Logo BeritaSatu

RI Punya Laboratorium Uji Virus untuk Produk PKRT dan Alkes

Selasa, 4 Januari 2022 | 15:39 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Bogor, Beritasatu.com– Unit Laboratorium Jasa Pengujian dan Sertifikasi Institut Pertanian Bogor (IPB) bersama Wings Group Indonesia meresmikan Laboratorium Mikrobiologi, di Kampus Baranangsiang, Bogor belum lama ini. Melalui kerja sama itu, laboratorium bertingkat keamanan biologi atau biosafety level 2 (BSL 2) tersebut menjadi unit laboratorium pertama di Indonesia yang mampu melakukan pengujian virus untuk produk Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) dan alat kesehatan (alkes).

"Dengan unit laboratorium ini, proses pengujian bakteri, fungi, dan virus kini dapat dilakukan dalam waktu singkat dan biaya terjangkau, tanpa harus ke luar negeri," kata Direktur Wings Group Indonesia, Ricky Tjahjono dalam keterangan tertulisnya Selasa (4/1/2022).

Pendirian unit laboratorium pengujian virus pertama di Indonesia ini bermula dari diskusi Wings Group Indonesia dengan Kementerian Kesehatan terkait belum tersedianya laboratorium yang memiliki fasilitas pengujian virus di dalam negeri, terlebih di masa pandemi. Untuk itu, Wings Group Indonesia memberi donasi 10 peralatan pengujian virus yang diserahkan kepada IPB sehingga dapat membantu industri dan pemerintah dalam melakukan pengujian terhadap bakteri, fungi, dan virus untuk produk PKRT dan alkes.

"Selama ini, laboratorium yang mempunyai fasilitas pengujian virus sangat terbatas dan di sisi lain pada saat bersamaan Indonesia sangat membutuhkannya. Melalui kolaborasi ini, kami yakin semua akan berjalan dengan baik dan laboratorium ini dapat bermanfaat bagi negara, masyarakat dan industri," kata Ricky.

Wakil Rektor Bidang Inovasi dan Bisnis Institut Pertanian Bogor Erika Budiarti Laconi mengapresiasi langkah Wings Group Indonesia dalam membantu pengembangan laboratorium di Tanah Air. “Pengujian ini penting sekali karena kesehatan masyarakat merupakan salah satu hal utama yang harus dijaga. Dengan bantuan ini, proses pengujian dapat dijalankan dengan lebih cepat, lebih mudah dan terjangkau, tanpa harus mengirimkan sampel ke luar negeri terlebih dahulu,” tuturnya.

Erika juga menuturkan bahwa kehadiran laboratorium tersebut juga dapat mendukung program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) yang diusung oleh Kemendikbudristek. “Mudah-mudahan dengan laboratorium ini tak hanya bagi konsumen, tetapi juga bisa menjadi tempat bagi program MBKM sehingga nantinya mahasiswa dapat lulus dengan terampil,” tambahnya.

Sementara perwakilan Kementerian Kesehatan, yaitu Koordinator Pengawasan Produk Heru Sunaryo yang hadir dalam peresmian laboratorium itu mengatakan kolaborasi bertujuan meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia melalui alkes dan produk PKRT yang berkualitas dan tersertifikasi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PHE WMO dan BLK Surabaya Beri Pelatihan 40 Pemuda di Gresik

Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Surabaya menggelar pelatihan untuk 40 orang pemuda di Gresik.

NEWS | 22 Mei 2022

Gaet Milenial Bandung, Teman Sandi Gelar Lomba Latte Art dan Futsal

Relawan Teman Sandi berupaya menggaet pemilih milenial Bandung untuk mendukung Sandiaga Uno pada Pemilu 2024 dengan menggelar lomba latte art dan futsal.

NEWS | 22 Mei 2022

2 Tahun Ditiadakan, Festival Adu Bedug Kembali Digelar

Setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi Covid-19, Festival Adu Bedug dan Dondang kembali digelar di Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, 21-22 Mei 2022

NEWS | 22 Mei 2022

Amirudin Bawa Pemkab Banggai Raih WTP 10 Kali Berturut-turut

upati Amirudin membawa Pemkab Banggai meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas LKPD tahun 2021 dari BPK untuk kesepuluh kalinya.

NEWS | 22 Mei 2022

Jadi Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan Diyakini Bawa Perubahan

Setelah ditunjuk kembali menjadi Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan diyakin bisa membawa perubahan bagi Kebupaten Bekasi.

NEWS | 22 Mei 2022

Pra-KTT Y-20: Selamatkan Bumi lewat Ekonomi Sirkular

Forum Pra-KTT ketiga Y-20 Indonesia mengajak untuk menyelamatkan planet bumi dengan upaya ekonomi sirkular.

NEWS | 22 Mei 2022

Jasa Marga Lakukan Perbaikan Jalan di Tol Jagorawi

Jasa Marga akan melakukan pekerjaan perbaikan jembatan, pemeliharaan periodik scrapping filling overlay (SFO) dan rekonstruksi perkerasan di ruas Tol Jagorawi.

NEWS | 22 Mei 2022

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Lantik Tiga Penjabat Bupati

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melantik pejabat Pemprov Lampung sebagai Penjabat Bupati Pringsewu, Pj Bupati Mesuji, dan Pj Bupati Tulang Bawang Barat.

NEWS | 22 Mei 2022

Polisi Duga Kecelakaan Bus di Ciamis Akibat Rem Blong

Polres Ciamis menyimpulkan dugaan sementara kecelakaan bus pariwisata di Ciamis yang menyebabkan empat orang meninggal dunia akibat rem blong.

NEWS | 22 Mei 2022

Hati-hati, Ada Pengangkatan Girder Jembatan di Tol Jakarta-Cikampek

Pengguna Tol Jakarta-Cikampek (Tol Japek) diminta berhati-hati karena Jasa Marga akan melakukan pekerjaan pengangkatan girder (bentangan) jembatan KM 5+450.

NEWS | 22 Mei 2022


TAG POPULER

# DNA Pro


# CPO


# PDSI


# SEA Games


# Hari Kebangkitan Nasional


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kalahkan Wolverhampton, Liverpool Gagal Juara Liga Inggris

Kalahkan Wolverhampton, Liverpool Gagal Juara Liga Inggris

BOLA | 3 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings