Logo BeritaSatu

Hadapi Omicron, Rumah Sakit Diminta Siapkan Langkah Kontingensi

Jumat, 24 Desember 2021 | 07:55 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Rumah sakit di seluruh Indonesia diminta menyiapkan langkah kontingensi mengantisipasi varian baru Covid-19, Omicron yang telah menular sampai ke Indonesia. Hal ini agar ketika ada pasien Covid-19 membutuhkan layanan medis, rumah sakit sudah siap mengantisipasinya.

Hal itu dikatakan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito pada konferensi pers tentang “Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia”, Kamis (23/12/2021).

"Pemerintah mendorong rumah sakit di seluruh Indonesia untuk melakukan penyiapan langkah kontingensi. Yaitu melakukan konversi tempat tidur untuk layanan Covid-19 jika kapasitas keterisiannya sudah melebihi 60% kapasitas," kata Wiku.

Berdasarkan data per tanggal 19 Desember 2021, kata Wiku, angka keterpakaian tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19 secara nasional yaitu 2,73% yang terdiri dari tempat tidur untuk isolasi dan ICU. Bahkan angka keterisian per provinsinya tidak lebih dari 30%.

“Ini dapat disimpulkan, kondisi pelayanan di rumah sakit masih terkendali dan tidak terjadi peningkatan perawatan akibat lonjakan kasus,” ucap Wiku.

Selanjutnya, Wiku mengatakan, terkait kasus Omicron yang ditemukan di Indonesia, sampai saat ini terdeteksi 8 kasus positif. Temuan ini hasil skrining di pintu kedatangan dan segera diisolasi dan ditangani oleh tenaga kesehatan profesional.

Wiku mengatakan, jika didapati hasil negatif setelah masa karantina maka penyintas tidak lagi mampu menularkan virus tersebut ke orang lain.

Meskipun demikian, Wiku menegaskan kewaspadaan harus ditingkatkan terutama mengingat data-data awal menunjukkan kasus Omicron cenderung bergejala ringan atau bahkan tanpa gejala.

“Untuk itu upaya testing, tracing, dan karantina merupakan kunci agar dapat menskrining kasus dengan baik agar dapat segera ditangani dan tidak menimbulkan penularan yang meluas di masyarakat,” ucapnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DPR Minta KPU-Bawaslu Lakukan Simulasi Masa Kampanye 75 Hari

DPR Minta KPU-Bawaslu Lakukan Simulasi Masa Kampanye 75 Hari

NEWS | 24 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings