk selalu menjaga pola makan dan gaya hidup sehat di tengah pandemi ini. Bila alami keluhan, jangan menunda untuk segera memeriksakan diri ke dokter agar lebih tepat tatalaksana langkah yang harus diambil.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PDUI Minta Masyarakat Bijak Pilih Kemasan Pangan

PDUI meminta masyarakat agar lebih bijak memilih kemasan pangan yang aman untuk menghindari bahaya keracunan EG dan DEG.

NEWS | 29 Januari 2023

Tandan Pisang Setinggi 2 Meter Hebohkan Warga Kudus

Warga di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dibuat heboh dengan adanya tandan pisang yang menjulur dari atas sampai ke bawah setinggi 2 meter.

NEWS | 29 Januari 2023

Jembatan Putus, 4 Anggota TNI dan Polri Hilang di Sungai Digoel Papua

Tiga anggota Polri dan satu anggota TNI dikabarkan hilang di Sungai Digoel, Distrik Iwur Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan. 

NEWS | 29 Januari 2023

Jalur Semarang-Grobogan Ambles Sepanjang 25 Meter

Jalur utama yang menghubungkan antara Kabupaten Grobogan dengan Kota Semarang, Jawa Tengah, tepatnya di Desa Gubug, Grobogan, ambles.

NEWS | 29 Januari 2023

7 Pelaku Perusakan Bus Persis Solo Ditangkap Polisi

Polres Tangerang Selatan menangkap tujuh suporter yang diduga pelaku perusakan bus Persis Solo usai pertandingan melawan Persita Tangerang, Sabtu (28/1/2023).

NEWS | 29 Januari 2023

Masuki Peralihan Musim, BMKG Imbau Masyarakat Waspada

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kondisi cuaca pada saat peralihan musim.

NEWS | 29 Januari 2023

Pura-pura Hendak Salat Duha, Pasangan Suami Istri Curi Kotak Amal Terekam CCTV

Pasangan suami istri yang berpura pura hendak menjalankan salat Duha terekam kamera pengawas CCTV mencuri uang dalam kotak amal masjid.

NEWS | 29 Januari 2023

Serahkan Diri, Sopir Audi Tersangka Penabrak Mahasiswi Cianjur Diperiksa Polisi

Sopir Audi A6 berinisial SG, tersangka kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswi Cianjur, Selvi Amalia Nuraini sedang diperiksa Polres Cianjur. 

NEWS | 29 Januari 2023

Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Tiga Hari ke Depan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut wilayah DKI Jakarta berpotensi diguyur hujan lebat selama tiga hari ke depan.

NEWS | 29 Januari 2023

Banjir di Jalan Bangun Nusa Raya Cengkareng karena Drainase Buruk

Banjir yang kerap melanda Jalan Bangun Nusa Raya, Cengkareng, Jakarta Barat disebabkan sistem drainase yang buruk.  

NEWS | 29 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Keketuaan ASEAN 2023 Jaga Stabilitas Episentrum Ekonomi

Keketuaan ASEAN 2023 Jaga Stabilitas Episentrum Ekonomi

EKONOMI | 21 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE