Logo BeritaSatu

BioNTech Mulai Garap Vaksin untuk Lawan Omicron

Selasa, 30 November 2021 | 21:39 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Berlin, Beritasatu.com- Perusahaan biotek Jerman BioNTech menyatakan telah mulai mengerjakan vaksin Covid-19 yang direkayasa untuk melawan varian Omicron. Seperti dilaporkan RT, Senin (29/11/2021), Omicron memiliki mutasi signifikan yang memungkinkannya melewati perlindungan yang ditawarkan oleh vaksin saat ini.

Dalam satu pernyataan pada Senin, BioNTech menyatakan tidak jelas apakah perlu meluncurkan versi yang diubah dari vaksin Covid-19 yang ada untuk melawan varian Omicron. Namun BioNTech telah mulai bekerja untuk menyesuaikan vaksinnya terhadap tekanan virus mutan itu.

“Langkah pertama mengembangkan vaksin baru yang potensial tumpang tindih dengan penelitian yang diperlukan untuk mengevaluasi apakah vaksin baru akan diperlukan,” kata perusahaan itu, menurut Reuters.

Perusahaan biotek menyatakan bahwa pembuatan vaksin yang diadaptasi adalah bagian dari prosedur standar untuk varian baru.

Pada Jumat, BioNTech menyatakan pihaknya mengharapkan lebih banyak data laboratorium dalam beberapa minggu mendatang, yang akan membantu mereka menentukan apakah mereka perlu meluncurkan vaksin khusus Omicron.

Berbicara pada Senin, CEO Pfizer Albert Bourla mengatakan kepada CNBC bahwa perusahaan, yang mengembangkan vaksinnya bersama BioNTech, telah membuat template baru dalam mengembangkan vaksin baru untuk Omicron.

Bourla mengatakan bahwa Pfizer memiliki kapasitas untuk membuat hampir empat miliar dosis vaksin pada tahun 2022.

Moderna, yang juga membuat vaksin mRNA, menyatakan pihaknya juga telah memulai desain ulang vaksin Covid-19 ketika varian Omicron menyebar. Namun CEO Moderna, Stéphane Bancel mengatakan bahwa perlu waktu berbulan-bulan untuk mulai mengirimkan vaksin baru.

Kedatangan varian Omicron, yang pertama kali diidentifikasi minggu lalu di Botswana, telah memicu kekhawatiran gelombang infeksi mematikan lainnya di seluruh dunia, dengan Israel, Jepang, dan Maroko semuanya menutup perbatasan negara untuk orang asing.

Penelitian di Rumah Sakit Bambino Gesu di Roma telah menunjukkan bahwa Omicron memiliki 43 mutasi protein lonjakan, lebih banyak 18 dari pada varian Delta. Para ilmuwan mengatakan mutasi dapat memungkinkan strain untuk menghindari kekebalan yang diinduksi vaksin dan yang diperoleh dari infeksi sebelumnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Peretas menjual data rahasia nomor PM Inggris dan para pejabat tinggi lainnya. Situs web AS mencantumkan rincian kontak terbaru hampir semua menteri Inggris.

NEWS | 3 Oktober 2022

Rabu, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Dkk

Pelimpahan tahap II Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk), tersangka tindak pidana pembunuhan Brigadir J dilaksanakan pada Rabu (5/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tiga Mahasiswa Tewas Tenggelam di Pantai Klui Lombok Utara

Sebanyak tiga mahasiswa tewas tenggelam di Pantai Klui, Dusun Kelui, Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Minggu (2/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Musim Dingin di Eropa, Ilmuwan Peringatkan Cuaca Lebih Dingin

Ilmuwan memperingatkan perubahan cuaca yang lebih dingin dari biasanya saat musim dingin mendatang di Eropa

NEWS | 3 Oktober 2022

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

Pendiri FPCI, Dino Patti Djalal menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah membawa Jakarta berkembang pesat selama lima tahun belakangan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung agar kompetisi sepak bola dihentikan sementara imbas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Relawan Perkenalkan Ganjar Pranowo Lewat Turnamen PUBG Mobile

Sahabat Ganjar memperkenalkan sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada masyarakat di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung melalui turnamen PUBG mobile.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kasus Ferdy Sambo, Mahfud MD Sebut Divisi Propram Polri Akan Dirombak

Mahfud MD mengatakan pemerintah merekomendasikan perombakan secara terbatas Divisi Propam Polri buntut dari kasus Brigadir J yang menjerat Ferdy Sambo. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Waspada, Gas Air Mata Bisa Berdampak Fatal

Dokter spesialis mata Eka Hospital Bekasi, Moh Arief Herdiawan meminta masyarakat agar mewaspadai gas air mata karena bisa berdampak fatal.

NEWS | 3 Oktober 2022

Bima Arya Mengaku Menikmati Kerja Sama dengan Anies Baswedan

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengaku menikmati jalinan kerja sama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam mengelola daerahnya.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Musim Dingin di Eropa, Ilmuwan Peringatkan Cuaca Lebih Dingin

Musim Dingin di Eropa, Ilmuwan Peringatkan Cuaca Lebih Dingin

NEWS | 14 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings