Logo BeritaSatu

Natal, Pengurus Gereja Wajib Siapkan Petugas Awasi Prokes

Senin, 29 November 2021 | 19:52 WIB
Oleh : WM

Jakarta, Beritasatu.com - Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro mengatakan, setiap pengurus dan pengelola gereja berkewajiban untuk menyiapkan petugas untuk mengawasi protokol kesehatan (prokes) pada saat Hari Natal mendatang.

“Pengurus dan pengelola gereja berkewajiban untuk menyiapkan petugas untuk mengawasi protokol kesehatan seperti melakukan disinfeksi berkala,” kata Reisa dalam Siaran Sehat Bersama Dokter Reisa bertajuk "Apakah Vaksin Covid-19 Tetap Ampuh di 2022," di Jakarta, Senin (29/11/2021).

Reisa mengatakan, dalam menyambut Hari Natal tahun 2021, diperlukan sejumlah usaha yang ketat dalam menjalankan prokrs guna menghindari penyebaran Covid-19 kembali meningkat dengan cepat.

Berdasarkan inmendagri 62/2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 pada saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, beberapa petunjuk pelaksanaan ibadah Natal di antaranya dengan gereja perlu membentuk Satgas Protokol Kesehatan Penanganan Covid-19 yang berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 di daerah yang bersangkutan.

Selain itu pengurus gereja juga harus memastikan pihak yang terlibat dalam acara tersebut menggunakan aplikasi PeduliLindungi baik saat masuk ataupun keluar dari gereja.

Dalam hal tersebut, diharapkan pengurus hanya mengizinkan jemaat yang masuk dalam kategori kuning dan hijau atau yang sudah divaksinasi untuk masuk mengikuti acara hari besar itu serta mengatur arus mobilitas jemaat dan pintu masuk atau keluar gereja guna memudahkan penerapan dan pengawasan protokol kesehatan.

Reisa juga menyarankan agar pelaksanaan ibadah dan perayaan natal dapat dilakukan secara sederhana dan lebih menekankan persekutuan di tengah keluarga maupun diselenggarakan secara hybrid (online) dengan tata ibadah yang disiapkan yakni membatasi jumlah umat dalam kegiatan tersebut kurang dari 50% dari kapasitas gereja.

Ia berharap, semua pihak dapat tertib menjalankan protokol kesehatan sehingga jumlah kasus positif tetap landai dan waspada mengantisipasi terjadinya mutasi dari varian Covid-19 pada saat libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.
“Tertib protokol kesehatan tidak hanya berguna agar kita terhindar dari Covid-19, namun juga meminimalisir adanya potensi adanya mutasi dan varian baru di kemudian hari. Lindungi diri kita, lindungi Indonesia. Insyaallah kita bisa akhiri pandemi bersama-sama,” ucap Reisa.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Banjir Perumahan Dosen IKIP Bekasi Capai 1 Meter

Banjir di Perumahan Dosen IKIP, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, disebebkan luapan kali yang melintas di perumahan tersebut.

NEWS | 4 Oktober 2022

Megawati Minta Prajurit TNI Paham Pancasila dan Geopolitik

Menurut Megawati Soekarnoputri, memahami Pancasila berarti mengetahui sejarah bangsa dan negara Indonesia.

NEWS | 4 Oktober 2022

Kasus Hakim Agung Sudrajad, KPK Tahan Debitur Koperasi Intidana

KPK melakukan penahanan terhadap tersangka pemberi suap lainnya dalam kasus hakim agung pada Mahkamah Agung (MA) Sudrajad Dimyati.

NEWS | 4 Oktober 2022

Puan Ajak Anggota DPR Heningkan Cipta untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Ketua DPR Puan Maharani menutup masa persidangan I DPR tahun sidang 2022-2023 dalam rapat paripurna.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Sahroni Apresiasi Langkah Tegas Kapolri

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengapresiasi ketegasan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam menangani tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Jenguk Keluarga, Eks Menpora Imam Nahrawi Izin Keluar Lapas Sukamiskin

Eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memperoleh izin keluar dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin dalam waktu tiga hari.

NEWS | 4 Oktober 2022

AMPI Sampaikan Belasungkawa kepada Para Korban Tragedi Kanjuruhan

Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) menyampaikan belangsungkawa kepada para korban tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Banjir Rendam Tiga Perumahan di Bekasi Akibat Hujan Deras

Hujan deras yang mengguyur Kota Bekasi dan sekitarnya menyebabkan banjir di sejumlah perumahan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Survei SSI, 28,9 % Pemilih PDIP Dukung Prabowo Subianto

Dalam Survei SSI, PDIP mendapat sebesar 19,6 persen suara pemilih. Namun, dari 100 persen pemilih PDIP, tapi 28,9 persen di antaranya akan memilih Prabowo.

NEWS | 4 Oktober 2022

Perwira TNI AL Bawakan Lagu Karya Bung Karno, Megawati Ikut Menari

Saat para perwira TNI di Seskoal membawakan tari dan lagu "Bersuka Ria" karya Bung Karno, Megawati tak kuasa ikut menari bersama.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, Seluruh Kompetisi Eropa Adakan Mengheningkan Cipta <em></em>

Tragedi Kanjuruhan, Seluruh Kompetisi Eropa Adakan Mengheningkan Cipta

BOLA | 16 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings