Logo BeritaSatu

Cegah Omicron, Wiku: Pemeriksaan WGS Ditingkatkan

Jumat, 3 Desember 2021 | 16:01 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, untuk mengantisipasi masuknya Omicron, WHO merekomendasikan untuk meningkatkan upaya pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) di kawasan Asia Tenggara bagi spesimen pelaku perjalanan internasional dan juga spesimen sudah masuk sejak pertengahan Oktober 2021.

“Sebagai satu kesatuan, tracing juga akan dilakukan sesuai prosedur yang ada untuk mengidentifikasi orang yang pernah terinfeksi kasus Covid-19 yang datang dari luar negeri,"ujar Wiku pada konferensi pers virtual tentang “Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia” Kamis (2/12/2021).

Selanjutnya, Wiku juga mengatakan, upaya pemerintah juga dengan memperpanjang durasi karantina bagi pelaku perjalanan internasional yang boleh masuk ke Indonesia dari 7 hari menjadi 10 hari mulai diterapkan pada 3 Desember 2021.

“Mohon pengertian dari seluruh masyarakat bahwa keputusan ini tidak mudah karena peningkatan upaya proteksi Indonesia dari kasus impor,” ucapnya.

Wiku menuturkan, dasar hukum dari keputusan perpanjangan durasi karantina ini akan segera disampaikan secara resmi kepada publik. Pasalnya, sampai saat ini aturan pelaku perjalanan internasional masih mengacu pada Surat edaran Satgas Nomor 23 Tahun 2021 yaitu dengan membatasi kedatangan warga negara asing (WNA) khususnya yang telah melakukan perjalanan ke negara yang mengalami transmisi komunitas varian Omicron selama 14 hari terakhir.

Sementara WNA dengan perjalanan lainnya diperbolehkan masyarakat dengan beberapa syarat seperti tidak memiliki perjalanan dan/ tinggal dalam kurung waktu 14 hari dari negara transmisi Omicron, delegasi negara anggota G20, travel corridor arrangement (TCA) berasal dari negara skema perjanjian bilateral, pemegang visa diplomatik dan dinas, rombongan menteri dan pemegang kartu izin tinggal terbatas (Kitas) dengan tujuan wisata dari negara non risiko transmisi varian Omicron.

Sedangkan bagi warga negara Indonesia (WNI) merujuk pada Undang-Undang Imigrasi Nomor 6 Tahun 2011 Pasal 14 Ayat 1 bahwa setiap warga negara Indonesia tidak dapat ditolak masuk ke wilayah Indonesia kecuali karena alasan keimigrasian tertentu.

Kedepannya. Wiku menegaskan, tidak menutupi kemungkinan adanya dinamika kebijakan demi aturan yang adaptif dan efektif.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Klaster Baru Green Paradise City Milik Samara Rampung 2022

Klaster Baru Green Paradise City Milik Samara Rampung 2022

EKONOMI | 26 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings