Logo BeritaSatu

BPOM Laporkan Kesiapan Produksi Vaksin Dalam Negeri

Selasa, 18 Januari 2022 | 18:03 WIB
Oleh : WM

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito melaporkan kesiapan produksi dua kandidat vaksin Covid-19 dalam negeri di tengah tahapan uji klinik yang masih bergulir pada 2022.

"Kami melakukan pendampingan dan percepatan untuk memastikan kemandirian vaksin dan obat dalam negeri dalam masa pandemi Covid-19. Saat ini ada dua yang sedang didampingi terkait vaksin produksi dalam negeri," kata Penny K Lukito saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi IX, di Gedung DPR, di Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Hal yang pertama adalah vaksin Merah Putih yang diteliti oleh Universitas Airlangga (Unair) bersama PT Biotis yang akan dikembangkan secara massal. Saat ini prosesnya telah menyelesaikan uji praklinik pada hewan dan sedang menunggu pelaksanaan protokol uji klinik fase satu pada awal Februari 2022.

"Diperkirakan pada 5 Februari 2022 akan di-launching uji klinik fase 1 Vaksin Merah Putih," ujarnya.

Kedua, adalah vaksin Covid-19 yang dikembangkan PT Bio Farma bekerja sama dengan Baylor College of Medicine USA. "Uji klinik fase 1 diperkirakan berlangsung sekitar Februari 2022," katanya.

Penny mengatakan BPOM terus memberikan dukungan kesiapan fasilitas produksi bagi Vaksin Merah Putih dan vaksin produksi PT Bio Farma dan PT Biotis.

"PT Bio Farma dan Lembaga Biomolekuler Eijkman sedang mengembangkan Vaksin Merah Putih dengan platform rekombinan protein subunit. Saat ini sedang disiapkan fasilitas produksi yang sama untuk produksi vaksin BUMN Baylor yang sedang uji klinik fase 1 dan sedang disiapkan uji klinik 1 dan 2 untuk Vaksin Merah Putih," katanya.

Sementara PT Biotis, kata Penny, sudah mendapatkan sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) pada Agustus 2021 untuk penyediaan fasilitas pembuatan bahan baku sampai produk jadi.

"Saat ini sedang berproses dan sudah diterbitkan surat persetujuan penggunaan fasilitas untuk produk uji klinik vaksin Merah Putih dan sedang berproses uji klinik fase 1 dan 2. Diperkirakan mulai Februari 2022," ujarnya.

Dalam kegiatan itu Penny juga melaporkan perkembangan Vaksin Zifivac yang dikembangkan PT Jakarta Biopharmaceutical (JBio) dan produk vaksin berplatform mRNA yang dikembangkan PT Etana. "Produk vaksin Ini kerja sama dengan negara lain," katanya.

Fasilitas produksi PT JBio, kata Penny, sedang dalam proses pembangunan yang berjalan sejak November 2020. Saat ini sedang tahap konstruksi dengan target produksi pada Agustus 2022.

"Secara pararel akan dimulai dengan produk fill and finish di PT Biotis dari produk Zifivac sambil menunggu JBio selesaikan konstruksinya," katanya.

Sementara PT Etana berencana memproduksi vaksin Covid-19 dengan platform mRNA mulai Maret 2022 setelah seluruh fasilitas produksinya mendapat sertifikat CPOB pada 30 Desember 2019. "PT Etana adalah fasilitas industri farmasi keempat yang bisa produksi dalam negeri vaksin Covid-19," katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KPPPA Gandeng UGM Siapkan Aturan Pelaksana UU TPKS

Kementerian PPPA menggandeng UGM untuk menyiapkan aturan pelaksana Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS).  

NEWS | 18 Mei 2022

Penolakan Singapura Terhadap UAS, Begini Respons NU

Keputusan Singapura menolak kedatangan Ustaz Abdul Somad (UAS) atau not to land mendapatkan tanggapan dari NU.

NEWS | 18 Mei 2022

Airlangga Optimistis Koalisi Indonesia Bersatu Menang Pemilu

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto optimistis Koalisi Indonesia Bersatu akan memenangkan Pemilu 2024.

NEWS | 18 Mei 2022

Orang Tua dan Guru Harus Pantau Remaja Agar Tidak Kecanduan Gawai

Orang tua dan guru bimbingan dan konseling (BK) perlu berkolaborasi memantau risiko kecanduan gawai pada remaja termasuk saat pandemi Covid-19.

NEWS | 18 Mei 2022

Kepuasan Publik terhadap Jokowi Meningkat karena Mudik 2022

Kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalami peningkatan karena keberhasilan pemerintah dalam penyelenggaraan mudik Lebaran 2022.

NEWS | 18 Mei 2022

Survei SMRC: 76,7% Warga Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi

Kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencapai 76,7 persen. Hal tersebut mengacu survei SMRC.

NEWS | 18 Mei 2022

Penghapusan Tes Covid-19 bagi Pelaku Perjalanan Adaptif

Tes Covid-19 bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) atau luar negeri (PPLN) bersifat adaptif atau menyesuaikan dengan situasi serta kondisi.

NEWS | 18 Mei 2022

Kerja Sama KSP dengan Pihak Lain Dilakukan Sesuai Ketentuan Hukum

Deputi V Kantor Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodawardhani menegaskan, kerja sama KSP dengan pihak lain dilaksanakan sesuai ketentuan hukum.

NEWS | 18 Mei 2022

Pekan Ini, Masyarakat Terkoneksi Sapa Warga Bahas PMK Hewan

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi kembali menggelar program Masyarakat Terkoneksi Sapa Warga dengan tema kewaspadaan terhadap PMK.

NEWS | 18 Mei 2022

Airlangga Bantah Isu Adanya Kudeta di Partai Golkar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membantah kabar adanya kudeta di Partai Golkar. Airlangga memastikan Golkar solid menghadapi Pemilu 2024.

NEWS | 18 Mei 2022


TAG POPULER

# Lin Che Wei


# UAS


# Cabul


# Atribut Keagamaan


# Tes Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Airlangga Optimistis Koalisi Indonesia Bersatu Menang Pemilu

Airlangga Optimistis Koalisi Indonesia Bersatu Menang Pemilu

NEWS | 19 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings