Logo BeritaSatu

Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Mulai Januari 2022

Selasa, 7 Desember 2021 | 17:31 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun sedang dipersiapkan saat ini dan rencana penyuntikan akan dilakukan Januari 2022.

Nadia menyebutkan, vaksinasi anak usia 6-11 tahun dilakukan tahun depan karena saat ini, pemerintah sedang mengupayakan ketersediaan vaksin. Pasalnya, sampai saat ini baru vaksin Sinovac yang mendapat izin penggunaan untuk anak usia 6-11 tahun dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

“Usia 6-11 tahun ini kita sedang mengupayakan vaksinnya, moga-moga Desember ini kita sudah mendapatkan kepastian khususnya (ketersediaan) vaksin Sinovac. Dan mungkin BPOM juga berencana untuk mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk jenis vaksin lain sehingga tentunya akan memperbanyak pilihan ketersediaan vaksin untuk anak usia 6-11 tahun,” kata Nadia pada dialog daring tentang “ Disiplin Masker dan Vaksinasi Cegah Omicron", Selasa (7/12/2021).

Untuk itu, Nadia menegaskan, pentingnya vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun ini, maka booster vaksin juga harus mempertimbangkan hal tersebut. Dikatakannya, jangan sampai orang dewasa sudah mendapatkan booster vaksin sementara anak usia 6-11 tahun belum divaksinasi karena ketersediaan vaksin masih sangat terbatas.

Nadia juga menuturkan, untuk pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun, Kemenkes agar segera memfinalkan petunjuk teknis (juknis).

“Untuk vaksinasi anak kita juga sudah hampir memfinalkan petunjuk teknis untuk pelaksanaannya tentu akan bekerja sama dengan sekolah- sekolah atau fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah seperti puskesmas umumnya dan nanti. Apakah perlu ada sentra-sentra vaksinasi atau kita cukup melakukan pada pelayanan di masing-masing sekolah ini masih akan dipertimbangkan lebih lanjut sambil melihat ketersediaan stok vaksin,” ucapnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Apriyani/Fadia Juara


# Elon Musk


# Yusuf Mansur


# Ahmad Dhani


# KM Setia Makmur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemenkes Telah Menyusun Peta Program KRIS untuk Peserta JKN

Kemenkes Telah Menyusun Peta Program KRIS untuk Peserta JKN

NEWS | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings