Logo BeritaSatu

Vaksin Saja Tak Cukup Cegah Omicron

Rabu, 8 Desember 2021 | 12:35 WIB
Oleh : Indah Handayani / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Mencegah penularan Omicron, varian Covid-19 yang baru, ternyata tidak cukup hanya dengan suntikan vaksin saja. Kalau begitu, apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk mencegah virus corona varian baru yang menggemparkan dunia tersebut?

Dokter spesialis Patologi Klinik dari Siloam Hospital Surabaya, dr Diane Lukito Setiawan mengatakan virus memiliki kemampuan untuk mempertahankan hidupnya melalui sistem mutasi, yaitu dengan meloloskan diri dari sistem imun yang ada pada tubuh manusia ataupun antibodi yang di dapat melalui vaksinasi. Kemampuan dan keganasan penularan virus SARS-CoV2 varian Omicron ini, di dunia kedokteran dan patologi klinik masih mempelaharinya.

"Sifatnya yang cenderung mengalami inveksi kembali (reinfeksi) cepat pada pasien pasien survivor atau yang pernah terkena paparan Covid-19," ungkap dr Diane di sela virtual edukasi Siloam Hospitals bertajuk "Cegah Virus Corona Omicron", baru-aru ini.

Hingga saat ini, kata Diane, upaya pencegahan yang paling optimal melalui target vaksinasi dengan dosis penuh tercapai di masyarakat diiringi penerapan protokol kesehatan secara berkelanjutan.

Adapun tes PCR masih merupakan "golden standard" dalam mendeteksi virus SarsCov-2 dan beberapa virus lainnya seperti HIV dan hepatitis, namun untuk mendeteksi sejumlah varian- Covid-19 yang ada, perlu tindakan lanjutan whole genome sequencing (WGS) yang dilakukan pada spesimen dengan hasil PCR positif.

Dr Diane mengingatkan akan variasi respons terhadap vaksin, antibodi bahkan paparan virus Omicron pada setiap manusia memang cenderung berbeda. Namun, mekanisme immune escape pada virus (Omicron) ini yang terus diteliti ahli. Untuk sementara, vaksin booster seperti yang sudah diberikan kepada petugas medis dan kalangan yang rentan dirasa perlu bahkan penting. Namun, pencegahan maupun pengobatan atas paparan Corona Omicron ini kembali ke setiap individu.

"Kuncinya agar tetap bisa beraktivitas adalah disiplin protokol kesehatan, lalu perkuat sistem imun dengan vaksinasi, makan makanan bergizi, tidur yang cukup dan olahraga teratur, dan segera melakukan pemeriksaan bila didapatkan gejala" paparnya.

Pada kesempatan yang sama, dr Allen Widysanto, spesialis paru dari Siloam Hospital Lippo Village menilai varian Omicron disinyalir transmisinya beberapa kali lipat lebih cepat dari varian lainnya. Sedangkan gejala yang dirasakan adalah sejala sistemik seperti pusing dan sakit kepala dibanding gejala repirasi seperti batuk, pilek hingga hilang penciuman.

Pada prinsipnya, kata dr Allen, tatalaksana pasien terpapar covid-19 varian Omicron sama dengan sejumlah varian yang telah muncul sebelumnya.

"Akan hal tersebut, penelitian dan observasi masih terus berlanjut pada dunia kedokteran khususnya tentang varian Omicron ini. Salah satu contoh di Benua Afrika, paparan virus yang terus meningkat dengan presentasi paparan pada anak usia 9-12 tahun yang cukup tinggi, " ucap Allen.

Terkait upaya dan hasil penelitian serta efektivitas vaksin, Allen menambahkan, Siloam Hospitals Group terus melakukan studi dengan para ahli spesialis yang melibatkan para perawat dan pihak terkait tentang titer antibodi yang didapat setelah mendapatkan vaksin.

Efektivitas vaksin masih dinilai efektif walaupun kesembuhan seorang pasien Covid-19 adalah dipengaruhi berbagai faktor. "Di kesempatan ini saya ikut mengingatkan bahwa vaksin adalah salah satu integral pentingnya," ucap Allen.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
HUT Ke-22 Apeksi, Momentum Kepala Daerah Bertukar Gagasan

HUT Ke-22 Apeksi, Momentum Kepala Daerah Bertukar Gagasan

NEWS | 5 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings