Logo BeritaSatu

Platform Ini Permudah Perempuan Melacak Siklus Menstruasi

Rabu, 1 Desember 2021 | 12:45 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Satu dari tiga perempuan di Indonesia mengalami period poverty, yaitu kesulitan akses untuk mendapatkan produk kebutuhan menstruasi, fasilitas yang aman dan higienis, serta akses pengetahuan mengenai menstruasi.

Period poverty sendiri disebabkan oleh kurangnya edukasi mengenai menstruasi dan kesehatan reproduksi perempuan karena hal ini tidak disosialisasikan secara komprehensif di sekolah ataupun di lingkungan sosial.

Akibatnya, banyak perempuan muda yang akhirnya enggan pergi ke sekolah atau tempat kerja, karena mengalami nyeri menstruasi yang parah dan tidak pernah diajarkan cara mengatasinya.

Co-Founder Nona, Nicole Jizhar, mengatakan, Nona memiliki dedikasi untuk menciptakan sebuah gerakan yang dituangkan melalui aplikasi Nona Woman agar perempuan di Indonesia mendapatkan edukasi yang layak tentang hormon, siklus menstruasi, dan women empowerment, sehingga setiap perempuan dapat lebih mengenali diri dan tubuh mereka sendiri.

"Nona resmi meluncurkan aplikasi kalender siklus menstruasi atau period tracker pertama di Indonesia pada tanggal 22 November 2021. Melalui aplikasi ini, Nona ingin para penggunanya dapat kembali selaras dengan perubahan hormonal sepanjang siklus menstruasi, dan benar-benar mendengarkan apa yang tubuh mereka butuhkan," ujar Nicole dalam keterangannya kepada Beritasatu.com, Rabu (1/12/2021).

Nicole menjelaskan, pengguna aplikasi Nona Woman dapat memantau siklus menstruasi, mengidentifikasi pola-pola yang terjadi dalam tubuh, memahami dan memelihara tubuh, serta berbagi cerita dan pengalaman dengan sesama perempuan di Indonesia. "Aplikasi Nona Woman sendiri, saat ini sudah dapat diunduh secara gratis oleh pengguna iOS dan Android," jelasnya.

Menurut Nicole, pihaknya ingin setiap perempuan mengetahui bahwa ketidakseimbangan hormon serta pengalaman menstruasi yang tidak nyaman dapat diatasi melalui perubahan gaya hidup. Menstruasi tidak harus menjadi sebuah pengalaman yang menyebalkan, melainkan menandakan seorang perempuan adalah sosok yang sehat dan kuat.

"Melalui platform Nona, saya juga berharap perempuan Indonesia bisa mendapatkan komunitas dan support system baru, serta dapat saling bertukar informasi dan pengalaman, sehingga kita tidak merasa sendirian," tandasnya.

Co-Founder Nona, Monica Pranatajaya, menambahkan, kepedulian Nona terhadap kesehatan perempuan semakin terlihat jelas melalui kampanye #PeriodRevolution. Semangat untuk mendobrak pandangan sosial yang masih tabu terhadap perempuan dan menstruasi terpampang nyata melalui platform media sosial - Instagram. Konten yang disuguhkan Nona memang bersifat kontroversial dan provokatif, namun tetap menyenangkan dan informatif.

"Sama seperti Nicole, saya sendiri pernah melewati pengalaman buruk terkait kesehatan reproduksi. Selama 5 tahun, saya pernah harus mengonsumsi pil kontrasepsi tanpa paham betul apa dampak buruknya bagi tubuh. Setelah melalui perjalanan dan proses panjang, saya akhirnya tahu dan mengerti apa masalah yang sesungguhnya terjadi. Oleh karena itu, saya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada setiap perempuan Indonesia yang masih minim edukasi dan butuh dukungan dari sekitar,” ungkap Monica.

Menurut Monica, dalam waktu mendatang, Nona sudah mempersiapkan inovasi dan kejutan spesial dalam bentuk produk-produk FemCare yang dibuat untuk mendukung visi dan misi meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya edukasi dan informasi tentang kesehatan perempuan.

"Nona berharap setiap perempuan dapat terhubung kembali dengan tubuhnya dan memahami apa yang mereka butuhkan. Nona juga percaya bahwa setiap perempuan wajib dan berhak mendapatkan informasi yang tepat dan terpercaya mengenai kesehatan perempuan," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

IDI Duga Kuat Adenovirus Penyebab Hepatitis Akut

Ketua Dewan Pertimbangan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban mengungkapkan tersangka utama penyebab hepatitis akut masih adenovirus.

KESEHATAN | 15 Mei 2022

Entomolog Kesehatan: Obat dan Vaksin DBD Belum Ada

Entomolog Kesehatan Dinkes Kota Bogor mengingatkan, obat dan vaksin untuk melumpuhkan Aedes Aegypti dan Aedes Albocpictus pada kasus DBD belum ada

KESEHATAN | 15 Mei 2022

Usai Dipecat IDI, Dokter Terawan Jadi Dewan Pelindung PDSI

Mantan Menkes dokter Terawan Agus Putranto resmi bergabung dengan Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) usai dipecat oleh PB IDI.

KESEHATAN | 15 Mei 2022

Meski Kasus Covid-19 Melandai, Jakarta Penyumbang Terbanyak

Hari ini kasus Covid-19 harian dengan penambahan kasus terbanyak di DKI Jakarta dengan 93 kasus , disusul Jawa Barat dengan 40 kasus

KESEHATAN | 15 Mei 2022

Vaksinasi Covid-19 Dosis Lengkap Capai 166 Juta Suntikan

Untuk dosis lengkap cakupan vaksinasi Covid-19 mencapai 166.252.348 suntikan atau 79,82% dari target sasaran vaksinasi nasional sebanyak 208.265.720

KESEHATAN | 15 Mei 2022

Update Covid-19: Hari Ini Kemenkes Catat 257 Kasus

Hari ini, Kemenkes mencatat kasus harian Covid-19 di Indonesia terjadi penambahan 257 kasus baru, sehingga total kasus Covid-19 tercatat 6.050.776 kasus

KESEHATAN | 15 Mei 2022

Update: RSPI Sebut Ada 17 Kasus Hepatitis Akut di Indonesia

Dirut RSPI Sulianti Saroso dr Syahril Mansyur menyatakan hingga saat sudah ada 17 dugaan laporan kasus hepatitis akut di Indonesia.

KESEHATAN | 15 Mei 2022

Menkes Dorong Penggalangan Dana Darurat Pandemi ASEAN

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mendorong penggalangan dana darurat untuk penanggulangan pandemi di negara-negara anggota ASEAN.

KESEHATAN | 15 Mei 2022

ASEAN Bakal Bentuk Standar Protokol Kesehatan yang Sama

Negara anggota ASEAN akan mengeluarkan joint statement mengenai adopsi negara-negara ASEAN terhadap standar protokol kesehatan.

KESEHATAN | 15 Mei 2022

Menkes se-ASEAN Setuju Dirikan Pusat Kedaruratan Kesehatan Masyarakat

Menkes se-ASEAN menyutujui pendirian Pusat Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dan Penyakit Menular ASEAN.

KESEHATAN | 15 Mei 2022


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPK Duga Wali Kota Ambon Mengondisikan Proses Lelang

KPK Duga Wali Kota Ambon Mengondisikan Proses Lelang

NASIONAL | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings