Logo BeritaSatu

Cegah Omicron Meluas, WNI di LN Diminta Tunda Kepulangan ke Tanah Air

Sabtu, 18 Desember 2021 | 20:21 WIB
Oleh : Chairul Fikri / WM


Advertisement

Jakarta, Beritasatu.com - Teridentifikasinya varian Omicron di Indonesia membuat pemerintah terus berupaya melakukan pengetatan perjalanan masyarakat dari luar negeri, baik yang dilakukan Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA). Pemerintah berharap WNI yang tinggal di luar negeri untuk tidak pulang dahulu ke Indonesia guna mencegah penambahan kasus Omicron. Hal tersebut diungkapkan Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi, Sabtu (18/12/2021).

"Selain mengimbau WNI untuk sementara tidak bepergian ke luar negeri, kita juga berharap WNI yang tinggal di luar negeri untuk menunda dahulu kepulangannya ke Indonesia untuk mencegah meningkatnya penyebaran varian Omicron," kata Sonny.

Sonny mengatakan, dalam satu hari, baik WNI maupun WNA yang masuk ke Indonesia bisa mencapai 3.000 orang per hari. Hal itu membuat pemerintah kini memperketat peraturan karantina bagi warga yang baru datang ke Indonesia baik melalui pintu perjalanan darat, laut maupun udara.

"Karantina yang kita berlakukan harus dilakukan secara ketat, sehingga meminimalisir risiko, dan kalau mereka pulangnya cuma sebentar kan, 10 hari tentu jadi tidak sebanding. Karena setiap hari 3.000 orang datang, kemudian kapasitas karantina yang ada sekarang untuk 20.000 orang, dalam tujuh hari sudah penuh," lanjutnya.

Diterangkannya, pemerintah hingga saat ini masih terus berupaya untuk menyiapkan fasilitas karantina yang memadai di tengah arus masuk dari luar negeri.

"Karena masa karantina panjang tentu kita membutuhkan fasilitas yang lebih banyak, karena perputaran kamar jadi lebih lambat pastinya. Oleh karenanya, tantangannya adalah bagaimana menyiapkan fasilitas karantina yang memadai di tengah arus masuk dari luar negeri, terutama WNI yang pulang dalam jumlah yang cukup besar," katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Puan Maharani


# Pohon Koka


# Brigadir J


# Ferdy Sambo


# Mahfud MD


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Barcelona Terancam Kehilangan Kessie dan Christensen

Barcelona Terancam Kehilangan Kessie dan Christensen

BOLA | 58 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings